1. Bersihkan Wajah Secara Teratur dan Menyeluruh

Jika kamu selama ini malas mencuci muka sebelum tidur, maka lakukanlah mulai sekarang. Apalagi jika pekerjaanmu menuntutmu untuk memakai makeup sehari-hari. Tidur dengan makeup masih menempel pada wajah dapat mengakibatkan pori-pori tersumbat. Bukan hanya jerawat saja yang menjadi masalah, tapi bekas makeup yang tidak terangkat dengan baik dapat mempercepat proses penuaan seperti keriput dan garis-garis halus terutama pada daerah mata.
source: https://www.youtube.com/watch?v=j5wxPvBs6pE
Sering pulang malam dan tak punya banyak waktu? Setidaknya bersihkan wajahmu dengan cleansing tissue sebelum kamu tidur. Pilihlah cleansing tissue yang dapat mengangkat seluruh makeup pada wajahmu, terutama makeup mata yang waterproof.

2. Kulit Bercahaya dengan Scrubbing Teratur

Eksfoliasi secara teratur setiap minggu dapat membuat kulitmu terlihat bercahaya. Eksfoliasi dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat kulitmu terlihat kusam dan lebih gelap. Pilihlah gentle scrub yang tidak menyebabkan iritasi pada kulitmu dan mengandung bahan-bahan yang dapat melembabkan kulit secara ekstra.
source: http://olwomen.com/amazing-summer-skin-tips/

3. Penuaan Diawali dari Mata

Kulit di sekitar matamu sangat tipis dan rentan mengalami keriput saat terpapar sinar matahari. Memang banyak yang menganggap usia 20-an belum membutuhkan eye cream, namun ingatlah bahwa penuaan dini dimulai dari mata. Jika matamu terlihat keriput, tentu usiamu akan terlihat lebih tua dari semestinya.
source: http://www.vogue.co.uk/voguevideo/genres/beauty/2015/06/vogue-beauty-makeup-tutorial-eyecream-how-to-use-an-eyecream
Oleh karena itu, investasikan sebuah produk eye cream dengan formula yang ringan dan dapat melembabkan kulit di sekitar mata, mengandung SPF untuk melindungi dari sinar ultraviolet, serta mencegah penuaan pada mata. Lebih baik mencegah sebelum terlambat, kan?

4. Miliki Pelembab Wajah Berkualitas

Kulit yang lembab dan kenyal akan membuatmu terlihat lebih muda dibandingkan kulit yang kering dan kusam. Dengan membantu memperbaiki lapisan pelindung dan pelembab kulit, kulit akan terlindungi dari radikal bebas yang rentan mengakibatkan penuaan pada kulit. Jadi, pastikan kamu menggunakan pelembab di pagi dan malam hari untuk kulit yang terlihat lebih muda.
source: http://www.zliving.com/beauty/skincare/gallery/skincare-habits-of-women-with-flawless-skin-84746/
Pilihlah pelembab dengan formula yang ringan dengan tekstur lotion yang tidak terlalu berat pada kulit. Hindari memakai rich cream yang cenderung berat karena dapat menyumbat pori-pori dan membuat permukaan wajahmu terasa lengket serta berminyak.

5. Jangan Keluar Rumah Sebelum Memakai Sunblock

Kalau kamu masih merasa malas menggunakan produk perawatan kulit di atas, yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Menurut sebuah penelitian dari Australia, orang yang menggunakan sunscreen setiap hari tidak terlihat menua sedikitpun. Terpapar sinar matahari tanpa sunblock selama 5 menit saja cukup untuk memecah kolagen dalam kulit yang berpengaruh pada timbulnya keriput di tahun-tahun berikutnya.
source: https://www.moxy.co.id/magazine/10-beauty-tips-for-20-something-women/
Penting untuk menggunakan sunblock bertipe broad spectrum yang dapat menangkis sinar UV A dan UV B untuk mencegah segala jenis penuaan. Gunakan sunblock dengan minimal SPF 30 PA+++ yang cocok dengan jenis kulitmu.

Tips Perawatan Kulit Lainnya

Selain hal-hal di atas, ada beberapa tips perawatan kulit lainnya yang bisa kamu lakukan setiap hari untuk mencegah proses penuaan pada kulit.

1. Hindari minum dengan sedotan. Segala jenis gerakan otot yang dilakukan secara berulang-ulang dapat membuat wajahmu berkeriput. Lebih baik minum langsung dari gelas untuk mengurangi jumlah keriput yang terbentuk nantinya. Kamu juga bisa menggunakan produk yang mengandung retinol di sekitar mulut dan dahi atau tempat yang rawan keriput.

2. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Selagi di usia 20-an, biasakan dirimu mengonsumsi buah segar, kacang-kacangan, dark chocolate, dan green tea yang mengandung banyak antioksidan untuk kulit sehat bercahaya dari dalam. Antioksidan juga dapat memerangi radikal bebas yang menjadi penyebab terbentuknya keriput.
source: https://mimagazine.net/news/health/foods-with-antioxidants-and-what-they-do/
3. Hindari rokok sebisa mungkin. Banyak wanita mulai merokok di usia 20-an, namun ketahuilah bahwa merokok dapat menghambat sirkulasi darah pada kulit. Hal ini dapat membuat kulitmu terlihat kusam dan membuat keriput terlihat semakin jelas terutama di sekitar mulut.

4. Perhatikan kandungan pada produk skincare. Bahan-bahan seperti vitamin C, retinol, dan peptide dapat menguntungkan kulit karena dapat mencerahkan dan meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Pastikan produk yang kamu pakai juga memiliki SPF untuk proteksi maksimal.

5. Jangan lupakan tangan dan lehermu. Banyak wanita dengan wajah yang terlihat muda memiliki tangan dan leher yang nampak tua. Wajah, tangan, dan leher merupakan 3 daerah yang kerap terekspos sinar matahari sehingga rawan mengalami keriput. Pastikan kamu menggunakan produk skincare pada tangan dan lehermu juga.
source: http://www.women-scorned.co.uk/other/default.aspx?id=285&Nails%20and%20handcare