Ada pepatah mengatakan, "Banyak jalan menuju Roma". Sama halnya dengan melangsingkan tubuh, ada banyak cara yang bisa kita lakukan. Salah satunya adalah dengan teknik akupuntur.
source: http://postimg.org/image/itob8aul5/

Melancarkan Aliran Energi

Akupuntur adalah teknik pengobatan tradisional dari Cina. Mengandalkan titik-titik yang akan menghasilkan suatu energi dalam atau "chi", teknik ini mempercayai bahwa dalam tubuh manusia selain ada aliran darah, ada pula aliran energi. Aliran energi inilah yang akan melancarkan semua sirkulasi di dalam tubuh. "Jika sirkulasinya lancar, aliran darahnya lancar, aliran limfenya lancar, aliran oksigennya lancar, maka organ di dalam tubuh akan bekerja secara efisien. Sehingga dampaknya adalah kesehatan yang optimal," ujar dokter yang akrab disapa dr. Asti.
"Dengan adanya pengaruh lingkungan, contohnya polusi, stres, dampak asupan makanan minuman yang tidak sehat, kesemuanya itu akan memblok aliran energi. Jika aliran energi tidak lancar, maka sirukulasi tidak lancar, sehingga hasilnya kinerja organ tidak maksimal dan terjadinya gangguan kesehatan. Untuk meningkatkan "chi", ditemukan ribuan titik di atas seluruh permukaan kulit. Dengan 7 jalur meridian, di mana jalur meridian antara yang satu dengan yang lainnya terhubung," lanjutnya.

Manfaat Akupuntur untuk Pelangsingan

Menurut dr. Asti, berat badan berlebih pada seseorang salah satunya disebabkan karena adanya ketidakseimbangan antara rasa lapar dengan rasa kenyang. "Jika rasa laparnya meningkat maka seseorang tersebut akan terus makan. Di samping itu metabolismenya juga tidak seimbang. Sehingga, makanan yang masuk tidak dibakar dan malah disimpan menjadi lemak. Akupuntur dapat membantu menyeimbangkan rasa lapar dan rasa kenyang. Atau yang disebut dengan yin yang, menyeimbangkan pengaruh positif dan negatif. Sehingga, seseorang akan makan sesuai dengan kebutuhan tubuhnya," ujar dr. Asti.
Ketika pasien datang, pertama-tama dr. Asti akan membersihkan bagian tubuh yang akan ditusuk terlebih dahulu dengan alkohol. Penusukan juga tergantung dari kondisi pasien itu sendiri, ada titik-titik yang akan ditusuk berdasarkan keluhan dan kondisi tubuh pasien.
source: http://postimg.org/image/meq0i7e2x/
Menurut dr. Asti, akupuntur dapat melangsingkan daerah tertentu, misal pada bagian perut, lengan, paha, dan sebagainya. "Teknik akupuntur yang saya lakukan tersebar pada beberapa titik. Jadi, selain untuk melangsingkan, juga untuk membuat otot-otot di sekitarnya menjadi lebih kencang. Menurut penelitian, energi yang dihasilkan oleh akupuntur selama 15 menit sama dengan kita berolahraga 1 jam dengan olahraga yang terukur," tambahnya.
Saat terapi, jarum akupunktur ditusukkan hampir di seluruh tubuh. Jarum yang ditusukkan pun kemudian diberi aliran listrik melalui alat elektrik. Aliran listrik berfungsi mempercepat proses terapi. Sekali terapi dapat menghabiskan sekitar 50 buah jarum akupunktur.
source: http://hanglekiumc.com/2013/05/06/terapi-akupunktur/

Kombinasikan dengan Diet

Akupuntur pelangsingan harus dikombinasi dengan diet. Dr. Asti biasanya akan menganjurkan pasien untuk menjalani diet makrobiotik. Diet ini adalah dengan mengonsumsi banyak serat dari buah, sayur, dan kacang-kacangan. Selain itu pasien harus mengurangi mengonsumsi minyak.
"Seseorang yang melangsingkan tubuh dengan teknik akupuntur plus menerapkan diet akan lebih cepat menyeimbangkan rasa lapar dan kenyang. Proses pembentukan badan lebih cepat daripada ia melakukan gym," ujar dr. Asti.

Manfaat Lain Akupuntur

Selain untuk meningkatkan dan melancarkan sirkulasi tubuh, akupuntur juga akan mengeluarkan hormon antistres seperti endorphin serotonin, dan lainnya. Maka setelah diakupuntur pasien akan merasa rileks dan segar. Menurut dr. Asti, akupuntur bagus untuk orang-orang yang mengalami stres, kurang tidur, dan untuk melancarkan pembuangan.
source: http://postimg.org/image/m8gwsuubt/

Akupuntur Pelangsingan di Klinik Hang Lekiu

Di Klinik Hang Lekiu, tempat di mana dr. Asti praktik, 1 paket akupuntur terdiri dari 10 sesi untuk 5 minggu. "Body shaping akan lebih cepat terbentuk, karena di gym membutuhkan waktu sekitar 3-4 bulan. Tetapi dengan syarat, harus dibarengi dengan diet makrobiotik, karena asupan makanan merupakan pengaruh yang besar terhadap berat badan dan kesehatan. Jika pola makan sehat ditambah dengan akupuntur maka pembakaran kalori tetap terjaga," ujarnya.
Banyaknya penurunan berat badan setiap orang berbeda, ada yang cepat dan lambat. "1 sesi akupuntur bisa menurunkan 1-2 kilogram. Saat lemak menyusut, terjadi perubahan komposisi tubuh, yaitu masa ototnya akan meningkat sedangkan masa lemaknya akan menurun. Perlu diketahui bahwa masa otot lebih berat dari masa lemak," tutupnya.
Bagaimana, apakah Beautynesian tertarik mencoba teknik pelangsingan ini? Selamat mencoba ya!