Apa Itu Kanker Payudara

Kanker merupakan istilah dasar dari penyakit yang disebabkan oleh berkembangnya sel-sel kanker yang menyerang sel-sel sehat pada tubuh manusia. Sel kanker tersebut memblok sel yang sehat dalam tubuh dan membentuk jaringan yang lebih besar dibandingkan sel yang sehat. Terkadang, proses dari pertumbuhan sel mengalami kelainan dan terdapat sel-sel baru yang tidak dibutuhkan oleh tubuh bermunculan atau sel-sel yang sudah lama tidak mati seperti seharusnya. Ketika hal ini terjadi, maka sebuah jaringan besar akan terbentuk dan dikenal sebagai tumor.
source: http://www.nationalbreastcancer.org/what-is-cancer
Cancer is a broad term for a class of diseases characterized by abnormal cells that grow and invade healthy cells in the body. Breast cancer starts in the cells of the breast as a group of cancer cells that can then invade surrounding tissues or spread (metastasize) to other areas of the body.
source: http://www.nationalbreastcancer.org/what-is-cancer
Kanker dikategorikan jika tumor tersebut tergolong ganas dan berkembang di payudara. Sel-sel yang terdapat dalam tumor dapat menyebar ke seluruh tubuh melalui darah dan getah bening ke berbagai jaringan yang ada di seluruh tubuh. Proses ini disebut dengan metastasis.

Tanda-tanda Awal Kanker Payudara

Salah satu gejala awal kanker payudara adalah perubahan bentuk pada puting dan rasa nyeri pada payudara tak kunjung hilang pada 2 periode menstruasi. Selain itu, timbulnya benjolan yang tak juga hilang merupakan salah satu gejala awal dari kanker payudara. Rasa sakit yang janggal dan munculnya kemerahan, bengkak, gatal-gatal atau iritasi pada dada. Yang terakhir adalah munculnya benjolan atau bengkak pada daerah sekitar tulang belikat atau dibawah lengan. Jika mengalami tanda tersebut, maka sebaiknya segera mengunjungi dokter.
source: http://www.healthline.com/health/breast-cancer/warning-signs#SignsandSymptoms3
Having one or more of these symptoms doesn't necessarily mean you have breast cancer. Nipple discharge, for example, can also be caused by an infection. See your doctor for a complete evaluation if you experience any of these signs and symptoms.
source: http://www.healthline.com/health/breast-cancer/warning-signs#SignsandSymptoms3

Cara Mencegah Kanker Payudara dan Pengobatannya

Cara agar terhindar dari kanker payudara dan jenis kanker lainnya cukup klise namun sulit untuk dijalani. Konsumsi makanan yang sehat serta memiliki gaya hidup yang teratur menjadi kunci utama agar terhindar dari masalah kesehatan yang satu ini. Jauhi makanan cepat saji dan berminyak lainnya serta rutin berolahraga. Selain menjaga kesehatan fisik, kamu juga harus menjaga kesehatan mental dengan cara meminimalisir stres.
source: http://www.webmd.com/breast-cancer/tc/breast-cancer-medications
A combination of medicines is typically used to treat breast cancer. The number of cycles of treatment will depend on the medicines that are used and how the medicines are given. Chemotherapy often uses several medicines together.
source: http://www.webmd.com/breast-cancer/tc/breast-cancer-medications
Jika sudah terkena kanker payudara, biasanya para pasien wajib menjalani berbagai macam pengobatan seperti kemoterapi dan mengkonsumsi obat yang diresepkan dokter. Selain kemoterapi, pengobatan yang dapat ditempuh adalah terapi hormon yang bertujuan untuk memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker. Pilihan pengobatan untuk mengatasi kanker payudara adalah dengan targeted therapy dimana pasien diberikan obat yang berfungsi untuk membunuh sel-sel kanker tanpa merusak sel-sel yang sehat.