1. Yogurt

source: http://weheartit.com/entry/161964401/search?context_type=search&context_user=ohmahgawd__&query=plain+yogurt
Yogurt merupakan sumber probiotik terbaik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Probiotik merupakan salah satu solusi alami untuk mengatasi permasalahan sembelit. Jenis probiotik yang biasanya terkandung di dalam yogurt adalah Lactobacillus, Bifidobacterium, dan Sacchromyces. Namun tidak semua produk yogurt memiliki kandungan yang sama. Sebaiknya hindari yogurt yang mengandung banyak gula dan pilihlah plain yogurt karena memiliki sumber probiotik terbaik.

2. Brokoli

source: http://weheartit.com/entry/139503947/search?context_type=search&context_user=Julie_Evarts&query=raw+broccoli
Brokoli merupakan salah satu sayuran yang kaya akan kandungan serat. Sayuran satu ini memiliki kalori yang rendah serta merupakan sumber nutrisi yang baik. Mengonsumi brokoli mentah lebih disarankan jika ingin mendapatkan manfaat serat secara maksimal. Hal ini dikarenakan kandungan serat akan berkurang ketika dimasak. Namun jika lebih suka dengan cara dimasak cobalah untuk dikukus atau dipanggang untuk mencegah tambahan kalori.

3. Buah Buni (Berry)

source: http://weheartit.com/entry/207087807/search?context_type=search&context_user=Juue_xx&query=berries
Buah buni bisa menjadi pilihan lezat untuk mengatasi permasalahan sembelit. Buah buni seperti raspberry, blackberry, dan strawberry merupakan sumber serat yang baik. 100g strawberry segar mampu memberikan serat sebanyak 2 gram, sedangkan buah blackberry dengan jumlah yang sama dapat memberikan serat sebanyak 3,8 gram, sedangkan raspberry 4 gram. Buah buni juga rendah kalori, jadi semangkuk besar buah buni ditambah dengan low-fat whipped cream bisa menjadi pencuci mulut yang menyehatkan.

4. Popcorn

source: http://weheartit.com/entry/205996658/search?context_type=search&context_user=KiviNivi&page=8&query=popcorn
Air-popped popcorn merupakan pilihan yang tepat untuk snack kaya serat yang dapat membantu mengatasi sembelit. 24g air-popped popcorn mengandung serat kurang lebih sebanyak 3,5g, dan kalori kurang dari 100kal. Pilihlah plain popcorn tanpa mentega, karena kandungan lemak dalam mentega dapat menyebabkan sembelit.

5. Jeruk

source: http://weheartit.com/entry/205353105/search?context_type=search&context_user=jelena_kaic_1&page=2&query=oranges
Satu buah jeruk berukuran besar mengandung serat sebanyak 4 gram dengan hanya 86 kalori. Selain itu, buah sitrus mengandung flavonol yang disebut dengan naringenin, yang terbukti mampu berfungsi seperti bahan laksatif untuk membantu mengatasi sembelit.

6. Buah Kering

source: http://weheartit.com/entry/149363697/search?context_type=search&context_user=WonderlandsMagic&page=3&query=dried+fruit
Buah yang dikeringkan seperti kurma, buah ara, plum, apricot, dan kismis merupakan sumber serat baik lainnya yang juga bereperan untuk mengobati sembelit. Terutama untuk plum, tidak hanya kaya akan serat tetapi juga mengandung sorbitol yang berperan sebagai bahan laksatif alami. Sorbitol merupakan salah satu jenis karbohidrat dan memiliki struktur molekul yang mirip dengan gula. Serat tidak dicerna sehingga dapat mempertahankan kadar saat melewati usus. Air dapat melunakkan feses sehingga dapat membantu meringankan sembelit.

7. Kiwi

source: http://weheartit.com/entry/206923819/search?context_type=search&context_user=Nini_sweet&page=3&query=kiwi
Beberapa buah mengandung fruktosa, gula buah, yang dapat menjadi pemicu gas. Oleh karena itu, penting untuk memilih buah yang tinggi akan serat dan memiliki kadar gula yang rendah, agar tidak membuat perut kembung, seperti buah kiwi. 1 cup buah kiwi atau setara dengan 177g dapat memberikan serat sebanyak 5g, ditambah dengan nutrisi lainnya yang baik bagi tubuh, serta menambah kuota vitamin C harian sebanyak dua kali lipat.

8. Dark Chocolate

source: http://papalanigelato.com/is-chocolate-really-good-for-you/
Ada banyak manfaat kesehatan yang didapat dengan mengonsumsi dark chocolate. Tetapi tahukah kamu bahwa dark chocolate juga berguna dalam memerangi permasalahan sembelit? Dark chocolate kaya akan magnesium yang dapat membantu melemaskan otot-otot pada saluran pencernaan sehingga dapat memudahkan proses pembuagan. Pilihlah dark chocolate dengan kandungan minimal 72% kakao.

9. Ubi Jalar

source: http://www.doitdelicious.com/recipes/make_it/roasted_sweet_potato_coins
Ubi jalar memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membantu mencegah serta mengatasi permasalahan sembelit. Setiap 200g ubi jalar mengandung serat sebanyak 4g atau setara dengan sepersepuluh kebutuhan serat harian. Selain itu, ubi jalar juga merupakan sumber beta karoten yang baik, yang kemudian akan diubah menjadi vitamin A oleh tubuh.

10. Air Putih

source: http://www.webmd.com/diet/healthy-water-9/slideshow-water-health
Air menjadi salah satu elemen yang tidak dapat ditinggalkan jika permasalahan sembelit datang. Meminum air dalam jumlah yang cukup, serta dibarengi dengan konsumsi serat dan olahraga rutin merupakan faktor terpenting dalam mengatasi sembelit. Jika tubuh memiliki kadar air yang cukup maka jumlah air yang dikeluarkan dari usus besar lebih sedikit. Hal ini berguna agar feses dapat melewati usus besar dengan lebih mudah.