Menghias kuku merupakan salah satu bagian dari tren kecantikan. Meski demikian, bagi wanita muslim, menghias kuku tidak bisa dilakukan setiap hari karena dapat mengganggu ibadah. Pewarna kuku yang digunakan dapat mengganggu jalannya air ketika akan melakukan wudhu sebelum beribadah solat. Namun kini telah hadir beberapa brand pewarna kuku yang bisa digunakan wanita muslim karena "water base". Saat digunakan, pewarna kuku ini tidak akan menyumbat kuku sehingga air tetap bisa menjangkau bagian terdalam.
source: http://www.editorchoice.com/beauty/choose-perfect-nail-polish-color/
Beberapa brand telah mengeluarkan kutek atau pewarna kuku dengan formula khusus. Kutek-kutek dari merek ini diklaim memiliki formula yang breathable, alias bisa ditembus oleh air sehingga tidak membatalkan wudhu dan sah untuk dipakai saat sedang sholat sekalipun.

Ini berarti kamu tak perlu lagi melunturkan warna kutek setiap kali akan sholat. Kamu juga bisa memakainya di luar periode menstruasi.

1. Inglot O2M Breathable Nail Enamel

Inglot merupakan sebuah merek yang berasal dari Polandia yang dikenal dengan konsep Freedom System miliknya. Inglot memperkenalkan O2M Breathable Nail Enamel yang diperuntukkan bagi pasar Timur Tengah. Formula kutek yang terbuat dari polimer berteknologi khusus ini diklaim dapat ditembus oleh air dan oksigen. Selain halal, produk ini juga dapat menjaga kondisi kuku saat kutek dipakai.
source: http://www.makeupandbeautyblog.com/product-reviews/inglot-o2m-nail-enamels/
Beberapa pengguna juga telah mengadakan eksperimen kecil-kecilan untuk melihat apakah air benar-benar dapat melewati kutek ini. Hasilnya? Kutek dari Inglot bisa ditembus oleh air asalkan pemakaiannya tidak berlebihan. Untuk hasil yang lebih baik, gosok-gosok kuku yang sudah diolesi kutek saat wudhu agar air dapat menembusnya.

2. Love Your Nails

Love Your Nails, atau disingkat LYN merupakan merek yang telah memiliki 28 shade yang telah memperoleh sertifikat Halal. Rahasianya adalah formula khusus yang disebut dengan CH2OLOR COMPLEX yang terbuat dari air dan berpori sehingga bisa dilewati oleh air. Kutek merek ini sudah tersedia di pasar Timur Tengah seperti Uni Emirat Arab dan India.
source: http://www.sheidafashionista.com/3/post/2015/06/love-your-nails.html
Keuntungan lain dari formula inovatif ini adalah kualitasnya yang tinggi dan cepat mengering. Selain itu mencegah kuku menjadi tidak sehat akibat kurangnya udara dan sinar matahari. Siapa yang tidak ingin kuku cantik dan sehat?

3. H By BCI

BCI Group memperkenalkan kutek yang sejalan dengan syariah Islam dan bahkan telah mengantongi sertifikat dari Perkumpulan Islam Al Iman. Kutek halal dari BCI Group dirilis sebanyak 6 shade dan sudah tersedia di salon-salon kecantikan di Timur Tengah.
source: http://www.abudhabiconfidential.ae/style-and-beauty/first-halal-certified-nail-polish-introduced-uae/
Merek ini menyediakan warna hitam, biru, gold, nude, merah, dan putih. Walaupun warna yang dikeluarkan merupakan warna-warna dasar, yang penting kamu bisa tampil cantik tanpa melupakan ibadahmu, kan?

4. Tuesday in Love

Menjual kutek yang menyehatkan kulit merupakan tujuan dari merek yang berasal dari Kanada ini. Dengan teknologi micro-pore yang digunakan, kutek dari Tuesday in Love dapat ditembus oleh molekul-molekul air sehingga tidak akan menyebabkan jamur pada kuku akibat pemakaian kutek yang terlalu lama.
source: http://eluxemagazine.com/beauty/tuesday-in-love/
Selain itu, kelebihan lain dari merek yang satu ini adalah formulanya yang bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya seperti formaldehida, toluena, DBP (dibutyl phthalate), alkohol, dan bebas animal testing. Perusahaan ini juga mendonasikan sebagian penjualannya untuk disumbangkan pada wanita yang menderita kemiskinan di negara-negara berkembang.
Nah, demikianlah 4 rekomendasi merek kutek halal yang wajib kamu coba. Apakah kamu sudah siap bergaya dengan kuku cantikmu?