1. Duduk Terlalu Lama

Tahukah kamu bahwa posisi duduk memberi beban pada tulang punggungmu 40% lebih banyak dibandingkan saat berdiri? Apalagi jika sudah sibuk bekerja, biasanya seseorang akan cenderung duduk dengan postur yang tidak baik. Duduk selama 7-8 jam setiap hari saat bekerja berkontribusi besar menimbulkan sakit pada punggung yang kebanyakan menyerang pekerja kantoran.
source: http://macraerentals.com.au/sitting-much-negative-effects/
Pastikan kursi di kantormu dapat menyangga struktur punggungmu dengan baik. Pastikan punggung bagian bawahmu dalam posisi bersandar dan kepala tegak lurus menghadap ke depan. Sempatkan untuk jalan sebentar setiap setengah jam untuk mengambil air putih, menulis catatan, atau mencetak dokumen.

2. Malas Berolahraga

Riset membuktikan bahwa 40% orang yang menderita sakit punggung menjadi kurang aktif dalam berolahraga. Padahal hal ini bisa berakibat terbalik dan membuat proses penyembuhan semakin lama, bahkan membuat kondisi bertambah parah.
source: http://www.fitday.com/fitness-articles/nutrition/being-a-couch-potato-is-more-harmful-than-you-think.html
Penderita sakit punggung tentu akan mendapatkan manfaat dengan menggerakkan tubuh. Jalan kaki secara rutin juga dapat mengurangi kekakuan pada punggung. Kamu juga disarankan untuk melakukan stretching pada punggung dan pinggangmu.

3. Tak Mengenal Yoga

Yoga dapat memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh dan mengurangi stres. Penelitian membuktikan bahwa orang yang rutin melakukan yoga mengaku sakit punggungnya telah berkurang secara siginifikan. Ini karena yoga berfokus pada pernafasan, relaksasi, stretching, dan tumpuan sehingga membantu menyembuhkan sakit punggung yang disebabkan oleh struktur tulang punggung maupun emosional.
source: http://commonhealth.wbur.org/2011/10/good-news-for-yoga-and-for-your-back-pain
Ikuti kelas yoga secara teratur yang dipimpin oleh instruktur berpengalaman. Katakan bahwa kamu memiliki keluhan sakit pada punggung agar dia bisa memfokuskan latihan pada pose-pose yang dapat menyembuhkan sakit punggung.

4. Membawa Tas yang Terlalu Berat

Apakah kamu sering membawa tas yang diisi penuh dengan barang-barang? Jika kamu menggunakan tas jenis tote bag, ada kemungkinan bahumu menjadi tidak seimbang dan dapat menyebabkan perubahan pada struktur tulang punggung. Membawa tas yang berat setiap hari juga dapat membuat otot-otot pada punggungmu mudah lelah.
source: https://lawyerist.com/22735/dress-success-fashionable-professional-bags-women-lawyers/
Usahakan untuk membawa tas yang ringan dan isi dengan barang secukupnya. Asosiasi Chiropractic Amerika merekomendasikan untuk tidak membawa tas yang beratnya melebihi 10% dari berat badanmu. Kalau kamu membawa beban yang berat, bagi barang bawaanmu menjadi 2 tas dan bagi beban secara rata pada bahu kanan dan kirimu.

5. Memakai High Heel

Sandal dan sepatu high heel dapat menyebabkan kaki menjadi tidak stabil yang dapat mempengaruhi punggungmu. High heel akan membuat punggungmu menjadi melengkung sehingga otot-otot punggung bekerja lebih keras.
source: http://www.telegraph.co.uk/women/10095566/High-heels-hurt-after-just-one-hour.html
Bukan berarti kamu tak boleh mengenakan high heel sama sekali, namun hindari berjalan jauh dengan memakai high heel. Lebih baik gunakan sneakers atau flat shoes yang nyaman saat berangkat kerja dan ganti dengan high heel setibanya di kantor.

6. Kasur Terlalu Tua

Sudah tak ingat kapan terakhir kali kami mengganti kasurmu? Kasur yang terlalu keras atau bahkan terlalu empuk dapat menekan tulang punggung dan membuat sakit punggung bertambah parah. Lebih baik mengganti kasur setiap 5-7 tahun sekali untuk kualitas tidur yang nyaman bagi kesehatan punggungmu.
source: http://www.mirror.co.uk/news/uk-news/third-brits-homesick-halfway-through-6369136
Pilihlah kasur yang tidak terlalu empuk dan tidak terlalu keras. Jika kamu merasa posisi tidurmu kurang nyaman, tidurlah dalam keadaan terlentang dan letakkan bantal di bawah lututmu. Jika kamu tidur menghadap ke samping, jepit bantal di antara kedua kakimu, atau di bawah perut jika kamu tidur tengkurap.

7. Bersin Menghadap ke Samping

Bersin merupakan aktivitas yang terjadi dalam sekejap dan kecepatannya bisa mencapai 160 km/jam. Karena bersin di depan orang lain dianggap tidak sopan, beberapa orang cenderung menghadap ke samping saat bersin. Namun kecepatan bersin dapat menyebabkan nyeri pada sakit punggung jika dilakukan sambil menghadap ke samping.
source: http://hnstmoldinspections.com/our-services/allergen-testing/
Jika kamu terbiasa bersin sambil menghadap ke samping, usahakan untuk memutar seluruh badanmu agar tulang punggungmu tetap berada dalam keadaan lurus. Kamu juga bisa menutup mulut dengan kedua tangan atau tisu untuk menjaga etika saat bersin tanpa harus memutar badanmu.