Ketahui Jenis Makeup yang Mudah Rusak

Secara umum, produk makeup dalam bentuk cair akan lebih rentan rusak saat kondisi panas dibandingkan produk berbentuk padat maupun bubuk. Walaupun produk makeup cair bisa bertahan hingga beberapa hari saat terkena panas, produk-produk ini juga telah mengalami serangkaian tes sebelum dipasarkan untuk menguji daya tahannya. Oleh karena itu, hindari produk-produk makeup khususnya yang cair agar terhindar dari paparan sinar matahari.
source: http://blog.shesaidbeauty.com/2012/08/13/has-your-makeup-expired-your-guide-to-beauty-expiration-dates/
Produk makeup yang mengandung bahan-bahan alami juga lebih mudah rusak karena mengandung komposisi molekular yang spesifik. Jika terpapar sinar matahari, sinar ultraviolet dan panas dapat merubah kandungan bahan-bahan aktif di dalamnya, bahkan membuatnya menjadi tidak efektif.

Cara Mendeteksi Makeup yang Sudah Rusak

Pertama, cium bau peralatan makeup sebelum menggunakannya. Jika kamu mencium sedikit saja aroma busuk atau tengik, ini merupakan tanda awal kamu harus membuangnya. Hati-hati, banyak produk makeup yang tidak mengeluarkan bau namun menunjukkan tanda-tanda seperti pada berikut:

1. Foundation
Kandungan minyak akan naik ke atas dan konsistensinya menjadi lebih kental. Saat dioleskan, warna dan konsistensi menjadi sulit untuk diratakan. Foundation powder lebih awet ketimbang yang cair. Namun, jika kamu melihat tanda-tanda sepeti powder sering menggumpal dan menjadi sulit diratakan lebih baik dibuang saja.
source: http://makeupandbeauty.com/warning-against-elizabeth-arden-products-sold-in-india/
2. Mascara
Apakah kamu merasa formula mascara menjadi keras, mengental, dan menggumpal saat digunakan? Mungkin usia mascara yang kamu gunakan sudah lebih dari 3 bulan. Apalagi jika hasilnya tidak sebagus dulu dan tidak rata, lebih baik ganti yang baru.

3. Eyeliner
Bakteri lebih mudah masuk dan berkembang ke dalam wadah eyeliner yang sempit dan gelap seperti mascara. Liquid eyeliner juga memiliki daya tahan yang pendek karena cepat mengering. Jika eyeliner sudah menggumpal dan keras, berarti sudah saatnya dibuang. Sebaliknya, pencil eyeliner lebih tahan lama, asalkan diraut secara teratur. Untuk gel eyeliner, jika wujudnya sudah terlihat berkerak, pecah-pecah, dan keras, sebaiknya segera dibuang.
source: http://www.theyouareproject.com/beauty/spring-cleaning-your-makeup-bag/
4. Eyeshadow
Umumnya eyeshadow berbentuk powder sehingga memiliki daya tahan yang lebih lama karena bakteri sulit berkembang di area yang kering. Namun perhatikan jika eyeshadow sudah mulai terasa kurang nyaman saat diaplikasikan dengan brush dan warnanya yang menjadi kurang terang.

5. Lipstick
Walaupun lipstick memiliki umur yang panjang, lipstick pun bisa mengering dan tidak lagi terlihat creamy. Terutama lipstick dengan formula long-wearing karena bahan-bahan di dalamnya bisa menguap lebih cepat dibandingkan formula yang creamy.

Risiko Menggunakan Makeup yang Kedaluwarsa

Ada alasan khusus mengapa makeup memiliki kedaluwarsa, yaitu demi menjaga kesehatan dan kecantikan kulit sendiri. Sama seperti saat kita membuang makanan yang sudah kedaluwarsa, karena dapat membahayakan kesehatan. Menggunakan makeup yang sudah kedaluwarsa dapat mengakibatkan mata memerah dan kulit iritasi. Hal ini disebabkan karena kandungan bakteri yang sudah berkembang di dalam produk yang kamu gunakan.
source: http://www.fashionlady.in/what-happens-if-you-use-expired-makeup-products/19718
Bukan hanya itu, menggunakan produk makeup yang sudah kedaluwarsa tentu akan menurun kualitasnya. Memakai lipstick yang sudah tidak creamy dan foundation yang sulit diratakan justru akan membuatmu terlihat kurang cantik.

Ketahui Daya Tahan Produk Makeup

Bukan hanya membuang produk makeup yang sudah kedaluwarsa, namun juga memperhatikan berapa lama daya tahan suatu produk setelah dibuka. Penting untuk mengingat-ngingat chart di bawah ini agar kamu bisa menggantinya dengan yang baru setelah melewati kedaluwarsa.
source: http://destinationfemme.com/makeup-101-amazing-tricks-for-reusing-expired-makeup/