Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mencerahkan warna bibir, salah satunya adalah dengan penggunaan bahan alami.

1. Lemon

Air perasan lemon dikenal sangat efektif untuk mengatasi permasalahan noda pada kulit. Lemon juga sering digunakan untuk mengatasi noda hitam pada wajah, menghilangkan bekas jerawat, serta untuk mencerahkan kulit. Oleh karena itu, lemon juga dapat dimanfaatkan untuk mencerahkan bibir yang gelap.
source: http://weheartit.com/entry/207998331/search?context_type=search&context_user=natty_stojcic&query=lemon+juice
Air perasan lemon akan mengeksfoliasi kulit bibir dan membawa warna baru pada bibir. Peras lemon lalu aplikasikan air perasan pada bibir dan pijat perlahan. Kamu bisa menerapkan cara ini setiap malam sebelum tidur untuk mendapatkan bibir merah merona yang juga memiliki kesan glossy.

2. Gula

Butiran gula memiliki properti untuk mengelupaskan kulit sehingga dapat menghilangkan sel-sel kulit mati yang bewarna gelap. Campurkan dua sendok makan gula pasir dengan sedikit air untuk menghasilkan pasta kental.
source: http://weheartit.com/entry/82768122/search?context_type=search&context_user=mrsarkhipenko&page=3&query=lip+scrub+sugar
Campuran gula, madu, dan air perasan lemon juga bisa menjadi scrub yang efektif untuk mendapatkan kulit bibir yang halus dan cerah. Aplikasikan scrub pada bibir dan beri pijatan ringan dengan gerakan melingkar. Basuh dengan air hangat lalu aplikasikan lip balm atau lip gloss pilihanmu.

3. Madu

source: http://www.abc.net.au/news/2015-03-19/honey-dipper-dripping-with-honey/6332206
Madu merupakan bahan alami lainnya yang juga dapat digunakan untuk mencerahkan warna bibir. Oleskan madu ke seluruh permukaan bibir setiap malam, biarkan mengering dan bilas pada keesokan harinya. Tidak hanya membantu mencerahkan bibir, madu juga dapat melembutkan kulit bibir dan membuatnya menjadi merah merona.

4. Mentimun

source: http://blog.freepeople.com/2013/09/5-ways-moisturize-lips-fall/
Mentimun juga dikenal sebagai bahan pencerah kulit alami. Mentimun biasanya digunakan untuk mencerahkan kulit serta menghilangkan lingkaran hitam di area mata. Potong mentimun dan oleskan secara lembut pada permukaan bibir. Lakukan rutinitas ini pada saat sebelum tidur karena pada saat ini merupakan waktu terbaik bagi bibir untuk menyerap nutrisi dari mentimun.

5. Minyak Zaitun

source: http://www.boldsky.com/beauty/make-up-tips/2015/how-to-make-your-lips-look-pink-naturally-081057.html
Minyak zaitun memiliki kandungan bebrapa mineral penting, vitamin, serta nutrisi lainnya yang baik untuk kulit bibir. Aplikasikan minyak zaitun pada saat sebelum tidur untuk menghaluskan serta memberikan warna bibir yang cerah alami.
Selain penggunaan bahan-bahan alami, ada beberapa cara yang lebih praktis untuk mencerahkan warna bibir, yaitu dengan penggunaan produk tertentu.

6. Petroleum Jelly

source: http://vanitypal.com/shop/vaseline-new-pure-petroleum-jelly-original-for-lips-and-skin-care-tub-of-50ml-the-best-quality-fast-shipping-ship-worldwide-from-hengheng-shop/
Gunakan petroeum jelly secara rutin pada saat sebelum tidur. Kamu juga bisa gunakan petroleum jelly saat beraktivitas untuk melindungi bibir dari kondisi lingkungan yang keras, seperti udara dingin, sinar UV, ataupun angin.

7. Moisturizing Lip Balm

source: http://www.vampyvarnish.com/2013/02/burts-bees-body-lotion-hand-cream-lip-treatments-kokum-butter-review/s-bees-ultra-moisturizing-lip-treatment-and-ultra-conditioning-lip-balm/
Gunakan lip balm yang secara rutin setiap pagi untuk memberikan kelembaban yang cukup pada bibir. Kandungan yang terdapat di dalam lip balm juga menjadi faktor penting untuk diperhatikan. Pilihlah lip balm yang mengandung bahan pelembab seperti vaseline atau beeswax (cera alba), lanolin dan cocoa butter untuk melembutkan, melembabkan dan meindungi kulit bibir, serta sunscreen untuk melindungi dari paparan sinar matahari.
Selain rutin melakukan perawatan seperti yang disarankan di atas, pastikan juga untuk penuhi kebutuhan tubuh akan air agar terhindar dari dehidrasi. Bibir memiliki kulit yang tipis sehingga mudah mengering dan pecah-pecah. Tapi jika kamu minum air dengan jumlah yang cukup, maka dapat terhindar dari permasalahan ini dan bibir cerah alami mudah didapat.