1. Masalah pada Organ Pencernaan

Dari sekian banyak masalah yang ditimbulkan oleh diet yang salah, masalah yang paling umum ditemui adalah gangguan pada sistem pencernaan. Mulai dari maag, susah buang air besar, diare, dan berbagai macam gangguan pencernaan lainnya. Hal ini disebabkan oleh asupan nutrisi atau makanan yang kamu konsumsi yang tidak cocok dengan kebutuhan kamu yang sebenarnya. Perlu kamu tahu bahwa gangguan pencernaan dapat menimbulkan efek yang berbahaya. Kebanyakan wanita yang melakukan diet mengalami masalah serius karena tidak makan sama sekali atau mengurangi porsi makan mereka. Penggunaan obat diet juga bisa mengakibatkan masalah tersebut, banyak obat diet yang berfungsi sebagai obat pencahar, sehingga menyebabkan orang yang meminum obat tersebut secara berlebihan mengalami diare. Gangguan pencernaan juga dapat memicu masalah kesehatan lainnya dan sangat membahayakan bagi kualitas hidup untuk jangka panjang.
source: http://numberyeol.tumblr.com/post/133664462710
Saran: Sebelum kamu melakukan kegiatan diet, alangkah baiknya apabila kamu berkonsultasi kepada tenaga ahli seperti dokter atau ahli nutrisi, atau instruktur fitnes. Hal ini dilakukan agar kamu bisa melakukan diet secara aman dan efektif.

2. Berbagai Macam Masalah Kulit

Masalah kulit tidak hanya terjadi karena kurangnya kebersihan. Jarang yang mengetahui bahwa masalah kulit bisa disebabkan oleh pola diet dan makanan yang kita konsumsi. Masalah-masalah seperti jerawat, alergi, dan banyak lainnya, berhubungan erat dengan pola diet yang kita lakukan. Contohnya, apabila kita memakan terlalu banyak makanan yang mengandung lemak, kulit kita akan menimbun lemak jahat tersebut dan terjadilah jerawat. Sama halnya dengan diet. Apabila kita melakukan metode diet yang tidak cocok untuk asupan nutrisi kita, tubuh kita akan bereaksi dan bisa mempengaruhi kualitas kulit. Banyak orang yang melakukan diet yang berlebihan mengaku bahwa kulitnya terasa kering dan pecah-pecah. Banyak juga yang mengaku mengalami masalah jerawat yang serius. Dengan berkurangnya asupan nutrisi tertentu, tubuh kita akan dengan mudah mendeteksi kekurangan tersebut dan bekerja dengan keras menambalnya dengan terus mencoba memaksakan untuk memproduksi nutrisi tersebut. Inilah yang akhirnya jadi penyebab kesehatan terganggu.
source: http://numberyeol.tumblr.com/post/133667872600
Saran: Mulailah diet sehat agar tubuh kamu dapat menyesuaikan perubahan asupan nutrisi ke dalam tubuh. Juga sebaiknya, kamu banyak minum air agar tidak mengalami dehidrasi dan kualitas kulit kamu tetap terjaga. Apabila kamu menemukan masalah dengan kulit ditengah-tengah jadwal diet kamu, alangkah baiknya apabila kamu segera mengonsultasikannya dengan tenaga ahli.

3. Kerontokan Rambut & Lemahnya Tulang

Kerontokan adalah mimpi buruk bagi sebagian besar orang. Sama dengan masalah-masalah yang sebelumnya, health problem berikut ini juga berhubungan erat dengan kurangnya nutrisi. Rambut dan tulang yang sehat membutuhkan asupan kalsium yang tinggi dan juga beberapa nutrisi lain yang sangat penting bagi tubuh. Banyak metode diet yang melarang kamu untuk mengonsumsi susu dan berbagai makanan kaya kalsium dan nutrisi lainnya. Hal ini juga bisa disebabkan oleh faktor dehidrasi. Karena nutrisi yang kurang, tubuh juga sulit untuk memproduksi tenaga dan mempertahankan kekuatan tulang dan rambut, juga organ lainnya.
source: http://numberyeol.tumblr.com/post/133669644740
Saran: Sebaiknya kamu tidak menghentikan asupan nutrisi tertentu pada saat melakukan diet. Lebih baik apabila kamu hanya menguranginya dan tidak menghapuskannya dari menu diet kamu. Perlu kamu ingat, bahwa keseimbangan adalah kunci untuk diet yang sehat.
source: http://numberyeol.tumblr.com/post/133670440845