Memakai Pakaian yang Menyerap Keringat

Pakailah pakaian yang berbahan katun namun jangan terlalu ketat. Pakaian yang terlalu ketat dan tidak dapat menyerap keringat serta minyak di punggung, akan menyebabkan minyak atau sebum terperangkap di pori-pori kulit punggung. Inilah yang menyebabkan jerawat. Jika sedang berada di rumah, pakailah pakaian yang tidak membuatmu berkeringat dan dapat membuat kulit punggungmu bernapas.

Menjaga Kebersihan Kulit Kepala

Mengapa kulit kepala? Kulit kepala berminyak dapat menjadi tempat berkembang biak bakteri dan jamur. Ketika kamu berkeringat, keringat beserta jamur dan bakteri akan turun ke bawah dari kulit kepala yang berminyak ke punggung bagian atas. Oleh sebab itu, kesehatan rambut juga perlu dijaga. Pastikan kulit kepala dalam keadaan normal, lembap namun tidak berminyak dan juga tidak kering. Jika rambutmu berketombe, segera atasi.
source: http://www.fitandhappy.org/hair-loss/1290-things-avoid-greasy-hair.html

Segera Mandi Setelah Berolahraga

Sebaiknya, mandilah terlebih dahulu setelah berolahraga untuk menjaga kebersihan area punggung. Hindari tidur dan melakukan aktivitas lainnya langsung setelah berolah raga karena hal ini akan membuat bakteri berlama-lama menempel di pori-pori kulit punggung.

Menjaga Pakaian Tetap Kering

Ketika melakukan aktivitas yang berat, tubuh mengeluarkan keringat. Agar bakteri tidak berkembang, segeralah mengganti pakaian yang terkena keringat dengan pakaian yang kering dan bersih. Jangan biarkan bakteri berkembang biak di area punggung yang lembap karena keringat.
source: http://www.active.com/fitness/articles/things-only-girls-who-sweat-a-lot-understand

Mengeksfoliasi Kulit Punggung

Tak hanya tangan dan kaki, jangan lupa juga untuk mengeksfoliasi kulit punggungmu, ya. Sel-sel mati yang menumpuk yang jarang dibersihkan di area punggung dapat menyebabkan jerawat. Bersihkan punggung menggunakan eksfoliator atau scrub yang lembut di kulit karena scrub yang terlalu kasar dapat mengiritasi kulitmu. Tak hanya itu, jika scrubmu terlalu keras juga dapat menyebabkan kulit kering. Hal ini justru akan memicu produksi minyak berlebih pada punggung.

Membersihkan Kulit Punggung Secara Teratur

Gosoklah punggungmu dengan menggunakan loofah. Serat alami loofah yang lembut dapat membersihkan kotoran yang ada di permukaan kulit punggungmu. Namun ingat, jangan terlalu berlebihan, ya. Loofah yang kasar dan cara menggosok yang berlebihan justru akan membuat kulit teriritasi.
source: http://www.banggood.com/Natural-Loofah-Sponge-Back-Scrubber-Brush-Long-Handle-Shower-Brush-p-915870.html

Memakai Obat Anti Jerawat

Jika jerawat punggungmu lumayan parah, cobalah menggunakan obat anti jerawat seperti benzoil peroksida atau asam salisilat. Namun perlu diingat, kedua zat ini tidak begitu ramah untuk semua jenis kulit, terutama untuk kulit kering dan sensitif. Sebelum memakainya, untuk menghindari timbulnya alergi dan iritasi, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter.

Menggunakan Metode Tertentu

Pergi ke klinik kecantikan dan berbicara dengan ahli kulit dapat kamu jadikan pilihan. Metode laser atau peeling dapat mengatasi masalah jerawat di punggung. Sebelum memilih salah satunya, pahami betul efek dan risiko dari masing-masing metode.
source: http://www.sheknows.com/health-and-wellness/articles/840269/10-things-you-may-not-know-about-pcos

Memerhatikan Pola Makan

Menghindari makanan berminyak dan serta makanan lain yang dapat memicu produksi minyak berlebih di kulit punggung juga disarankan. Konsumsilah makanan yang sehat seperti sayur dan buah-buahan. Jika perlu, minumlah suplemen tertentu yang dapat mengusir racun dari dalam tubuh dan menjaga kesehatan kulit, seperti vitamin E, vitamin A, serta vitamin B6.

Tidak Memakai Tas Punggung Terlalu Lama

Hindari memakai tas punggung dalam waktu yang sangat lama. Selain dapat menyebabkan sakit otot punggung, tas punggung juga dapat menghalangi udara yang masuk ke rongga pakaian sehingga membuatnya tetap basah oleh keringat.
source: http://www.padandquill.com/leather-bags/the-leather-backpack.html