Terkadang, karena hanya terfokus pada perawatan kulit wajah, orang justru melupakan perawatan untuk kulit sehari-hari. Salah satunya kulit tangan. Padahal perawatan kulit tangan tak kalah pentingnya dengan wajah. Kulit tangan yang kering dapat menimbulkan kesan kulit keriput sehingga terlihat lebih tua daripada usia sebenarnya. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh kebiasaan sehari-hari sebagai berikut.

1. Malas Menggunakan Tabir Surya

Menggunakan tabir surya sangat penting untuk kulitmu. Hampir segala gangguan kulit seperti garis halus, kerutan, flek hitam, kulit kering, dan bahkan iritasi disebabkan karena paparan sinar matahari. Sinar ultraviolet matahari mengandung radikal bebas yang dapat merusak jaringan kolagen pada kulitmu. Jaringan kolagen berfungsi menjaga kulit agar tetap kenyal dan terhidrasi dengan baik. Jika jaringan ini rusak karena paparan sinar matahari, maka kulitmu akan menjadi kering dan jika dibiarkan terus-menerus akan keriput. Oleh sebab itu, pakailah tabir surya secara berkala agar sinar matahari tidak sampai menembus kulitmu.

2. Terlalu Sering Mencuci Tangan

Mencuci tangan memang baik untuk menjaga penyebaran kuman dan bakteri. Namun, segala sesuatu yang berlebihan tentu saja tidak baik. Terlalu sering mencuci tangan justru dapat mengikis kelembapan alami kulitmu. Terlalu sering tanganmu berinteraksi dengan air, semakin mudah mengering. Selain itu, menggunakan sabun anti bakteri akan memperburuk keadaan tanganmu yang kering. Cucilah tangan hanya jika diperlukan saja.
source: http://era-soap.com.ua/en/washing-hands-improperly/

3. Malas Menggunakan Lotion

Tidak menggunakan lotion setelah mencuci tangan akan memperburuk keadaan kulit tangan. Lotion pelembap berfungsi untuk melembapkan kulit dengan cara mengunci kelembapan alami kulit itu sendiri. Kulit tangan yang telah dicuci namun tanpa diolesi lotion setelahnya akan semakin mengering.

4. Memakai Hand Sanitizer

Kandungan utama hand sanitizer ini adalah alkohol, yang mana alkohol sangat cepat sekali membuat kulitmu kering sehingga akan memunculkan kerutan-kerutan halus. Sebisa mungkin hindari pemakaian hand sanitizer, namun cucilah tangan dengan air. Namun ingat, jangan terlalu sering, ya, dan juga gunakan lotion setelahnya.
source: http://testtube.com/dnews/why-you-should-stop-using-hand-sanitizer

5. Tidak Memakai Sarung Tangan

Melewatkan sarung tangan ketika mencuci atau bersih-bersih juga akan membuat kulitmu kering. Bahan kandungan detergen pada sabun dapat mengikis kelembaban alami kulitmu. Oleh sebab itu, hindari kebiasaan terlalu lama merendam tanganmu di air dengan sabun pencuci tanpa menggunakan sarung tangan, ya.

6. Tidak Memerhatikan Pola Makan

Salah satu penyebab kulit kering dari dalam adalah asupan makanan. Makanan yang banyak mengandung garam akan menyerap air dalam tubuh sehingga membuat proses hidrasi menjadi terganggu, tak terkecuali pada tangan. Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin E dan antioksidan lainnya untuk menjaga kelembapan kulitmu. Hindari juga mengonsumsi makanan manis terlalu banyak karena dapat merusak jaringan kolagenmu.
source: http://slimsiesta.com/flexible-dieting/