1. Radang

Radang atau pembengkakan bisa menjadi sumber berbagai penyakit, mulai penyakit jantung, kanker, hingga Alzheimer. Dengan melakukan yoga secara rutin 2 kali seminggu selama 2 bulan, pembengkakan pada pasien yang mengalami radang dinilai menurun sebanyak 25%. Hal ini dikarenakan yoga mampu mengurangi rasa stres yang kerap menjadi pemicu timbulnya radang. Rasa lelah dan kualitas tidur yang buruk juga dapat mengacaukan ritme tubuh, sehingga mengacaukan keseimbangan hormon dalam tubuh dan menyebabkan peradangan.

2. Depresi

Cobalah yoga untuk pemula yang menggabungkan teknik pernafasan dengan meditasi. Kombinasi keduanya akan membangkitkan sistem saraf parasimpatetik yang bersifat menenangkan pikiran. Depresi umumnya disebabkan oleh rasa cemas dan khawatir. Meditasi yoga akan membantumu menjadi lebih fokus dan mengurangi stres. Selain itu, yoga secara rutin juga dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik.
source: http://realwomanonline.com/beat-stress-pain-yoga-poses/

3. Penyakit Liver

Gangguan pada liver meliputi penyakit ringan hingga sindrom lemak hati yang parah. Yoga bisa menjaga agar livermu tetap sehat dengan mencoba berbagai pose dasar yang bertujuan meningkatkan sirkulasi darah pada daerah perut. Bridge pose dan cat pose adalah salah satu pose yang bagus untuk menjaga kesehatan liver.

4. Sakit Punggung

Banyak orang mengalami gangguan seperti sakit punggung, khususnya untuk pegawai kantor yang duduk sepanjang hari. Hal ini dapat membuat otot-otot punggungmu kaku dan menjadi sakit saat digerakkan. Bahkan jika sudah parah, tulang punggung harus dioperasi untuk mengembalikan postur tubuh ke posisi semula. Sebelum semua terlambat, praktekkan pose-pose yoga secara teratur yang dapat melemaskan otot-otot punggung dan menghilangkan rasa lelah yang telah menumpuk.

5. Migrain

Sakit kepala seperti migrain disebabkan karena aliran darah yang kurang lancar menuju otak. Yoga menyediakan banyak pose-pose yang bagus untuk meringankan sakit kepala dan melemaskan otot-otot leher hingga pundak. Cobalah pose seperti headstand yang dapat memperlancar aliran darah seketika menuju kepala.
source: http://www.wholeliving.com/147539/yoga-inversions-101

6. Gangguan Pencernaan

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang dialami banyak orang. Berbagai faktor bisa menjadi penyebabnya seperti metabolisme tubuh yang menurun, stres, masuk angin, hingga kurangnya serat. Jika kamu mengalami gangguan pada pencernaan, praktekkan pose-pose yoga yang dapat memperlancar aliran darah dalam tubuh secara keseluruhan dan mengeluarkan angin berlebih di dalam perutmu.

7. Tekanan Darah Tinggi

Penyakit yang satu ini bisa diderita 1 di antara 3 orang. Penyakit ini juga merupakan penyakit mematikan karena dapat meningkatkan resiko terkena stroke, gagal jantung, dan penyakit ginjal. Salah satu penyebab tekanan darah tinggi adalah gaya hidup yang menyebabkan stress. Yoga secara teratur dapat melatih sistem saraf simpatetik, melemaskan otot-otot dan pikiran, serta mengobati pemicu tekanan darah tinggi yang diakibatkan oleh stress. Pranayama, atau latihan pernafasan secara cepat juga dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan.

8. Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang tak dapat disembuhkan, namun yoga dapat meringankannya. Beberapa pose yoga seperti triangle pose dapat mengontrol kadar gula dalam darah agar lebih stabil.

9. Asma

Asma merupakan penyakit yang bisa disembuhkan dengan yoga. Kuncinya terletak pada latihan pernafasan secara teratur dan rutin untuk meringankan gejala saat asma datang menghampiri. Cobalah latihan pernafasan di alam terbuka saat pagi hari untuk merasakan manfaatnya.
source: http://eyogaguru.com/breathing-exercise-bhastrika-pranayama/

10. Nyeri Sendi

Otot-otot yang tegang maupun keseleo bisa menyebabkan nyeri pada persendian, misalnya pada lutut. Pose seperti twisted figure four dapat mengencangkan otot-otot di sekitar lututmu untuk mengurangi rasa nyeri.