Mercury

Mercury atau air raksa (Hg) adalah salah satu bahan kimia berbahaya bersifat karsinogenik yang banyak terkandung pada kosmetik, khususnya produk whitening. Jika kamu berniat membeli kosmetik atau produk whitening hindari yang mengandung mercury. Bahan kimia satu ini sebenarnya tidak digunakan untuk kosmetik. Selain iritasi pada kulit, penggunaan kosmetik berbahan mercury dalam jangka panjang akan menjadi pemicu kanker serta mercauni sistem saraf, otak, dan juga ginjal. Bagi wanita hamil, maka janin juga terpengaruh mercury. Hal ini dikarenakan mercury bisa merusak sel-sel saraf janin yag ada di kandungan.
source: http://www.kosmetikberbahaya.com/bahaya-merkuri-dalam-kosmetik.html

Hydroquinone

Hydroquinone adalah salah satu zat kimia yang juga sering dijumpai pada produk whitening. Hydroquinone adalah zat kimia yang larut air dan berfungsi sebagai antioksidan untuk menghambat proses pembentukan melanin sehingga dapat mengurangi warna gelap pada kulit. Efeknya adalah kamu akan mengalami ketergantungan untuk memakai produk tersebut. Ketika kamu berniat berhenti menggunakannya, maka akan timbul bercak atau flek dan kulit akan lebih gelap. Selain itu kulit kamu akan lebih sensitif dan terasa terbakar serta merah ketika terpapar sinar matahari. Bahkan yang lebih parah lagi, bisa memunculkan penyakit vitiligo atu kondisi ketika pigmen kulit hilang, sehingga muncul bercak putih di kulit.

Tretinoin atau Asam Retinoat

Selain untuk produk whitening, tretinoin biasanya ada dalam produk kosmetik untuk jerawat. Tretinoin juga berfungsi menghambat proses pembentukan melanin pada kulit. Selain mengakibatkan iritasi pada kulit, bagi wanita hamil tentunya juga berbahaya pada janin karena mengakibatkan perkembangan yang tidak normal bahkan kecacatan.
source: http://begitu.com/tips-memilih-krim-pemutih-wajah-yang-bagus-dan-aman/

Peroxide dan Turunannya

Benzoyl peroxide, hydrogen peroxide, dan produk turunan yang mengandung peroxide juga berbahaya untuk tubuh. Biasanya bahan-bahan ini juga terkandung dalam produk whitening. Senyawa-senyawa tersebut adalah karsinogen, yang jika digunakan berlebihan dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan kanker.

Arsenik

Seperti mercury, zat ini sudah dilarang penggunaanya dalam kosmetik. Arsenik merupakan salah satu jenis racun yang berbahaya bagi tubuh. Bahkan dalam dosis tertentu juga bisa untuk menghilangkan nyawa seseorang. Meskipun sudah dilarang, masih bisa dijumpai produk kosmetik mengandung bahan satu ini. Maka dari itu, hati-hati ya dalam memilih makeup.
source: http://www.alodokter.com/waspadai-pemutih-kulit-mengandung-merkuri