Menggunakan Produk Kosmetik untuk Menutup Pori-Pori

Kamu bisa menggunakan produk kosmetik tertentu untuk menyamarkan pori-pori wajahmu. Beberapa foundation dapat yang memiliki fungsi ganda untuk menyamarkan pori-pori. Kamu juga bisa mencoba BB Cream yang banyak dijual di pasaran.

Pori-Pori Terlihat Lebih Halus Jika Dibersihkan

Dengan mengeksfoliasi kulitmu, sisa-sisa kotoran dan sel kulit mati yang menyumbat di pori-pori akan terangkat. Hal ini akan mengurangi peluang bakteri bercampur dengan sebum yang akan menghasilkan jerawat. Lakukan eksfoliasi dengan scrub halus seminggu sekali.
source: http://herintalk.com/best-anti-aging-for-twenties/
baca juga

Menggunakan Chemical Peel

Memiliki pori-pori yang besar bisa disebabkan karena faktor genetik. Kamu bisa menyamarkan pori-pori wajahmu dengan chemical peel yang mengandung glycolic, mandelic, atau asam laktat. Retinol dan Retin-A juga mampu menyamarkan tampilan pori-pori. Namun ingat, harus dengan dosis yang sesuai dan direkomendasikan oleh dokter, ya.
source: http://www.dermadoctor.com/blog/chemical-peels/

Arang dan Tanah Liat Baik untuk Pori-Pori

Scrub atau sabun muka yang mengandung tanah liat (clay) atau arang (charcoal), dapat mengurangi penyumbatan pori-pori. Kedua bahan tersebut bersifat seperti magnet terhadap bakteri sehingga bakteri akan tertarik dan pori-porimu akan bersih dari bakteri.
baca juga

Menggunakan Pore Strip

Ini juga tidak buruk. Ketika kamu mengangkat pore strip, seketika itu juga kotoran, minyak, dan sebum yang terdapat di dalam pori-pori akan ikut terangkat sehingga pori-porimu bebas tersumbat. Jika tidak ada sesuatu yang menyumbat pori-porimu, pori-pori akan terlihat lebih kecil.
source: http://stylecaster.com/beauty-high/how-to-make-pores-smaller/

Jerawat Membuat Pori-Pori Membesar

Jika dalam pori-pori terdapat minyak dan kotoran, maka jerawat akan rawan terbentuk. Jika jerawat terbentuk, maka pori-pori akan melebar. Semakin besar jerawat yang ada, maka semakin lebar pula pori-pori yang akan terbuka. Oleh sebab itu, semakin cepat kamu mengatasi jerawat, maka akan semakin cepat kamu memulihkan ukuran pori-porimu.

Pori-Pori Adalah Folikel yang Terbuka

Pori-pori pada dasarnya adalah folikel rambut yang terbuka yang fungsinya sebagai jalan keluar minyak dan tumbuhnya rambut. Pada pori-pori terdapat kelenjar minyak. Oleh sebab itu, jika kamu kurang menjaga kebersihan wajah misalnya malas membersihkan makeup, maka minyak yang ada di dalam pori-pori akan tersumbat dan bertemu dengan sisa kosmetik. Inilah cikal bakal penyebab jerawat.

Pori-Pori Semakin Membesar Jika Tersumbat

Semakin banyak bakteri yang menyumbat pori-pori kulitmu, akan semakin besar pori-porimu. Rajinlah membersihkan muka 2 kali sehari. Jangan terlalu berlebihan karena dapat membuat kulitmu kering.