Makeup Mata

Mata adalah bagian yang paling sensitif dari kulit wajah. Kulit di sekitar area mata lebih rawan terkena kerutan. Oleh sebab itu, ketika membersihkannya pun harus lebih berhati-hati. Maskara dan eyeliner yang waterproof terkadang memang susah dihilangkan, namun jangan digosok secara paksa karena akan melukai kulit di sekitar mata. Kamu bisa menggunakan cotton bud dan oil-based remover.
source: http://www.lacedivory.com/blog/2012/03/08/tip-of-the-day-removing-eye-makeup-with-eye-cream-and-q-tips/
Celupkan ujung cotton bud ke dalam oil based remover. Pejamkan mata lalu tempelkan cotton bud yang sudah diberi oil-based remover tadi ke kelopak mata. Diamkan selama 15-20 detik hingga maskara dan eyeliner mulai luntur dan siap untuk dibersihkan. Sebagai catatan, lebih baik menghindari produk remover untuk mata yang mengandung alkohol dan fragrance.

Cleanser & Remover

Gunakan cleanser untuk membersihkan bedak, foundation, blush dan lainnya yang menempel di wajah. Jika kamu pemilik wajah berminyak sebaiknya hindari oil-based cleanser, karena dikhawatirkan akan membuat kulit wajahmu semakin berminyak. Sebaiknya gunakan water based cleanser. Oleskan cleanser secara merata di wajah dan tunggu hingga beberapa detik lalu bersihkan dengan kapas.
source: http://www.mirror.co.uk/3am/style/shopping/tried--tested-4-best-5654791
Jika kamu memakai foundation yang tahan lama atau makeup waterproof yang lainnya, gunakan remover terlebih dahulu karena pada umumnya cleanser saja tidak cukup untuk membersihkannya. Biasanya oil-based remover lebih ampuh. Setelah menggunakan oil-based remover, bersihkan dengan cleanser agar tidak ada sisa minyak yang menempel di wajah.

Makeup Bibir

Gunakan kapas yang telah dibahasi krim makeup remover untuk membersihkan lipstik. Jika lipstik yang kamu pakai bersifat waterproof dan tahan lama, atau berpigmen tinggi kamu bisa menggunakan formula yang oil-based. Jangan lupa untuk mengoleskan pelembap bibir setelahnya. Satu hal lagi, daerah di sekitar bibir adalah area wajah sensitif setelah mata, jadi jangan terlalu keras ketika menggosok kapas atau remover. Kamu tidak mau mengalami kerutan di area ini sebelum waktunya, bukan?
source: http://www.wikihow.com/Remove-Long-Wearing-Lipstick

Gunakan Toner

Jangan lupa gunakan toner untuk membersihkan sisa makeup remover yang masih menempel. Toner berfungsi menyegarkan kulit dan juga menyeimbangkan pH kulit setelah dibersihkan. Memilih toner juga harus disesuaikan dengan jenis kulit wajah. Jika kulitmu kering, pilih toner yang sedikit kandungan alkoholnya dan dapat melembapkan kulit sedangkan untuk kulit berminyak, pilih toner yang dapat membantu menyeimbangkan produksi minyak wajah.
source: http://hubpages.com/style/The-Benefits-of-Using-a-Facial-Toner