Pilih Warna Concealer yang Tepat

Sebaiknya hentikan menggunakan concealer yang warnanya lebih cerah dibandingkan dengan warna foundation kamu. Warna concealer tersebut tidak menutupi bintik hitam atau kemerahan pada wajah, malah sebaliknya kekurangan tersebut akan semakin terlihat. Hindari warna concealer yang berbasis warna kuning, lebih baik pilih concealer denagn basis warna peach karena dapat menetralkan pigmentasi pada kulit kamu. Untuk jenis concealer, lebih baik pilih yang bertekstur cream daripada yang bertekstur cair agar lebih tahan lama. Untuk pengaplikasiannya gunakanlah kuas dengan cara ditepuk pada area yang gelap.
source: http://www.totalbeauty.com/content/gallery/how-to-apply-concealer/p121632/page3
"Cream concealers have a thicker texture with less oil than liquid, so they last longer."
source: http://www.totalbeauty.com/content/gallery/how-to-apply-concealer/p121632/page3

Tips Concealer pada Area Mata

Bukan rahasia lagi bahwa concealer digunakan untuk menyamarkan lingkaran hitam di sekitar mata. Sebelum mengaplikasikan concealer, sebaiknya gunakan eye cream agar kulit di area mata tidak kering dan tetap lembab sehingga concealer tidak pecah-pecah. Setelah menggunakan eye cream, tips selanjutnya adalah pilih tekstur concealer yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Jika kulit cenderung berminyak, pilihlah concealer cair dan untuk kulit kering pilihkan concealer bertekstur cream. Bagi kamu yang memiliki lingkaran hitam yang sangat gelap, sebaiknya gunakan concealer berbasis warna peach atau salmon. Setelah mengaplikasikan concealer dengan cara ditepuk (dabbing) hingga menyerap, sapukan translucent powder tipis-tipis dengan kuas agar concealer tidak luruh.
source: http://www.paulaschoice.com/expert-advice/eyes/_/how-to-choose-and-use-concealer
Finish by setting the concealer with a light dusting of loose or pressed powder. A concealer with a matte finish doesn't need to be set with powder because that may make it look or feel too dry, but you can experiment and see how your matte-finish concealer looks and lasts with and without powder.
source: http://www.paulaschoice.com/expert-advice/eyes/_/how-to-choose-and-use-concealer

Color Correcting Sebagai Alternatif Lain Concealer

Tak selamanya kamu harus menggunakan concealer untuk menutupi kekurangan pada wajah. Salah satu alternatif yang bisa kamu pilih adalah dengan menggunakan color correcting. Gunakanlah color correcting sebelum foundation agar hasilnya lebih natural dan sempurna. Gunakan color correcting yang berwatna hijau untuk menyamarkan warna kemerahan pada kulit, sedangkan warna ungu untuk mencerahkan warna kulit yang kusam. Karena, warna ungu yang bercampur dengan warna dasar kulit yang kekuningan akan membuat warna kulit tersebut lebih cerah dan hidup. Untuk lingkaran hitam, pilih warna salmon (untuk kulit pucat) atau warna kuning (untuk kulit yang cenderung hangat) yang dapat menetralkan warna keunguan atau kehitaman.
source: http://www.byrdie.com/concealer-color-wheel
Next up is purple concealer. O'Brien says that a pale lavender "brightens skin" and "enlivens your complexion."
source: http://www.byrdie.com/concealer-color-wheel