1. Gunakan Pelembap Setelah Mencuci Tangan

Terlalu seringnya tangan berinteraksi dengan air semisal ketika mencuci piring, baju, maupun tangan dapat membuat kulit tangan kita kering. Air dapat mengikis kelembapan alami pada kulit. Selain itu, bahan kandungan pada sabun atau detergen juga dapat membuat kulitmu kering, lho. Oleh sebab itu, rajinlah menggunakan lotion pelembap setelah selesai mencuci tangan maupun mencuci baju atau piring untuk menjaga kulitmu tetap lembap.
source: http://www.texaschildrensblog.org/2014/01/dry-itchy-hands-steps-to-improve-overall-skin-health/

2. Gunakan Produk Bebas Alkohol

Sabun mandi antibakteri terkadang mengandung bahan yang mampu mengiritasi kulit serta menghilangkan kelembapan kulit. Selain itu, hand sanitizer yang mengandung alkohol juga dapat membuat kulitmu kering. Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindari produk-produk tersebut. Sebagai gantinya, pilihlah sabun mandi yang melembapkan.

3. Gunakan Pelembap di Malam Hari

Tak hanya terbatas pada perawatan di siang hari, lengkapilah juga dengan membalurkan lotion ke tanganmu sebelum tidur. Di malam hari, frekeunsi mencuci tangan tidak sebanyak di siang hari sehingga krim pelembap akan lebih lama meresap ke kulit dan mudah bekerja. Selain pelembap, kamu juga bisa menggunakan minyak esensial alami seperti minyak zaitun. Selain melembapkan, minyak zaitun juga dapat membantu kulitmu melakukan peremajaan. Hal ini cocok dilakukan karena di malam hari seluruh sel-sel tubuh juga melakukan peremajaan, tak terkecuali kulit.

4. Memakai Sarung Tangan

Gunakan sarung tangan jika kamu akan mencuci piring atau melakukan hal lainnya yang akan membuat kulit tanganmu kotor. Ketika tanganmu kotor, kamu ingin mencucinya, bukan? Mencuci tangan dapat membuat kulit kering setelahnya. Jadi, sebisa mungkin kamu harus meminimalisir frekuensi mencuci tanganmu.
source: http://lionesse.net/secrets-to-a-long-lasting-manicure/

5. Memakai Tabir Surya

Tak hanya terbatas pada wajah, kamu juga bisa memakai tabir surya untuk melindungi tanganmu. Tangan yang terlalu banyak terpapar sinar matahari juga dapat menjadi keriput karena radikal bebas dari sinar ultraviolet tersebut. Selain itu, bintk hitam pada tanganmu juga disebabkan karena paparan sinar matahari, lho. Pilihlah tabir surya yang juga mengandung moisturizer agar selain terlindung dari matahari, kulitmu juga tetap lembap.
source: http://www.webmd.com/beauty/nails/ss/slideshow-manicure-guide

6. Melakukan Scrub Secara Teratur

Lakukan scrub tak hanya pada telapak kaki dan wajah, namun juga tangan. Hal ini bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit terlihat kusam. Kulit yang bebas dari sel-sel kulit mati akan tampak cerah dan bersinar. Lakukan dengan menggunakan gula dan minyak atsiri tanpa aroma (minyak atsiri beraroma pada sebagian orang dapat menimbulkan iritasi kulit). Lanjutkan dengan mengoleskan krim pelembap. Hal ini akan lebih baik jika dilakukan sebelum tidur.
source: http://makeyourlifehealthier.com/how-to-have-soft-hands-in-less-than-1-minute/

7. Metode Kecantikan

Kamu juga bisa memilih metode kecantikan seperti perawatan laser, derma filler, dan lainnya. Tak hanya terbatas untuk perbaikan kulit wajah, metode-metode tersebut juga dapat kamu jadikan alternatif untuk membuat kulitmu terlihat lebih muda.