Sudah kenal dengan istilah contouring? Teknik makeup yang satu ini pada awalnya banyak digunakan untuk para runaway model dan untuk keperluan photo shoot. Namun sepertinya contouring kini sudah menjadi salah satu rutinitas para wanita saat makeup.
Contouring merupakan teknik makeup yang memberikan shadow dan highlight pada area tertentu untuk memperjelas garis-garis wajah, salah satunya adalah tulang pipi.
Mungkin contouring terdengar sedikit sulit untuk diaplikasikan, namun sebenarnya kamu pun bisa mengaplikasikannya dengan mudah jika mengetahui basic-nya.

Alat yang Perlu Dipersiapkan

a. Foundation yang biasa kamu gunakan
b. Dua jenis stick foundation (foundation yang memiliki warna 1-2 tingkat lebih gelap daripada warna kulit, dan foundation yang memiliki 1-2 tingkat lebih terang daripada warna kulit)
c. Makeup sponge, untuk meratakan foundation
d. Makeup brush, untuk mengaplikasikan bedak

Langkah Membuat Contouring

1. Setelah mengaplikasikan pelembab, gunakan foundation untuk meratakan warna kulit.
2. Tentukan titik-titik yang membutuhkan countouring dengan menggunakan foundation warna gelap. Jika kamu memiliki dahi yang lebar, buatlah garis di sepanjang garis rambut. Untuk menonjolkan tulang pipi, aplikasikan foundation pada bagian cekung pipi (tepat di bawah tulang pipi). Aplikasikan juga foundation berwarna gelap pada bagian rahang.
source: http://www.elle.com/beauty/news/a28308/how-to-contour-pro/
3. Gunakan makeup sponge atau makeup blender yang sudah sedikit dibasahi untuk meratakan foundation. Tekan makeup sponge secara ringan pada area yang sudah diberi countouring agar menyatu dengan base foundation.
source: http://www.elle.com/beauty/news/a28308/how-to-contour-pro/
4. Aplikasikan foundation dengan warna yang lebih terang dengan memfokuskan pada bagian bawah mata, hidung, dahi serta dagu.
source: http://www.elle.com/beauty/news/a28308/how-to-contour-pro/
5. Kemudian aplikasikan loose powder menggunakan makeup brush ke seluruh area wajah.
source: http://www.elle.com/beauty/news/a28308/how-to-contour-pro/
Voila! Sedikit sentuhan contouring dapat memberikan tampilan yang berbeda pada hasil akhir makeup.

Menentukan Area Contouring

Setiap orang tentunya memiliki bentuk wajah yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kamu juga bisa berimprovisasi terhadap titik-titik contouring sesuai dengan bentuk wajah, dan bagian mana yang ingin ditonjolkan atau disamarkan. Jika kamu masih bingung dengan contour mapping, mungkin gambar berikut bisa menjadi panduanmu.
source: https://www.pinterest.com/pin/119626933829637855/
Garis pink: foundation dengan warna yang lebih gelap daripada kulit
Garis ungu: foundation dengan warna yang lebih terang daripada kulit.