Kafein Meningkatkan Tekanan Darah & Serangan Jantung

Bagi kamu yang tidak biasa mengkonsumsi kafein atau memiliki hipertensi, sebaiknya sebisa mungkin untuk menghindari kafein. Jika penderita meminum 2 gelas kopi, maka pada beberapa jam berikutnya tekanan darah akan mengalami peningkatan. Hal yang sama juga akan terjadi bagi sebagian kamu yang jarang atau belum pernah mengkonsumsi kafein. Tekanan darah akan semakin meningkat setelah beberapa jam mengkonsumsi kafein.
source: http://www.caffeineinformer.com/harmful-effects-of-caffeine
People with hypertension were given 250 mg of caffeine (about 2 coffees) and the data revealed that their blood pressure was elevated for about 2-3 hours after the caffeine.
source: http://www.caffeineinformer.com/harmful-effects-of-caffeine
Pernahkah kamu merasakan detak jantung menjadi lebih cepat dari biasanya setelah mengkonsumsi kafein? Hal ini terjadi karena kafein menyebabkan detak jantung berdebar lebih cepat sehingga akan mengarah pada serangan jantung. Jika jantung kamu mengalami debaran yang tidak normal, sebaiknya kurangi atau berhenti mengkonsumsi kafein.

Kaitan Kafein Dengan Kegelisahan

Kegelisahan merupakan salah satu isu mental yang terjadi akibat stres dalam jangka waktu yang lama dan dibiarkan berlarut-larut. Kegelisahan juga dapat terjadi karena kelelahan dan pikiran negatif sehingga dapat mengarah pada masalah pencernaan. Hasilnya akan membuat penderita sulit melakukan aktivitas. Hubungan kafein dengan perasaan gelisah adalah apabila kamu mengonsumsi secara berlebihan, detak jantung yang meningkat akan mengarah pada rasa gelisah. Namun demikian, rasa gelisah usai mengonsumsi kafein tidak terjadi pada setiap orang. Beberapa orang justru merasa lebih tenang dan rileks setelah mengonsum kafein.
source: http://www.calmclinic.com/anxiety/causes/coffee
Coffee can lead to a feeling of being jittery and an increased heart rate.
source: http://www.calmclinic.com/anxiety/causes/coffee

Kafein & Kram Otot

Kafein merupakan salah satu stimulan yang dapat membuat kinerja tubuh meningkat jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Namun, mengonsumsi kafein, terutama secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai macam komplikasi, salah satunya adalah kram otot. Untuk itu kamu harus memperhatikan konsumsi kafein jika kamu mengalami hal ini. Meski demikian, apabila kram otot yang kamu alami terus terjadi meski kamu sudah mengurangi konsumsi kafein maka sebaiknya kamu memeriksakan hal tersebut.
source: https://www.zocdoc.com/answers/12047/can-drinking-too-much-coffee-make-your-muscles-twitch
Coffee contains a significant amount of caffeine, which is a stimulant. Caffeine has multiple effects on the body especially in higher doses. Some of these effects can include palpitations or 'skipped' heart beats, nausea, jitteriness, nervousness and, muscle tremors or twitches.
source: https://www.zocdoc.com/answers/12047/can-drinking-too-much-coffee-make-your-muscles-twitch