source: http://www.offthegridnews.com/how-to-2/off-grid-beauty-5-all-natural-face-masks/
Wajah merupakan bagian yang sangat penting bagi kita. Banyak perawatan yang kita lakukan demi memperoleh kulit wajah yang kita dambakan. Termasuk penggunaan masker untuk wajah. Kamu dapat membuat masker sendiri dari bahan alami, lho. Dengan membuat masker sendiri kita tahu bahan apa saja yang digunakan, apalagi kalau bahannya dari bahan alami, jadi tidak khawatir menggunakannya.

Berikut 8 Masker Dari Bahan Alami Buatan Sendiri :

1. Masker Labu Kuning dan Putih Telur

source: https://beautyhealthtips.in/best-homemade-pumpkin-face-packs-face-masks-for-soft-clear-skin-care/
Labu kuning banyak memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik untuk membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan wajah. Putih telur baik untuk membantu dalam mengecilkan pori-pori pada kulit wajah.
Caranya: Masukkan putih telur ke dalam wadah lalu kocok. Masukkan labu yang telah dihaluskan sebelumnya ke dalam putih telur kemudian aduk hingga labu tercampur dengan putih telur. Aplikasikan pada wajah yang bersih hingga merata dan hindari area sekitar mata. Rileks dan diamkan sekitar 15 menit. Bersihkan wajah menggunakan air hangat dan kain lembut. Masker ini bermanfaat untuk melembutkan dan mencerahkan kulit wajah.

2. Masker dari Buah Pepaya

source: https://oceanspotions.wordpress.com/2014/05/15/diy-brightening-papaya-face-mask/
Selain enak dimakan dan baik untuk pencernaan, pepaya juga bermanfaat untuk membantu mengurangi bintik-bintik hitam dan mengusir kusam pada wajah. Caranya cukup mudah, lumatkan buah pepaya Untuk mencerahkan kulit wajah. Potong buah pepaya yang sudah matang, sajikan buahnya untuk kamu makan karena baik sekali untuk pencernaan dan pakailah bagian dalam sisa buahnya untuk masker wajah yang alami. Caranya dengan menggosokkannya ke seluruh bagian wajah. Biarkan mengering selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Maskeran dengan buah pepaya ini bisa dilakukan 2 kali dalam seminggu. Enzim dalam pepaya dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit wajah yang diakibatkan sinar matahari, mengurangi bintik-bintik hitam. Kulit pun akan tampak lebih cerah.

3. Cobalah Masker dari Oatmeal

source: http://mybeautiness.com/quick-and-easy-face-mask-recipes/
Makanan yang bermanfaat untuk kesehatan ini juga berguna untuk mengurangi dan mengatasi produksi minyak berlebih pada kulit. Caranya: campur satu sendok makan oatmeal dengan 1/2 sendok teh ragi instan dan air jeruk lemon sebanyak satu sendok teh. Setelah semua bahan tercampur, oleskan masker oatmeal pada wajah dan lakukan pemijatan lembut dengan gerakan melingkar.

4. Masker Lemon dan Putih Telur

source: http://www.backyardchickencoops.com.au/egg-white-face-masks-for-tired-skin
Lemon memang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Jika ingin membuat wajah menjadi semakin cerah dan noda hitam memudar, siapkan 1 buah lemon dan 1 butir telur ambil putihnya. Caranya: peras buah lemon dan kumpulkan airnya ke dalam wadah. Sementara itu, kocok putih telur kemudian campur dengan air perasaan lemon dan aduk rata. Setelah itu oleskan masker tersebut ke wajah dan leher hingga merata dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat lalu keringkan wajah dengan cara ditepuk-tepuk hingga kering dengan handuk. Lalu bilas kembali wajah dengan air dingin untuk menutup pori-pori dan keringkan kembali wajah dengan cara yang sama.

5. Masker dari Tomat, Susu Bubuk dan Madu

source: http://www.lifemartini.com/4-diy-facial-masks-to-lighten-dark-skin/
Tomat merupakan buah yang bersifat antioksidan sangat baik melawan radikal bebas sehingga dengan menggunakannya pada wajah dalam bentuk masker akan membuat kulit semakin cerah dan mencegah munculnya jerawat. Caranya mudah, pertama haluskan tomat dengan blender. Kemudian campurkan dengan susu bubuk dan madu secukupnya kemudian aduk hingga merata. Setelah semuanya benar-benar tercampur, kita dapat menjadikannya sebagai masker wajah yang akan memberi kelembaban pada kulit sekaligus akan memutihkan kulit secara perlahan.

6. Masker dari Pisang dan Madu

source: http://beautyfiz.com/?p=11
Caranya: lumatkan buah pisang hingga menjadi seperti krim kemudian tambahkan madu. Aduk rata hingga menjadi seperti masker. Aplikasikan masker tersebut pada wajah dan diamkan selama 15 menit . Kemudian bersihkan dengan menggunakan kain lembut dan air hangat. Setelah wajah bersih, bilas dengan air dingin untuk menutup pori-pori. Lakukan perawatan ini secara rutin dan lihatlah hasilnya.

7. Masker Madu dan Lidah Buaya

source: http://visihow.com/Make_a_Homemade_Aloe_Vera_Facial_Mask_to_Treat_Acne
Campurkan satu sendok makan madu dengan dua sendok makan getah lidah buaya aduk hingga rata, kemudian oleskan pada wajah. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Madu mempunyai sifat antibakteri yang dapat melawan bakteri penyebab timbulnya jerawat. Sedangkan lidah buaya berfungsi sebagai antiperadangan yang dapat meringankan kemerahan akibat jerawat.

8. Masker dari Putih Telur

source: http://www.stayonthehealthypath.com/how-to-use-egg-whites-to-remove-scars/
Caranya: siapkan putih telur dan aplikasikan pada wajah sebelum tidur. Dan basuh dengan air hingga bersih keesokkan harinya. Perawatan ini dapat membantu membuat wajah terlihat cerah.
Itulah 7 masker dari bahan alami yang dapat kita buat sendiri di rumah. Sebelum kamu mengaplikasikan masker tersebut di wajah, alangkah baiknya jika diterapkan setetes masker wajah buatan sendiri ini di bagian dalam lengan terlebih dahulu untuk memeriksa reaksi alergi. Jangan menggunakan masker ini jika lengan terasa gatal atau menjadi merah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, Beuatynesian!