Apa Itu Moringa?

Kamu pasti pernah mendengar tentang kelor. Nah, kelor atau merunggai inilah yang memiliki nama latin Moringa oleifera. Tanaman ini sangat banyak di negara tropis seperti Indonesia, tapi siapa sangka tanaman ini kini kepopulerannya sedang naik daun karena memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, kulit, dan rambut. Sebenarnya kelor sudah banyak dimanfaatkan sebagai obat-obatan sejak dahulu kala, juga sebagai bahan sayuran. Bahkan pohon kelor dianggap sebagai pohon ajaib karena dapat menjadi alternatif obat yang murah di negara-negara kurang berkembang seperti di benua Afrika.

source: http://cdn2.tstatic.net/pekanbaru/foto/bank/images/daun-kelor.jpg

Moringa Kaya Akan Antioksidan

Memiliki kandungan antioksidan yang tinggi membuat moringa baik untuk menangkal radikal bebas. FYI, kadar radikal bebas yang tinggi dapat menyebabkan stres oksidatif, yang berhubungan dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes. Beberapa senyawa tanaman antioksidan telah ditemukan di daun Moringa oleifera selain vitamin C dan beta-karoten adalah:

  • Quercetin: Antioksidan kuat ini dapat membantu menurunkan tekanan darah.
  • Asam klorogenik:Asam klorogenik dapat membantu menurunkan kadar gula darah setelah makan 
source: https://hellosehat.com/wp-content/uploads/2017/04/bahaya-radikal-bebas.jpg
baca juga

Moringa dapat Menurunkan Kolesterol dan Kadar Gula Darah

Kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan dampak serius bagi kesehatan jantung, begitupun dengan kadar gula yang tinggi akan berisiko terkena diabetes. Selain oats dan almond, daun moringa ternyata juga berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol. Tidak hanya itu daun moringa juga berkhasiat mampu menurunkan kadar gula dalam darah.  

source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQ4dDh3E4kuxD5FX8uw7K7JAIQ1691pHkR0YrEbxK93MQUu9m2y

Moringa Dapat Mengurangi Stres dan Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kehidupan rutinitas yang kamu jalani sehari-hari, terkadang memang membuat kamu stres, dan tak jarang membuatmu sakit. Daun Moringa juga dapat membantu mengatasi stress juga, lho. Zat besi yang tinggi, dan beta-karoten yang digunakan tubuh kita untuk membuat vitamin A terdapat dalam daun Moringa, dan semua kandungan tersebut adalah nutrisi kekebalan yang esensial untuk tubuh. Daun moringa juga dikatakan memiliki sifat 'adaptogenik', yang artinya dapat membantu melindungi tubuh terhadap efek stress.

source: https://familydoctor.org/wp-content/uploads/2001/10/stress.jpg
baca juga

Moringa Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit

Ini adalah kabar baik bagi kamu yang memiliki masalah kulit, karena Moringa kaya akan vitamin A, yang bisa dikembangkan menjadi Retinol, vitamin paling kuat untuk menangkal tanda-tanda penuaan. Retinol akan mendorong sel-sel kulit untuk memperbaharui diri, membantu mencegah munculnya jerawat, dan menyemarkan garis-garis halus. Tidak hanya itu, antioksidan yang terkadung dalam moringa akan membantu kulit wajahmu melawan polusi udara.

Dengan mengetahui manfaat daun moringa, ini bisa dijadikan tips kesehatan buat kamu. Jadi, jangan ragu untuk konsumsi daun moringa ya, Ladies.