Penyebab Pori-Pori Melebar

Jerawat terbentuk ketika sebum yang ada di pori-pori bertemu dengan bakteri atau bahan kimia lain seperti sisa makeup sehingga menghasilkan inflamasi. Adapun sebelum terjadi jerawat, tahap awal hanya berupa komedo. Jika jerawat ini tidak segera dibersihkan, maka sel-sel kulit mati dan bakteri yang berkembang di dalamnya akan semakin menyumbat pori-pori sehingga pori-pori semakin melebar. Tak hanya itu, kebiasaan memencet jerawat juga dapat membuat kulit stres yang mampu melebarkan pori-pori. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan perawatan sebagai berikut.
source: http://www.eutic.eu/euticacne/4094-eating-gluten-free-for-acne-wash-acne-face-uk/

Menghindari Produk Oil Based

Pemilik kulit berminyak cenderung memiliki pori-pori yang lebih lebar. Pada kulit berminyak, produksi sebum lebih banyak sehingga semakin mudah menyumbat pori-pori. Ini salah satu sebab mengapa kulit berminyak rentan mengalami jerawat. Agar tidak memperburuk kondisi seperti ini, sebaiknya hindari produk kosmetik dan skincare yang oil based. Selain itu, produk yang bertekstur creamy terlalu berat untuk kulit yang berminyak dan juga dapat menyumbat pori-porimu. Gunakan produk yang bisa menyeimbangkan produksi minyak di wajah.

Rajin Membersihkan Pori-Pori

Menjaga pori-pori agar tetap bersih adalah salah satu cara untuk membuat pori-pori tidak semakin melebar. Pastikan kamu membersihkan mukamu sebelum tidur menggunakan cleanser. Hal ini agar sisa kosmetik tidak menempel di kulit sehingga menyumbat pori-pori. Jika sudah, cucilah muka dengan sabun menggunakan air hangat. Air hangat berfungsi membuka pori-pori sehingga seluruh kotoran akan keluar dari pori-pori. Jika sudah, cuci muka mengunakan air dingin agar pori-pori tertutup kembali.
source: http://www.hellomagazine.com/healthandbeauty/skincare-and-fragrances/201201046822/eye-make-up-removal/

Eksfoliasi untuk Mengangkat Sel Kulit Mati.

Bersihkan wajahmu dari sel-sel kulit mati agar tidak sampai menyumbat pori-pori. Lakukan dengan menggunakan eksfoliator yang teksturnya tidak kasar karena scrub atau eksfoliator yang kasar dapat melukai kulitmu.
source: https://tahirastrends.wordpress.com/

Mengonsumsi Makanan yang Meningkatkan Produksi Kolagen

Kolagen diperlukan kulit agar tetap elastis dan kencang. Semakin kecil produksi kolagen pada kulit maka semakin sulit pula pori-pori kembali ke ukuran semula yang lebih kecil. Untuk itu, kamu perlu mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan produksi kolagen, misalnya buah dan sayuran yang mengandung vitamin C dan antioksidan.

Meminimalisir Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari dapat merusak jaringan kolagen pada kulit sehingga dapat memperburuk pelebaran pori-pori. Hindari terlalu lama berada di bawah sinar matahari serta gunakan tabir surya.

Menggunakan Masker Alami

Perawatan tersebut di atas saja tentu tidak cukup. Kamu juga harus rajin merawat wajah dengan menggunakan masker alami, misalnya putih telur. Putih telur dapat mengencangkan kulit. Caranya, campurkan satu butir putih telur dengan beberapa tetes perasan air lemon. Jangan terlalu banyak lemon karena sifat asamnya dapat mengiritasi kulitmu. Oleskan pada wajah selama beberapa menit. Jika kulit mulai merasa ditarik oleh putih telur, maka segera bilas dengan air. Lakukan secara teratur dua kali seminggu agar kulit wajah kembali kencang.
source: http://thesproutingseed.com/pore-refining-egg-white-mask/