1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Setiap sel dalam tubuhmu membutuhkan vitamin D agar dapat berfungsi normal, termasuk sel-sel lemak. Tercukupinya kebutuhan vitamin D di dalam tubuh dapat membantu mengirim sinyal pada otak untuk membakar lemak, bukan menyimpannya. Kamu bisa mempercepat proses penurunan berat badan hingga 70% jika mencukupi kebutuhan gizi dan vitamin D yang dibutuhkan.
source: http://steptohealth.com/benefits-green-apples-empty-stomach/

2. Menjaga Fungsi Otot dan Tulang

Vitamin D membantu penyerapan kalsium pada tubuh, sehingga berpengaruh penting pada fungsi otot dan tulang. Apakah kamu merasa ototmu sering kram atau kejang? Coba tingkatkan asupan vitamin D pada tubuhmu agar dapat membantu menguatkan otot-otot sehingga mencegah terjadinya permasalahan pada otot. Kalsium yang dapat diserap dengan baik oleh tubuh juga dapat membantu agar tulangmu kuat dan mengurangi risiko terkena osteoporosis.
source: http://www.mydr.com.au/nutrition-weight/slideshow-10-reasons-you-need-enough-vitamin-d

3. Menjaga Kolesterol Baik Dalam Tubuh

Orang yang mencukupi kebutuhan vitamin D memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena tercukupinya kebutuhan vitamin D dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik sehingga dapat menjaga kesehatan jantung.
source: http://www.firstcoastcardio.com/6-ways-prevent-heart-disease/

4. Meningkatkan Penglihatan

Memasuki umur 50 tahun ke atas, mata kita akan mengalami penurunan kualitas penghlihatan yang menyebabkan pandangan menjadi buram. Penelitian yang diadakan oleh Women's Health Initiative membuktikan bahwa wanita yang tidak mencukupi kebutuhan vitamin D memiliki risiko lebih tinggi mengelami penurunan kualitas penglihatan saat mencapai usia 50 tahun ke atas.
source: https://www.morphemeremedies.com/15-amazing-health-benefits-of-babaco-fruit/

5. Mencegah Pra-Diabetes

Salah satu penyebab orang terkena diabetes adalah adanya perubahan metabolisme tubuh pada tubuh orang dewasa. Namun sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi vitamin D dapat membantu mencegah naiknya gula darah secara tiba-tiba yang dapat menjadi gejala awal diabetes.
source: http://www.womenshealthmag.com/health/prediabetes-and-cancer

Bagaimana Cara Mendapatkan Vitamin D?

Tubuh manusia dapat memproduksi vitamin D secara alami saat terpapar sinar matahari. Cobalah berjemur selama 10 menit di luar ruangan agar tubuhmu terkena sinar matahari pagi. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan asupan vitamin D dari suplemen maupun makanan seperti salmon, ikan sarden, kuning telur, dan udang. Vitamin D juga biasanya telah ditambahkan ke dalam beberapa jenis makanan seperti susu, cereal, yoghurt, dan jus jeruk.
source: http://www.webmd.com/food-recipes/ss/slideshow-vitamin-d-overview
Kebutuhan vitamin D harian bagi wanita dewasa berkisar antara 600-800 IU. Selain berjemur secara teratur, kamu juga bisa mengonsumsi snack seperti kacang almond, yoghurt, maupun pisang. Untuk menu dietmu, tambahkan makanan seperti tomat, ikan laut, dan telur untuk mencukupi kebutuhan vitamin D harianmu.

Waspada Kekurangan Vitamin D

Beberapa pola gaya hidup tidak sehat juga dapat menghalangimu untuk mendapatkan vitamin D yang cukup. Faktor-faktor tersebut meliputi polusi udara, menghabiskan waktu lebih banyak di dalam ruangan, bekerja di dalam kantor terus menerus, hingga tinggal di perkotaan yang dihalangi oleh gedung-gedung tinggi.
source: http://www.nutraingredients.com/Research/vitamin-d-deficiency-linked-to-atherosclerosis
Jika kamu tinggal di kota besar, usahakan untuk berjalan kaki di pagi hari selama beberapa saat agar tubuhmu mendapatkan sinar matahari yang cukup. Menggunakan sunscreen memang penting untuk kecantikan, tapi cukup gunakan sunscreen dengan SPF 30 untuk sehari-hari untuk melindungi kulitmu dari efek buruk sinar ultraviolet.

Selain itu perbanyak pula aktivitas di luar ruangan seperti berolahraga di pagi maupun sore hari. Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin D harian. Lebih baik penuhi kebutuhan vitamin D harianmu untuk mencegah berbagai penyakit yang kemungkinan datang menyerang di hari tua nanti.