Bisnis Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga artinya cuma bisa santai? Siapa bilang? Tugas ibu rumah tangga memang harus bangun lebih awal untuk menyiapkan kebutuhan suami dan anak anak, ditambah harus emasak, merapikan rumah, dan lain sebagainya. Tapi jangan remehkan pekerjaan ini. Dengan berada di rumah, para ibu bisa mendapatkan uang tambahan,lho. Apa saja sih pekerjaan sampingan yang cocok untuk ibu rumah tangga?

  1. Berjualan masakan rumahan. Para ibu pasti memasak, kan? Nah, ibu bisa menjual masakan tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Jadi tidak perlu dua kali kerja karena ibu bisa masak untuk keluarga sekaligus untuk dijual. Tidak perlu makanan yang susah kok. Puding, pasta, dan nasi goreng juga sudah baik untuk dijual. Soal pemasarannya, cukup titipkan di warung terdekat atau kantin sekolah anak. Kalau penjualannya ingin lebih luas, kamu bisa manfaatkan media sosial untuk memasarkannya.  
  2. Berjualan kreasi tangan. Pekerjaan ini cocok untuk ibu-ibu yang senang merajut, menjahit, atau menjalani hobi kreatif lainnya. Jangan remehkan hobi kamu ya, Ladies. Tas rajut buatan kamu bisa saja dijual dengan harga jutaan lho kalau memang kualitasnya unggul. Kenapa tidak mengisi waktu luang kita dengan berkreasi? Selain menyenangkan, bisa menghasilkan uang tambahan, para ibu pun semakin kreatif.
  3. Menjadi dropshipper atau resellerIni salah satu hal yang bisa ibu lakukan juga di rumah selagi senggang dan anak anak sedang dirumah. Apalagi saat ini banyak sekali bisnis online yang menawarkan kesempatan menjadi dropshipper atau reseller. Ditambah sudah banyak platform marketplace untuk menjualnya. Pastinya lebih mudah untuk mendapat penghasilan tambahan.
source: http://thehappydept.com/wp-content/uploads/2016/03/koki-rumah-yangc2a0pintar.jpg

Bisnis Sampingan untuk Mahasiswa

Jadi mahasiswa pasti ada saja kebutuhan tambahannya, dari mulai untuk mengerjakan tugas, biaya praktikum, kebutuhan organisasi, atau sekadar pergi hangout bersama teman. Tapi tidak enak kan kalau selalu minta uang ke orangtua? Nah, kamu bisa melakukan pekerjaan sampingan di waktu senggang atau akhir pekan.

  1. Freelance. Tentu saja ini pekerjaan yang tidak harus membuatmu keluar rumah. Kamu bisa menjadi freelance sesuai hobi. Seperti menulis artikel, copywriter, desain grafis, penerjemah, dan sebagainya. Kalau kamu tekun, pekerjaan ini bisa menambah daftar pengalaman kerjamu di CV saat lulus nanti. Menarik, kan?
  2. Bisnis Online. Saat menjadi mahasiswa biasanya kamu memiliki banyak ide dan jeli melihat peluang. Manfaatkan saja dengan menjalankan bisnis online sesuai minatmu. Misal, kamu memiliki minat dalam bidang fashion, kamu bisa berbisnis baju yang sesuai dengan gayamu dan memasarkannya secara online. Kalau kamu seorang hijaber, cobalah menyisihkan uang bulananmu untuk memulai bisnis kerudung.  
  3. Menjadi Dropshipper atau Reseller. Kamu tidak punya cukup modal untuk memulai bisnismu sendiri, atau kamu takut karena belum ada pengalaman? Kamu bisa memulai pekerjaan sampingan sebagai dropshipper atau reseller. Selain belajar marketing, kamu juga tidak harus mengeluarkan biaya yang besar. Kamu juga tidak perlu pusing pusing riset untuk produkmu, karena semua sudah tersedia.
source: https://digitalmarketer.id/wp-content/uploads/2015/03/Reseller-Headline-Baru.jpg
baca juga

Bisnis Sampingan untuk Karyawan

Sudah jadi karyawan dengan segudang tugas kerjaan dan masih harus bekerja untuk penghasilan tambahan? Eits, jangan pusing dulu. Kamu bisa melakukan pekerjaan sampingan ini dengan santai kok, apalagi kalau kamu punya banyak relasi di kantor, seperti pekerjaan sampingan ini

  1. Menjadi Broker properti. Lazim disebut makelar atau perantara. Memiliki banyak relasi sangat memudahkan kamu menjalani pekerjaan ini. Kamu bisa membantu memasarkan properti seperti rumah, tanah, apartemen, Tidak dipungkiri kan, rekomendasi dari teman lebih manjur daripada iklan. Apalagi kalau kamu orang yang mahir dalam bernegosiasi dan berkomunikasi. Jangan salah, menjadi broker properti membuatmu memiliki penghasilan tambahan yang cukup besar, lho.
  2. Investasi. Ini pilihan cerdas buat kamu. Daripada uang gajianmu tiap bulan habis untuk hal-hal yang tidak jelas, lebih baik investasikan saja. Kamu bisa memulai dengan saham, reksadana, hingga valuta asing. Selain mengasah kepekaan kamu terhadap perkembangan ekonomi, investasi seperti ini tidak jarang juga menghasilkan tambahan yang besar di kemudian hari. 
source: https://img.okezone.com/content/2017/07/31/278/1747145/10-saham-dengan-kapitalisasi-pasar-tertinggi-bca-dan-united-tractor-jadi-jawara-laba-tertinggi-rK2wmI01ps.jpg

Jadi, pekerjaan sampingan mana yang cocok dengan minat dan profesimu?