Masakan Jawa Barat

Jawa Barat merupakan daerah pegunungan yang banyak menghasilkan berbagai jenis sayuran. Tak heran, kuliner dari daerah ini banyak menggunakan sayur-mayur. Masyarakat Jawa Barat lebih suka makan sayur muda yang masih mentah secara langsung dalam bentuk lalap mentah yang disantap bersama sambal. Ada pula sayuran mentah yang diolah yang terkenal dengan nama karedok.

Ciri lain masakan dari Jawa Barat adalah rasanyanya yang sedikit pedas dan asam. Rempah yang tak boleh ketinggalan adalah batang serai, daun salam dan lengkuas. Untuk lauk, masakan Sunda didominasi oleh ikan air tawar. Masakan biasanya dimasak dengan cara dikepul, dipanggang atau dikukus dengan dibungkus daun pisang. Makanan Jawa Barat yang terkenal antara lain: nasi timbel, nasi liwet, nasi tutug oncom, dan pepes. 

Masakan Jawa Tengah

Masakan di daerah ini banyak terpengaruh dari masakan nenek moyang yaitu di kerajaan kuno Yogyakarta dan Surakarta yang memiliki ciri khas manis dan tidak terlalu pedas. Cita rasa manis memang lebih disukai masyarakat Jawa Tengah ketimbang asin atau pedas. Masyarakat Jawa Tengan banyak menggunakan bawang putih sebagai bumbu dominan, sedikit gula merah dan rempah juga santan. Beberapa makanan yang populer dari Jawa Tengah antara lain adalah gudek, soto kudus, dan masakan bacem. Makana Jawa Tengah apa favorit kamu?

baca juga

Masakan Jawa Timur

Umumnya, masakan khas Jawa Timur memiliki cita rasa asin dan pedas. Masakan olahan masyarakat Jawa Timur banyak menggunakan terasi dan petis sebagai pemberi rasa pada masakan. Ciri lainnya dari masakan di daerah ini yaitu dimasak hingga benar-benar matang. Masakan Jawa Timur kebanyakan dimasak dengan cara dikukus, dibakar atau dipepes. Makanan paling khas dan populer dari Jawa Timur antara lain adalah rujak cingur, tahu campur, lodho ayam dan tahu tek. 

Dari deretan makanan khas Jawa Timur di atas adakah yang jadi favorit Ladies?