1. Gunakan Sistem Tabungan Otomatis

Disiplin dalam menabung memang kadang terasa sangat sulit. Terlebih niat menabung berasal dari diri sendiri yang kadang masih tergoda dengan keinginan akan suatu barang. Untuk menyiasatinya, kamu bisa gunakan fitur auto debet atau sistem tabungan otomatis yang tersedia untuk nasabah bank. Sistem ini bisa diatur kapan saldo di rekeningmu akan terpotong otomatis masuk ke rekening lain yang ditetapkan sebagai rekening tabungan.

source: https://www.daihatsu.co.id

2. Investasi Logam Mulia

Cara menabung yang paling umum adalah dengan menyimpan uang di bank. Namun menyimpan uang bisa mengalami resiko penurunan nilai mata uang. Maka cara menabung yang lebih cerdas adalah dengan berinvestasi logam mulia. Logam mulia terutama emas akan selalu meningkat nilainya seiring waktu.

Cara ini lebih bisa menyimpan nilai uang dengan lebih aman. Investasi logam mulia enggak sama dengan membeli perhiasan emas, karena perhiasan emas masih memiliki kemungkinan penurunan nilai.

source: https://www.carainvestasibisnis.com/
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Beauty | Health | Fashion (@beautynesia.id) on

baca juga

3. Simpan Recehan

Recehan mungkin terlihat enggak bernilai. Tapi kamu tidak bisa meremehkannya begitu saja. Menyisihkan recehan dari uang kembalian merupakan permulaan yang tepat untuk menabung. Kamu bisa menyimpannya di tempat tertentu yang mudah terlihat. Menyimpan recehan bisa membuatmu enggak tergoda untuk mengambilnya, maka tabunganmu bisa lebih aman. Bukan tidak mungkin tabunganmu akan terkumpul dalam jumlah besar jika konsisten melakukan cara ini.

source: https://www.freepik.com

4. Hindari Utang

Utang biasanya menjadi cara tercepat untuk mendapatkan bantuan dana. Tapi sebisa mungkin kamu tidak perlu melakukannya apalagi jika bukan untuk keperluan yang sangat penting. Hindari berutang atau mengajukan kredit berbunga. Keputusan ini akan semakin mempersulit niatmu untuk menabung karena kamu harus membayar cicilan rutin tiap bulan. Justru bisa jadi kamu gagal menabung karena gajimu tiap bulan terpotong untuk membayar utang.

source: https://www.freepik.com
baca juga

5. Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

Suatu waktu sangat wajar jika kamu menginginkan sesuatu. Tapi sebelum kamu membelinya dengan uang simpananmu sebaiknya pertimbangkan dengan matang apakah benar itu kebutuhan atau sekedar keinginan. Kamu bisa mengenalinya dengan cara melihat kemungkinan lain. Apakah sesuatu tersebut bisa ditunda atau digantikan dengan sesuatu lain yang sudah kamu miliki? Jika iya, maka itu hanyalah sekedar keinginan yang enggak perlu kamu turuti dengan segera.

source: https://www.pixabay.com