1. Rajin Memakai Tabir Surya

Tanda-tanda penuaan dini dapat berupa munculnya garis halus pada wajah dan juga kerutan-kerutan pada kulit. Hal ini bermula dari keadaan kulit yang kering dan kehilangan elasitisitas. Kulit yang elastis didukung oleh adanya jaringan kolagen. Sinar UV matahari yang menembus ke kulit dapat menjadi radikal bebas yang mampu merusak jaringan kolagen ini. Akibatnya, kulit kehilangan elastisitas dan mengering. Menggunakan tabir surya secara berkala mampu menangkal sinar UV sehingga tidak sampai menembus ke kulit.
source: http://www.amazon.com/Goddess-Garden-Natural-Sunscreen-Continuous/dp/B00BUCMYME

2. Menjaga Diri dari Stres

Ketika stres, tubuh memproduksi hormon kortisol secara berlebih yang dapat menganggu proses metabolisme tubuh. Hormon kortisol mampu merusak kemampuan kulit untuk menahan air dan menganggu sirkulasi darah ke kulit. Akibatnya, kulit akan semakin mudah mengering dan lama-kelamaan menyerupai kulit keriput karena kehilangan nutrisinya. Oleh sebab itu, hindari stres dan jalani pola hidup yang sehat.
source: http://www.rhkauffman.com/blog/2014/12/stress-separation-and-divorce.shtml

3. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Penuhi asupan nutrisi untuk kulitmu dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Keduanya adalah makanan yang kaya antioksidan yang sangat baik untuk tubuh dan kecantikan kulitmu. Antioksidan mampu melawan radikal bebas yang dapat merusak jaringan kolagen yang diperlukan oleh kulitmu untuk terlihat lebih segar.

4. Memakai Lotion Pelembab

Meskipu kulitmu tidak kering, tetaplah memakai lotion pelembab. Hal ini karena kelebaban kulit bisa hilang tanpa kita sadari, misalnya saat berada di ruangan ber-AC. Atau kamu bisa menggunakan minyak alami yang rendah efek samping.

5. Hindari Polusi

Asap kendaraan bermotor, asap rokok, dan asap pabrik adalah sumber radikal bebas yang dapat merusak kulitmu. Pakailah masker atau baju berlengan panjang untuk melindungi kulitmu agar tidak terpapar langsung radikal bebas tersebut.
source: http://edition.cnn.com/2014/05/01/health/time-bad-air/

6. Hindari Rokok dan Alkohol

Tahukah kamu bahwa wajah seorang pecandu rokok terkadang terlihat lebih tua dari usia sebenarnya? Hal ini dikarenakan rokok dan alkohol dapat menyerap kandungan air pada tubuhmu. Selain itu, keduanya dapat merusak proses aliran darah ke seluruh tubuh. Jika sirkulasi darah tidak lancar, maka makanan dan oksigen yang disalurkan ke kulit juga menjadi tidak lancar. Kulit yang kehilangan nutrisi akan menjadi kering dan pada akhirnya akan memunculkan tanda-tanda penuaan.

7. Istirahat yang Cukup

Kulit memerlukan proses peremajaan untuk dapat tetap sehat dan bercahaya. Proses peremajaan sel terjadi ketika kita tidur dalam keadaan gelap. Jika kamu kurang tidur dan memiliki kebiasaan begadang, sebaiknya kurangi mulai dari sekarang jika tidak ingin kulitmu mengalami penuaan dini.

8. Hindari Terlalu Banyak Mengonsumsi Gula

Kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat merusak jaringan kolagen. Akibatnya kulit akan mengendur dan juga kering. Konsumsi gula seperlunya untuk menghasilkan energi, namun jangan terlalu berlebihan.
source: http://www.healthoffered.com/why-we-eat-sweets-after-meal/

9. Rajin Minum Air

Air adalah kebutuhan vital makhluk hidup, tak terkecuali manusia. Sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Jika tubuh kekurangan asupan air, maka air yang disalurkan juga akan berkurang. Termasuk kulit yang kekurangan asupan air dapat kehilangan kelembabannya.

10. Olahraga Secara Teratur

Olahraga dapat memperlancar metabolisme dan sirkulasi darah. Sehingga, selain mampu membuang kotoran melalui keringat, olahraga juga dapat membuat kulit tetap sehat. Sempatkan diri untuk melakukan olahraga minimal dua kali dalam seminggu.
source: http://healthonabudget.com/what-is-green-exercise-and-why-it-is-important-to-our-well-being/