Buncis

Buncis merupakan sayuran dalam golongan kacang panjang. Rasa manis dari sayur ini tidak akan membuat kamu gemuk. Kandungan kaya serat yang terkandung dalam sayur ini dipercaya dapat mengontrol kolesterol dan kadar gula darah.
source: http://www.pbs.org/food/fresh-tastes/green-beans-with-garlic-black-bean-sauce/
Ambil beberapa buncis, cuci bersih kemudian rebus. Setelah agak layu, angkat buncis dan makankanlah. Rutin mengkonsumsi sayur ini maka kolesterol jahat dalam tubuh akan turun.

Seledri

Untuk urusan kolesterol seledri memang menjadi primadonanya. Sayur multifungsi ini banyak sekali kandungan butil phthalide yang dapat mengurangi kadar kolesterol LDL sebanyak 7 point. Selain itu juga seledri mampu mengontrol tekanan darah dan melemaskan otot-otot penyebab stres.
Untuk cara pemakaiannya cukup mudah kamu hanya perlu menyiapkan seikat seledri dicuci bersih kemudian direbus dengan 2 gelas air. Biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring kemudian diminum.

Bayam

Sayuran hijau ini mengandung banyak sekali zat lutein dimana zat ini sangat berperan aktif untuk ketajaman mata. Selain itu bayam juga mampu menjaga jantung agar terbebas dari lemak penyebab penyakit jantung. kamu cukup mengkonsumsi setengah mangkok bayam setiap hari agar terbebas dari kolesterol jahat.

Brokoli

source: http://kitchen-parade-veggieventure.blogspot.co.id/2014/04/how-to-steam-broccoli.html
Kamu bisa mengkonsumsi sayur ini dengan cara di jus, sup, ditumis maupun untuk campuran salad. Serat dalam brokoli ini bisa menekan jumlah kolesterol yang ada dalam darah. Sehingga kadar kolesterol jahat akan berkurang.

Bawang Putih

Bawang putih memang sudah terkenal sebagai penurun kolesterol. Sebab bawang putih banyak mengandung allicin dan aliin yang bermanfaat sebagai anti kolesterol jahat, pencegah penyakit jantung serta pengontrol tekanan darah. Jika kamu rutin memakannya kadar kolesterol akan berkurang sebanyak 9-12%.
source: http://m.kfoods.com/article/put_the_brakes_on_rising_cholesterol_with_these_7_foods_a392

Jahe

Khasiat dari rempah yang satu ini memang tidak ada habisnya, selain bisa digunakan untuk menjaga berat badan ternyata jahe juga berguna untuk menurunkan kolesterol. Kandungan gengerol pada jahe inilah yang mampu membatu menurunkan kolesterol pada tubuh.

Biji Ketumbar

Biji ketumbar yang biasa kamu gunakan untuk melazatkan masakan ini ternyata bisa juga digunakan untuk menekan kolesterol jahat dalam tubuh. Menurut penelitian ketumbar memiliki kandungan senyawa asam antara lain asam linoleat, asam askorbat, asam palmitat dimana asam-asam tersebut mampu mengurangi kadar kolesterol dalam pembulu darah.
source: http://www.stylecraze.com/articles/unexpected-side-effects-of-coriander-seeds/
Air rebusan biji ketumbar memiliki sifat sebagai penurun kolesterol berlebih. Rebus dua sendok makan biji ketumbar dengan segelas air, kemudian saring air rebusan dan dinginkan di dalam lemari es. Minum sehari dua kali agar hasilnya cepat terasa.
source: http://cakrawalasehat.blogspot.co.id/2014/10/makanan-penurun-kolesterol-tinggi.html

Kayu Manis

Rempah yang satu ini banyak sekali mengandung kalsium, serat, dan beberapa mineral. Karena hal itulah kayu manis cocok sekali untuk menjaga kesehatan pencernaan, usus, jantung dan juga menurunkan kolesterol. Untuk pemanfaatannya kamu cukup menambahakan 1/2 sendok teh bubuk kayu manis kedalam secangkir teh dan diminum tiap pagi dan sore hari.