Vitamin A

source: http://eatbelive.com/tag/carrot-muffins/
Vitamin A sangat berguna untuk menjaga kulit kepala tetap sehat dan lembab, mencegah rambut kering dan munculnya ketombe, serta mengatur asam retinoat di dalam folikel rambut. Berasal dari dua sumber utama, yaitu retinoid yang dapat ditemukan pada kacang merah, hati, dan telur, serta karotenoid yang banyak ditemukan pada buah-buahan dan sayuran seperti bayam, wortel dan mangga.

Zat Besi

source: http://weheartit.com/entry/210054818/search?context_type=search&context_user=Smile_Sassssha&query=long+hair
Zat besi merupakan salah satu kunci untuk rambut yang kuat. Kurangnya zat besi dalam tubuh dapat membuat batang rambut menjadi rapuh dan rusak sehingga mudah rontok. Hal ini dikarenakan zat besi bertugas untuk membawa oksigen ke kulit kepala dan folikel rambut agar rambut tumbuh lebih sehat. Ayam, putih telur, bayam merupakan beberapa contoh makanan yang kaya akan zat besi.

Vitamin C

source: http://weheartit.com/entry/208430845/search?context_type=search&context_user=juue_xx&query=citrus+fruit
Selain penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, vitamin C juga berguna untuk pertumbuhan rambut. Vitamin C dapat membantu pembentukan kolagen, sehingga menstimulasi folikel agar rambut tumbuh lebih sehat. Selain itu, vitamin C membantu memecah zat besi, memastikan bahwa tubuh mendapatkan cukup oksigen di setiap sel yang bekerja menjaga kesehatan rambut, kulit, dan kuku. Konsumsilah buah-buahan sitrus, bayam, brokoli, paprika, yang kaya akan kandungan vitamin C.

Omega-3

source: http://weheartit.com/entry/152369399/search?context_type=search&context_user=BlackBastet&page=3&query=raw+salmon
Omega-3 dikenal ampuh untuk memerangi rambut kering dan rapuh, rambut rontok, kulit kepala yang kering dan bersisik, serta meningkatkan sirkulasi pada kulit kepala. Omega-3 merupakan salah satu elemen penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat, kuat, serta berkilau. Salmon dan edamame merupakan sumber omega-3 terbaik yang dapat menjadi pilihanmu.

Vitamin D

source: http://weheartit.com/entry/210059388/search?context_type=search&context_user=Fashionluv03&query=sunrise
Vitamin D dapat merangsang folikel rambut dan mengaktifkan sel-sel dalam batang rambut. Selain itu, vitamin D juga dapat membantu mengontrol keseimbangan mineral dalam tubuh, terutama kadar zinc. Salmon, biji-bijian, dan jamur merupakan beberaps sumber vitamin D terbaik, sama halnya dengan sinar matahari.

Zinc

source: http://weheartit.com/entry/193870664/search?context_type=search&context_user=My_inpiring_world&page=3&query=oyster
Jika kamu memiliki rambut dan kulit kepala yang kering, serta permasalahan ketombe, hal ini bisa saja disebabkan oleh kurangnya kadar zinc dalam tubuh. Zinc membantu produksi sebum alami dalam kulit untuk memberikan kelembaban. Tiram bisa menjadi pilihan asupan bagimu untuk meningkatkan kadar zinc dalam tubuh.

Vitamin B-Kompleks

source: http://weheartit.com/entry/209999845/search?context_type=search&context_user=emmajeuk&query=avocado
Biotin, niacin dan cobalamin termasuk ke dalam vitamin B-kompleks yang paling populer daripada jenis-jenis lainnya. Vitamin ini dapat membantu mengembalikan sinar serta ketebalan pada setiap helai rambut. Telur, alpukat, kacang-kacangan merupakan beberapa sumber makanan terbaik untuk vitamin B-kompleks.

Vitamin E

source: http://weheartit.com/entry/209687947/search?context_type=search&context_user=STORMINY&page=10&query=long+black+hair
Vitamin E memiliki properti antioksidan yang dapat membantu memperbaiki kerusakan pada folikel rambut, mencegah korosi jaringan, sehingga dapat mendorong pertumbuhan rambut yang sehat. Vitamin E juga membantu menjaga kesehatan rambut secara mendalam, dari akar hingga ke ujung rambut, membuatnya lebih bersinar, serta mencegah munculnya uban prematur. Vitamin E banyak ditemukan pada kacang almond, kiwi, pepaya, biji bunga matahari, dan juga bayam.