Wajah

Aplikasikan foundation di punggung tangan sepanjang 1 cm, putar-putar dengan brush. Hal ini dilakukan agar ketika dipakaikan ke wajah, hasilnya lebih halus dan tidak terlalu tebal. Jika sudah, kamu bisa menambahkan liquid highlighter pada bagian hidung dan atas pipi serta dagu untuk meningkatkan tone wajah. Ratakan dengan tangan agar hasilnya lebih natural. Setelah selesai, gunakan cream concealer untuk menutupi lingkaran hitam di bawah mata. Ratakan dengan brush lalu tepuk ringan dengan jarimu untuk finishing yang sempurna. Lakukan hal yang sama untuk menutup noda hitam di area yang lain dan juga area di bawah hidung agar tidak kemerahan. Lalu gunakan face powder untuk melindungi area wajah yang rentan dipegang sehingga menyebabkan makeup mudah luntur.

Alis dan Mata

Gunakan eyebrow pencil dengan reddish brown shade untuk menggambar alismu. Lalu ratakan dengan brow mascara. Lakukan secara halus jangan sampai menyentuh kulitmu. Pada area cekung antara sudut mata dan hidung, serta bawah alis beri ash toned contouring eye shadow. Setelah rata, aplikasikan eye shadow lemon toned yellow beige shimmer pada bagian kelopak mata lalu lanjutkan dengan beige shadow glitters di bagian bawah mata untuk efek brightening. Tambahkan sentuhan eye shadow greenish grey shade pada lipatan kelopak mata. Pada sudut mata luar bagian bawah beri juga orange shaded brown eyeshadow. Lanjut dengan memberi eyeliner gel warna hitam mulai dari garis mata bagian dalam. Ciptakan garis pendek eyeliner pada bagian ujung luar dengan mengikuti garis mata bagian atas. Dengan brush yang berbeda, buat garis yang sama namun mengikuti garis mata bagian bawah sehingga 2 garis eyeliner pada sudut mata luar saling brpotongan. Untuk finishing, kamu bisa mengaplikasikan greenish grey shade eyeshadow pada bagian eyeliner yang tebal.
Lanjutkan dengan maskara dan penjepit bulu mata untuk mendapatkan bulu mata yang lentik. Jika perlu, gunakan bulu mata palsu. Tambahkan highlighter powder mulai dari area tengah dan bawah mata hingga tulang pipi. Jika kamu memiliki tulang pipi yang menonjol, cukup di bagian mata saja. Untuk contouring, gunakan ash brown shade with hint of red tone tanpa shimmer. Gunakan juga peach blusher tanpa shimmer untuk pipi yang merona.

Bibir

Tepuk-tepuk concealer pada pinggir bibir dengan tangan. Campurkan lip color warna orange mu dengan concealer untuk menciptakan shade warna orange yang lebih lembut. Jika sudah, mulailah dari bagian dalam bibir untuk memberi kesan gradasi.
youtube:-TXdEwPZA3w
source: https://www.youtube.com/watch?v=-TXdEwPZA3w&index=42&list=PLQ0f_g2mQlLfa9N8ETZKkuU1iqxnIHfJM
Pony's Beauty Diary - Sandara makeup (with English subs) 산다라박메이크업