1. Memotong Ujung Rambut (Trimming)

source: http://makeupandbeauty.com/excellent-tricks-to-make-hair-grow-long-faster/
Mungkin hal ini terdengar sangat bertolak belakang, tapi jika kamu menginginkan rambut panjang yang benar-benar sehat memotong ujung rambut atau trimming secara rutin sangat diperlukan. Meskipun memotong ujung rambut sebenarnya tidak benar-benar membuat rambut tumbuh lebih cepat, tapi hal ini bertujuan untuk menghilangkan rambut bercabang yang dapat mengganggu kesehatan rambut. Memotong 1/4 inci rambut setiap 6-8 minggu sekali disarankan agar rambut tumbuh lebih sehat.

2. Gunakan Conditioner Setiap Kali Keramas

source: http://www.toppik.com/hairtoppiksblog/thin-hair-essentials-toppik-shampoo-conditioner-pack/
Bagian bawah rambut dapat menipis seiring dengan penggunaan produk, pewarnaan, ataupun styling. Conditioner membantu menggantikan lipid dan protein di dalam batang rambut, serta menutup kutikula untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Dengan begitu rambut akan tumbuh lebih panjang dan sehat.

3. Konsumsi Makanan yang Tepat

source: http://weheartit.com/entry/207215897/search?context_type=search&context_user=Amanda_Auverigne&page=2&query=salmon
Memiliki rambut yang panjang dan kuat tidak hanya tergantung pada produk yang digunakan, tetapi juga tergantung pada apa yang dikonsumsi. Untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, kamu juga perlu memberi nutrisi dari dalam. Cobalah untuk menambah asupan protein dengan makanan seperti ikan, kacang-kacangan, atau gandum. Kurangnya konsumsi protein dapat menyebabkan rambut yang mudah rontok. Pastikan untuk konsumsi protein yang cukup, ya!

4. Lakukan Hot Oil Treatment Seminggu Sekali

source: http://www.ladycarehealth.com/home-remedies-for-growing-hair/
Cara yang satu ini juga dianggap efektif untuk membantu pertumbuhan rambut. Hot oil treatment merupakan salah satu metode perawatan rambut dengan menggunakan minyak alami atau essential oil yang dipanaskan. Oleskan minyak yang telah dipanaskan pada bagian kulit kepala, diamkan selama kurang lebih 10 menit, lalu cuci rambut menggunakan sampo dan kondisioner seperti biasa. Selain menggunakan produk jadi yang dijual di pasaran, kamu juga bisa membuat hot oil treatment sendiri di rumah dengan minyak pilihanmu, seperti jojoba oil, coconut oil, ataupun olive oil.

5. Minum Air Putih yang Cukup

source: http://weheartit.com/entry/207937055/search?context_type=search&context_user=jessika_Miller&page=3&query=drink+water
Air dapat membantu untuk memproses serta membuang racun di dalam tubuh lebih cepat, sehingga dapat membantu rambut untuk tumbuh lebih cepat. Jika kamu minum setidaknya 8 gelas per hari, tidak hanya tubuhmu yang merasa lebih sehat, tetapi juga rambutmu juga akan menjadi lebih kuat. Semakin kuat rambut, semakin cepat juga pertumbuhannya. Minum air putih yang cukup juga membantu rambut agar tetap terhidrasi dari luar maupun dalam. Rambut yang terhidrasi dengan cukup merupakan rambut yang sehat, karena saat rambut kering akan mudah patah dan rontok.

6. Sisir Rambut Dengan Benar

source: http://www.shemazing.net/tag/paddle-brush/
Menyisir rambut secara terus menerus dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Sisirlah rambut sekali atau dua kali di pagi hari dan malam hari untuk menstimulasi sirkulasi di kulit kepala. Penggunaan sisir jenis boar bristle brush juga disarankan karena dapat membantu mendistribusikan minyak alami di kulit kepala ke seluruh helai rambut. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah saat menyisir rambut yang basah. Sebisa mungkin gunakan sisir bergigi lebar untuk mencegah rambut kusut dan rontok.

7. Mengganti Sarung Bantal

source: http://weheartit.com/entry/187193593/search?context_type=search&context_user=koukouche&page=4&query=sleeping+pillow+
Sarung bantal dengan bahan satin lebih disarankan karena memiliki permukaan yang lebih halus, sehingga dapat mengurangi pergesekan dibandingkan dengan penggunaan bahan katun. Dengan minimnya pergesekan yang terjadi maka kemungkinan rambut menjadi kusut pun kecil. Selain itu, sarung bantal dengan bahan satin juga lebih ramah untuk kulit wajah karena dapat mengurangi kemungkinan munculnya kerutan di wajah. Double benefits!

8. Gunakan Air Dingin untuk Bilasan Terakhir Saat Keramas

source: http://www.thegloss.com/2015/09/14/beauty/does-rinsing-your-hair-with-colder-water-make-it-shiny/
Hal ini dipercaya dapat membantu pertumbuhan rambut serta menjaganya agar tetap sehat lebih lama. Air dingin dapat membantu menutup kutikula dan memperkuat rambut sebelum pengaplikasian styling tertentu. Selain itu, air dingin juga membantu menjaga kelembaban rambut, membuatnya lebih lembut, serta mencegah kerusakan yang disebabkan oleh panas.

9. Konsumsi Biotin

source: http://www.care2.com/greenliving/4-good-reasons-to-take-a-vitamin-d-supplement.html
Mengonsmsi biotin dianggap menjadi salah satu cara yang efektif untuk membuat pertumbuhan rambut lebih cepat. Pada dasarnya biotin merupakan vitamin B yang terkandung di dalam makanan seperti telur, kedelai, kacang-kacangan, wortel, dan lainnya. Jadi, tambahkan asupan biotin yang cukup dalam daftar makananmu, atau sebagai alternatif kamu bisa mengonsumsi suplemen biotion.

10. Hindari Stres

source: http://googirl.jp/lifestyle/1309sutoresu_kaisyou782/
Stres bisa menjadi pemicu rambut rontok serta penurunan kecepatan pertumbuhan rambut. Meskipun terkadang stres sulit dihindari, sebisa mungkin hindari stres dengan mengubah gaya hidup secara bertahap. Cobalah untuk mengikuti kelas yoga atau luangkan waktu untuk refreshing. Dan yang paling penting adalah waktu tidur yang cukup. Hal ini akan membantu menghilangkan stres sehingga membuat tubuh lebih sehat, pertumbuhan rambut yang lebih baik, dan juga kulit yang lebih cerah.