Mengenali Jerawat Hormonal

Saat kadar hormon di dalam tubuh tidak seimbang, kelenjar minyak pada kulit menjadi sangat sensitif terhadap kelebihan hormon pria pada tubuh. Kita sebagai wanita juga memiliki hormon pria dalam tubuh yang bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat. Saat jumlah hormon ini melimpah, tubuh merespon dengan memproduksi sebum secara berlebihan. Saat ini terjadi, kelenjar minyak akan terdorong ke dalam lapisan kulit dan membengkak di bawah permukaan kulit. Inilah proses terbentuknya jerawat hormonal.
source: http://www.homeremediesforbackacne.com/what-causes-acne/
Jerawat hormonal dibedakan menjadi 2 kategori. Yang pertama ialah jerawat remaja yang muncul pada masa pubertas. Yang kedua adalah jerawat yang timbul akibat hormon sebelum masa menstruasi, maupun fluktuasi hormon saat menopause.
Jerawat yang timbul akibat fluktuasi hormon cenderung muncul pada wajah bagian bawah, misalnya sekitar tulang rahang. Menurut ahli dermatologis, jerawat hormonal umumnya timbul atau semakin parah saat siklus menstruasi. Jika kamu mendapati benjolan jerawat yang dalam, besar, dan meradang, ini bisa jadi tanda-tanda jerawat hormonal. Jerawat ini juga biasanya sakit saat dipegang atau ketika kamu menggerakkan sebagian wajahmu.
source: http://www.ledisia.com/6-faktor-penyebab-jerawat-yang-wajib-kamu-tahu/
Pernah memiliki jerawat di dagu yang biasanya muncul saat menjelang atau di saat menstruasi? Besar kemungkinan ini adalah jerawat hormonal, apalagi jika kamu bisa memprediksikan kapan dan di mana munculnya jerawat itu.

Langkah Pencegahan

Karena jerawat hormonal umumnya muncul sebelum memasuki menstruasi, berarti kedatangannya bisa dicegah. Langkah berikut diharapkan dapat meminimalisir kemunculan jerawat hormon:

1. Atur Pola Makan
Kurangi makanan yang tidak baik bagi kulit seperti junk food, tinggi gula/garam, dan makanan yang mengandung bahan kimia maupun pengawet. Usahakan kamu selalu makan makanan yang diolah segar setiapnya. Perbanyak pula konsumsi buah dan sayuran segar agar kondisi kulitmu makin baik menjelang menstruasi.

2. Cegah dengan Produk Anti-Jerawat
Salicylic acid dan benzoyl peroxide merupakan 2 jenis zat yang terbukti efektif melawan jerawat. Gunakan produk cleanser atau krim yang mengandung salah satu dari kedua bahan di atas pada daerah yang sering ditumbuhi jerawat menjelang menstruasi.
source: http://www.kimberry-kimby.com/store/product/view/%E0%B8%9E%E0%B8%A3%E0%B9%89%E0%B8%AD%E0%B8%A1%E0%B8%AA%E0%B9%88%E0%B8%87_Etude_House_AC_Clinic_Acne_Foam_Cleanser_7500_Won-23313604-th.html
3. Kurangi Stres
Stres dapat mempengaruhi mood dan menyebabkan fluktuasi hormon pada tubuhmu. Usahakan agar kamu tidak stres menjelang menstruasi dan perbanyak olahraga untuk membantu mengurangi stres.

Cara Menangani Jerawat Hormonal yang Muncul

Jika jerawat sudah terlanjur terbentuk, kamu masih bisa melakukan sesuatu sebelum peradangan bertambah parah dan jerawat meninggalkan bekas mendalam.

1. Ambil Es Batu
Pada beberapa kasus, jerawat hormonal bisa berkembang menjadi jerawat batu dengan tingkat peradangan yang parah. Untuk mengurangi rasa sakit, kamu bisa mengambil es batu dan menempelkannya langsung pada jerawat untuk mengurangi radang. Lakukan 3-4 kali sehari.
2. Topical Treatment
Jika jerawat yang kamu miliki berukuran wajar, usahakan untuk tetap melakukan treatment seperti menggunakan krim yang mengandung benzoyl peroxide. Zat ini dapat menghilangkan bakteri pemicu jerawat dan membantu mengeringkan jerawat lebih cepat.
source: http://www.noahhealth.org/tips-on-how-to-get-rid-of-acne/#eut
3. Konsultasikan dengan Dermatologis
Jika jerawat tak kunjung hilang dan rasa sakitnya sangat mengganggu, temui ahli dermatologis. Dokter kemungkinan akan memberi suntikan kortison untuk mengurangi radang dan mengempiskan jerawat yang kondisinya parah.

4. Minum Pil Kontrasepsi
Pil KB dapat menekan produksi hormon berlebih yang dihasilkan tubuh saat menjelang menstruasi. Mengonsumsi pil KB pada masa-masa ini juga dapat membantu mencegah dan melawan jerawat. Kamu juga bisa berkonsultasi mengenai resep obat yang cocok untuk membantu mengatasi jerawat dengan dokter kecantikan.