Pelajari Hukum Pernikahan

Pernikahan adalah upacara pengikatan janji nikah yang dilaksanakan oleh dua orang dengan maksud meresmikan ikatan perkawinan secara norma agama, norma hukum, dan norma sosial.

Jika kalian merasa sudah yakin untuk menjalani hidup bersama pasangan dan tentunya dengan prinsip yang sama, selanjutnya kalian harus mempelajari hukum pernikahan baik secara negara maupun agama. Sehingga pernikahan yang kalian lakukan harus terbuka. Bukan berarti terbuka dengan harus melakukan pesta besar-besaran. Tetapi setidaknya kalian harus melakukan pernikahan secara terbuka sesuai hukum di Indonesia dan secara Agama.

Pikirkan Bagaimana Kalian akan Masuk di Dunia Baru

Menikah sama halnya dengan memiliki dunia baru, yakni mengizinkan seseorang masuk dan hidup bersama kita. Makna pernikahan adalah berupa bagaimana kita akan hidup bersama dengan orang lain dan tidak lagi sendiri. Sehingga banyak hal yang dilakukan dan masalah yang akan dipecahkan berdua. Selain itu, kalian juga harus bisa membagi dunia kalian sendiri seperti pekerjaan, dengan dunia bersama pasangan yakni keluarga.

baca juga

Pengetahuan Soal Seks dan Reproduksi

Tujuan pernikahan salah satunya adalah untuk memiliki anak atau membuat generasi baru. Tentunya hal ini akan berkaitan dengan persoalan seks. Sebelum menikah, hendaknya kalian mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan seks dan reproduksi yang sehat. Selain itu kalian juga harus memahami bahwa perihal seks adalah salah satu faktor yang akan meningkatkan keharmonisan rumah tangga kalian. 

Mengatur Keungan Rumah Tangga

Hal lain yang harus kalian pikirkan adalah persoalan keungan yang akan kalian jalani ketika berumah tangga. Kalian harus dapat mengatur uang yang akan digunakan untuk diri sendiri, untuk keluarga dan tentunya untuk masa depan. Cobalah bicarakan bersama pasangan dengan memunculkan ide-ide investasi sejak dini untuk mempersiapkan masa depan kalian bersama pasangan. 

baca juga

Skill Umum yang Dimiliki Pasangan

Sebagai istri ataupun pasangan kalian sebagai suami, hendaknya kalian saling memiliki setidaknya skill dasar untuk berumah tangga. Bagi istri, misalnya kalian harus bisa memasak meskipun hanya makanan yang sederhana. Sementara itu, bagi suami hendaknya bisa memperbaiki barang atau hal-hal kecil ketika ada kerusakan di rumah. 

Memahami Budaya Pasangan

Pernikahan merupakan persatuan budaya antara dua keluarga. Jika kamu dan pasanganmu memiliki budaya yang sama, mungkin kalian tidak perlu lagi mempelajari budaya pasangan kalian. Namun jika kalian memiliki budaya yang berbeda dengan pasangan dan keluarganya, wajib banget untuk kalian mempelajari budaya pasangan dan keluarganya ya!

Dewasa Secara Mental

Ini adalah hal paling penting yang harus kalian tau sebelum memulai pernikahan. Kalian tidak boleh hanya memikirkan kebahagiaan saja ketika akan memulai pernikahan, namun kalian harus memikirkan buruknya juga. Kalian akan didatangkan pada beberapa kesulitan ketika berumah tangga, sehingga kalian harus memiliki mental yang kuat dan dewasa untuk menjalankan kehidupan setelah pernikahan. Hal tersebut juga berlaku ketika kalian bertengkar dengan pasangan ya! Selesaikanlah secara sehat dan mental dewasa. 

So, itulah beberapa hal yang harus kalian perhatikan sebelum memulai pernikahan. Tidak perlu takut, hanya saja persiapkan diri kalian dengan baik. Begitu juga untuk meminta pasangan kalian bersiap diri. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian!