1. Pir

source: https://www.pinterest.com/pin/513832638708030448/
Mengonsumsi buah pir sebagai bagian dari pola makan sehat dan seimbang dapat membantu memerangi permasalahan sembelit karena buah pir memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Tidak hanya dapat memperlancar buang air besar, buah yang manis dan segar ini juga merupakan sumber alami sorbitol. Sorbitol dikenal sebagai bahan pencahar yang bekerja dengan menambah kadar air di dalam usus sehingga dapat mengurangi permasalahan sembelit.

2. Pepaya

source: http://weheartit.com/entry/206191625/search?context_type=search&context_user=cassia_fiorani&query=papaya
Buah pepaya juga merupakan salah satu makanan yang disaranakan untuk dikonsumsi bagi mereka yang memiliki keluhan pencernaan, terutama sembelit. Pepaya merupakan salah satu sumber vitamin C terbaik yang juga dapat membantu melunakkan feses. Namun tidak hanya itu, papaya juga mengandung papain (enzim protease) serta sejumlah senyawa aktif lainnya yang terbukti dapat mencegah sembelit.

3. Kacang

source: http://weheartit.com/entry/206189753/search?context_type=search&context_user=szabadi_emma&query=walnut
Tidak hanya menjadi sumber serat yang baik, makanan jenis kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang kenari, kacang tanah, kacang kedelai dan kacang lainnya juga menjadi sumber magnesium yang menyehatkan. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Europian Journal of Clinical Nutrition, diet rendah magnesium juga dapat menjadi pemicu sembelit bagi mereka yang juga memiliki asupan serat yang relatif rendah.

4. Air Putih

source: http://weheartit.com/entry/206843734/search?context_type=search&context_user=lucialisanne&query=glass+of+water
Meskipun bukan termasuk makanan, air putih termasuk ke dalam daftar ini karena memang memiliki peran penting dalam mencegah sembelit. Air memiliki faktor yang sangat penting agar feses dapat bergerak melewati usus besar dengan mudah. Tugas utama usus besar adalah menyerap air. Oleh karena itu, jika tubuh mengalami dehidrasi feses akan mengeras dan sulit untuk melewati usus. Pastikan untuk penuhi kebutuhan air harian agar buang air besar tetap lancar.

5. Oatmeal

source: http://weheartit.com/entry/60661104/search?context_type=search&context_user=gvantsadezzy&query=oatmeal+ideas
Selain dapat menurunkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh, oatmeal juga dikenal sebagai makanan yang baik untuk mencegah terjadinya sembelit. Setiap 80g regular atau quick oatmeal yang disajikan dengan air mengandung 4g serat, atau setara dengan 16% kebutuhan serat per hari (25g). Kandungan serat di dalamnya terdiri dari 2g serat larut yang efektif untuk mencegah sembelit, serta 2g serat larut yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

6. Kopi

source: https://www.pinterest.com/pin/329255422736995223/
Kopi dapat menstimulasi saluran pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit. Sebuah studi menunjukkan bahwa dengan meminum kopi dapat merangsang pergerakan pada otot kolon dan mendorong gerakan peristaltik (kontraksi yang terkoordinasi dan relaksasi otot usus yang menyebabkan buang air besar) lebih cepat.

7. Apel

source: http://weheartit.com/entry/206806781/search?context_type=search&context_user=IzzyHeaven&page=2&query=apple+fruit
Selain tinggi kadar serat, apel juga mengandung asam organik dan juga kalium. Sebuah apel berukuran biasa yang dikonsumsi bersama kulitnya mampu memberikan serat kurang lebih sebanyak 3,3 gram. Kulit buah apel mengandung pektin, yang termasuk serat larut, berfungsi untuk memperlunak feses sehingga dapat mencegah terjadinya sembelit.

8. Lidah Buaya

source: http://weheartit.com/entry/75563025/search?context_type=search&context_user=victoria_tainn&query=aloe+vera+juice
Jus lidah buaya dapat berperan sebagai bahan pencahar alami yang efektif, membantu melunakkan feses. Selain itu, jus lidah buaya dapat membantu pencernaan protein, memperkuat otot-otot usus dalam tubuh, memperlancar buang air besar sehingga terhindar dari permasalahan sembelit.

9. Bayam

source: http://www.tablespoon.com/recipes/skinny-spinach-dip/57fe4e40-e936-4dcb-9ffd-226142bb8e1f
Bayam merupakan makanan yang sehat dan sayuran yang penting untuk dikonsumsi bagi mereka yang ingin terbebas dari sembelit. Bayam dinilai sebagai salah satu sayuran terbaik untuk saluran pencernaan, serta dianggap sangat efektif untuk membersihkan dan meregenerasi saluran usus. Kandungan magnesium di dalam bayam juga berperan penting untuk memperlancar buang air besar.

10. Okra

source: http://www.bbcgoodfood.com/glossary/okra
Kandungan serat di dalam okra memiliki kualitas unggul untuk menjaga kesehatan saluran gastrointestinal dan memberi makan bakteri baik. Serat okra menyerap air yang kemudian dapat membantu pergerakan feses di dalam usus lebih cepat sehingga mencegah terjadinya sembelit. Lendir okra juga membantu "melumasi" dan menenangkan saluran usus sehingga dapat mengurangi rasa sakit saat "pembuangan".