1. Peduli Terhadap Perlindungan dari Sinar UV

Salah satu langkah penting adalah menyadari betapa pentingnya menggunakan sunblock sehari-hari. Ini karena sunblock dapat menyelamatkanmu dari penuaan dini yang disebabkan oleh paparan sinar matahari secara langsung yang merupakan penyebab munculnya kerutan dan garis halus. Oleh karena itu, jangan pernah meninggalkan ruangan tanpa menggunakan sunblock sekalipun.
source: http://thecentsofstyle.com/page/3/
Ahli dermatologis menyarankan untuk menggunakan sunblock sebanyak 1/4 sendok teh pada seluruh wajah dan 1/4 sendok teh pada leher hingga telinga. Jika kamu sudah menggunakan sunblock di pagi hari, proteksi yang diberikan cukup untuk kamu yang bekerja di dalam ruangan, keluar makan siang, dan pulang ke rumah. Namun jika kamu terpapar sinar matahari secara langsung lebih dari 3-4 jam sehari, pastikan kamu mengoleskan sunblock kembali pada wajahmu.
Pelembab dan sunblock juga bisa dioleskan sebelum memakai foundation dan bedak yang mengandung SPF. Kombinasikan beberapa produk yang mengandung SPF agar proteksi terhadap sinar ultraviolet semakin kuat dan bisa bertahan lama.

2. Eksfoliasi Lapisan Kulit yang Terbakar

Kulit yang sudah terlanjur terbakar dapat membuat wajahmu terlihat lebih kusam, gelap, dan lebih tua secara tidak langsung. Untuk mendapatkan kembali wajah cerah yang berkilau dari dalam, kamu perlu mengangkat lapisan kulit yang kusam dengan eksfoliasi secara teratur. Namun pilihlah produk yang dapat mengandung bahan-bahan yang efektif untuk mengangkat lapisan kulit teratas.
source: http://www.feelunique.com/p/Murad_Exfoliating_Cleanser_AHA_BHA_200ml
Salah satu kandungan bahan yang baik untuk mengangkat sel-sel kulit mati adalah AHA (glycolic acid) dan BHA (salicylic acid). Formula dengan kedua bahan ini dapat meningkatkan tekstur kulit dan mengandung manfaat anti-aging karena menstimulus produksi kolagen pada kulit.

3. Gunakan Produk dari Bahan Anti-Aging

Beberapa tips diet untuk kulit cantik tentu menyarankanmu mengonsumsi buah tinggi vitamin C dan meminum green tea karena kandungan antioksidan di dalamnya. Tak hanya untuk dikonsumsi, kamu pun bisa menggunakan bahan-bahan tersebut untuk produk perawatan kulitmu. Antioksidan sangat baik bagi kulit karena dapat menangkal radikal bebas dan menstimulus produksi kolagen dalam kulit.
source: https://beautifulbuns.wordpress.com/2015/05/30/beauty-news-do-your-part-to-save-the-earth-with-innisfrees-eco-hankerchief-campaign/
Daripada menggunakan produk skincare berlabel anti-aging yang belum terbukti kebenarannya, lebih baik kamu mulai menggunakan produk skincare yang mengandung antioksidan seperti vitamin C atau green tea. Selain mengandung antioksidan dalam jumlah yang tinggi, dijamin kulitmu akan terasa lebih kencang dan lebih sehat. Lebih baik persiapkan kulitmu terlebih dulu dengan bahan-bahan tersebut sebelum tanda-tanda penuaan muncul.

4. Stop Menggunakan Produk yang Menyebabkan Iritasi

Produk yang mengandung pewangi, baik sintetis maupun alami tidak baik untuk digunakan dalam jangka panjang. Walaupun wanginya dapat membuatmu merasa lebih rileks, lebih baik hindari menggunakan produk yang memiliki wangi harum secara terus menurus.
source: http://www.everydayhealth.com/pictures/skin-care-ingredients-allergic-reactions/
Sama seperti produk yang mendungan alkohol, kandungannya dapat menyebabkan iritasi pada kulitmu. Walaupun tidak dirasakan secara langsung, iritasi dapat mengakibatkan dampak buruk secara kumulatif pada kulitmu nantinya. Agar kulitmu sehat dan terlihat awet muda, gunakanlah produk skincare yang bebas dari pewangi maupun alkohol, atau bahan yang meyebabkan iritasi lainnya.

5. Hindari Aktivitas yang Membahayakan Kesehatan Kulitmu

Apakah kamu hobi merokok dan bisa menghabiskan beberapa batang dalam sehari? Sebelum kamu menyadari ada kerutan timbul di sekitar mata, sebaiknya hentikan aktivitas yang membahayakan kecantikan kulit ini. Merokok dapat menghambat aliran darah pada wajahmu yang disebabkan oleh kandungan racun di dalamnya. Kerutan dan kulit yang kendur di sekitar matamu merupakan efek negatif merokok dalam jangka panjang yang dapat membuatmu terlihat beberapa tahun lebih tua.
source: https://www.sknclinics.co.uk/news-and-blog/blogs/2014/oct/the-effects-of-smoking-on-your-skin
Jika kamu ingin terlihat awet muda, hentikan kebiasaan buruk ini dan ganti dengan kebiasaan yang lebih baik seperti berolahraga. Hindari pula berjemur terlalu lama di bawah sinar matahari saat liburan ke pantai. Oleskan sunblock setiap 2 jam dan selalu gunakan topi untuk melindungi wajahmu dari sinar matahari.
Selain menggunakan produk skincare berkualitas, terapkan gaya hidup sehat dan makan buah serta sayuran segar untuk menutrisi kulit dari dalam dan dari luar.