source: http://howtogetridofacne.trusted-guide.com
Terlalu banyak scrubbing atau membersihkan dengan sabun yang keras atau bahan kimia dapat membuat iritasi pada kulit dan membuat jerawat lebih buruk. Jika "terlalu bersih" maka akan berakhir dengan kulit yang kering. Dan ketika kulit kering, kita akan akan mencoba mengobatinya dengan membuatnya menjadi jauh lebih berminyak. Produksi minyak yang berlebih dapat menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit dan memicu munculnya jerawat. Selain itu, jerawat juga dapat disebabkan oleh sel-sel kulit mati, bakteri, kosmetik, dan lain sebagainya. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena kita dapat membuat ramuan yang mampu mengusir jerawat yang bisa kita buat sendiri di rumah.

Berikut ini 4 cara alami untuk mengusir jerawat :

1. Kayu Manis Bubuk dan Madu

source: http://www.honey.com/recipes/detail/7/honey-cinnamon-emollient-night-mask
Kayu manis dan madu mempunyai sifat antimikroba alami. Jka kedua bahan ini dikombinasikan, maka akan menjadi perpaduan yang ampuh untuk menghilangkan jerawat. Hanya dengan satu sendok teh kayu manis bubuk dan dua sendok teh madu alami. Caranya cukup mudah, yaitu campur bubuk kayu manis dengan madu, aduk rata hingga membentuk seperti pasta. Kemudian cuci wajah dan keringkan. Setelah itu aplikasikan pasta ini pada jerawat dan biarkan 10-15 menit atau selama semalam. Bersihkan wajah dan keringkan dengan handuk yang halus.

2. Gunakan Masker dari Putih Telur

source: http://joepastry.com/2013/egg-white/
Putih telur merupakan bahan mudah ditemukan dan harganya terjangkau. Telur memiliki khasiat untuk menghilangkan jerawat dan memudarkan bekas luka. Putih telur mengandung protein yang tinggi, vitamin dan asam amino yang dapat membantu memberantas jerawat dan dapat meregenerasi sel-sel kulit. Putih telur juga dapat menyerap kelebihan minyak di wajah.
Caranya: Pisahkan putih telur dari kuningnya. Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan air lalu keringkan. Kocok putih telur dan diamkan selama 3 menit. Oleskan kocokan putih telur pada jerawat menggunakan jari, dan biarkan sampai kering. Lakukan cari seperti ini sebanyak empat kali. Untuk masker yang terakhir, diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilas sampai bersih lalu gunakan pelembab wajah yang biasa kamu gunakan.

3. Buatlah Masker dari Kulit Jeruk

source: http://www.looksforever.net/blog/dried-orange-peel-yogurt-face-mask-skin-lightening/
Kulit jeruk juga bisa digunakan untuk mengusir jerawat. Vitamin C yang terkandung didalamnya bisa menjadi obat untuk atasi jerawat. Caranya: Haluskan kulit jeruk dengan blender, lalu tambahkan sedikit air hingga membentuk pasta. Tambahkan sedikit demi sedikit agar tidak terlalu cair. Setelah itu, aplikasikan pada jerawat. Pastikan wajah dalam keadaan bersih sebelum mengaplikasikannya. Diamkan selama 20-25 menit lalu bilas wajah dengan air. Keringkan wajah dan oleskan pelembab wajah yang biasa digunakan.

4. Perpaduan Stroberi dan Madu

source: http://www.lifemartini.com/3-diy-strawberry-face-mask-recipes-for-beautiful-skin/
Stroberi, buah cantik berwarna merah ini jika dipadukan dengan madu mampu mengusir jerawat. Stroberi mengandung asam salisilat yang tinggi, sedangkan madu bekerja melawan bakteri. Asam salisilat menstimulasi lapisan kulit epidermis, membuka pori-pori yang tersumbat, dan menetralkan bakteri. Zat ini juga mendorong pertumbuhan sel kulit baru dan pencegahan infeksi dini.
Caranya: Cuci 3 buah stroberi lalu haluskan hingga benar-benar halus. Tambahkan dua sendok teh madu, lalu aduk hingga rata. Cuci wajah dengan air, lalu keringkan. Aplikasikan pada wajah dan biarkan selama 20 menit. Cuci wajah dengan air hangat, lalu keringkan. Oleskan pelembab yang biasa digunakan jika kulit terasa kering. Gunakan dua kali seminggu selama satu bulan atau sampai jerawat hilang.
Itulah keempat cara mengusir jerawat secara alami yang bisa kamu praktekkan di rumah. Walaupun kita dapat membuat ramuan sendiri untuk mengobati jerawat, alangkah baiknya jika kita dapat mencegah munculnya kembali jerawat yang sudah berhasil kita usir. Dengan rutin membersihkan wajah dengan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit, jangan menggunakan makeup sampai terbawa tidur, jangan lupa cuci wajah setelah beraktivitas di luar ruangan dan sebelum tidur.