Persiapkan Kondisi Kulit Terlebih Dahulu

Sebelum mengaplikasikan base makeup, ada baiknya kamu mempersiapkan kondisi kulit itu sendiri terlebih dahulu. Sebagai langkah awal, kamu dapat membersihkan wajah dengan menggunakan eksfoliator dengan butiran yang sangat halus. Manfaat dari melakukan eksfoliasi adalah untuk meluruhkan sel-sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk pada kulit dan membuat wajah menjadi lebih cerah. Setelah membersihkan wajah dengan mild exfoliator, gunakanlah moisturizer. Hal ini bertujuan agar kulit lebih terhidrasi dan terhindar dari kulit pecah-pecah ketika mengaplikasikan foundation.
source: http://www.webmd.com/beauty/makeup/make-your-makeup-last-dry-skin
"It's important to exfoliate to remove some of the dead skin layer, and then hydrate the new layers underneath," says Elizabeth Tanzi, MD, a cosmetic dermatologist in Washington, D.C.
source: http://www.webmd.com/beauty/makeup/make-your-makeup-last-dry-skin

Aplikasikan Highlighter dan Concealer

Tips berikutnya yang dapat kamu coba adalah aplikasikan highlighter pada tulang pipi dan tutupi noda-noda diwajah dengan concealer sebelum menggunakan foundation. Tujuan dari trik ini adalah membuat kulit kamu bercahaya dari dalam dan menjadikan kulit lebih indah tanpa bercak-bercak hitam atau kemerahan pada kulit. Sebaiknya kamu menggunakan highlighter bertekstur cream agar lebih menempel pada kulit. Serta hindari concealer yang water proof atau oil free, karena formulasinya dapat menyerap kelembaban kulit.
source: http://www.youbeauty.com/beauty/makeup-tips-for-dry-skin/
"My favorite trick for a convincing, hydrated glow is applying a pearly highlighter underneath foundation," says Glick.
source: http://www.youbeauty.com/beauty/makeup-tips-for-dry-skin/

Foundation yang Cocok untuk Kulit Kering

Setelah membubuhkan highlighter dan concealer, wajah kamu siap untuk menggunakan foundation. Namun, sebelum menggunakan foundation tersebut, kamu harus tahu apakah formulasinya cocok untuk kulit kering. Sebaiknya hindari foundation yang mengandung formulasi oil free atau water proof karena akan menyerap kelembaban yang kamu butuhkan. Bagi kamu yang memiliki kulit kering, sebaiknya gunakan cream foundation atau stick foundation karena teksturnya yang lebih creamy. Kamu bisa menggunakan produk seperti Bobbi Brown skin Foundation Stick, water based foundation seperti Koh Den Go aqua Foundation, atau Dior Nude Air Serum foundation.
source: http://www.bustle.com/articles/102455-how-to-wear-foundation-with-dry-skin-so-your-face-looks-smooth-flawless
Even "normal" foundations can dry out your skin, especially waterproof and "oil-control" foundations. Choose something with "dewy," "luminous" or "aqua" in the name and you'll have something more forgiving for dry skin.
source: http://www.bustle.com/articles/102455-how-to-wear-foundation-with-dry-skin-so-your-face-looks-smooth-flawless

Cara Pengaplikasian yang Tepat

Tips berikut ini bisa dibilang tips yang paling penting. Bagi kulit kering, sebaiknya jangan menggunakan jari ketika mengaplikasikan foundation. Karena, jari kamu dapat menyerap moisturizer yang sudah ada pada kulit. Gunakanlah kuas sintetis yang halus atau beauty blender yang sudah dibasahi dengan air. Manfaat dari trik ini adalah untuk membuat foundation lebih menyerap ke dalam kulit sehingga lebih lama menempel pada kulit. Setelah mengaplikasikan foundation dengan cara di atas, kamu tidak perlu menggunakan bedak sebagai tahap berikutnya karena dapat menyerap kelembaban. Sebagai gantinya, gunakanlah setting spray atau face mist. Gunakan face mist kembali jika makeup kamu mulai terlihat flaky. Saran yang terakhir adalah hindari segala based makeup seperti foundation, blush, dan highlighter yang berbentuk powder dan gunakanlah yang bertekstur cream.
source: http://www.glamour.com/lipstick/2015/01/dry-skin-makeup-that-wont-flake-or-cake/7
If you use your fingers to apply your makeup, your fingers will absorb the moisturizer that you just applied to your face!
source: http://www.glamour.com/lipstick/2015/01/dry-skin-makeup-that-wont-flake-or-cake/7