BB Cream vs CC Cream

BB cream merupakan singkatan dari Beauty Balm atau Blemish Balm, yaitu krim yang menutupi noda-noda maupun ketidaksempurnaan pada wajah. BB cream pertama kali dipopulerkan di Asia dan mulai terkenal di Amerika dalam beberapa tahun terakhir. Sebelum BB cream keluar, tinted moisturizer atau foundation lebih terkenal di pasar Amerika. Namun, kini agak sulit menemukan tinted moisturizer maupun foundation keluaran terbaru karena banyaknya varian BB cream yang mendominasi pasaran.

BB cream sendiri diklaim lebih ringan dibandingkan foundation namun lebih berat dibandingkan tinted moisturizer. Bedanya, BB cream dilengkapi dengan kandungan bahan perawatan kulit seperti antioksidan dan SPF sehingga bisa merawat kulit sekaligus sambil mengenakan makeup.
source: http://paintingyoupretty.com/?p=1228
Sedangkan CC cream merupakan singkatan dari Color Correct, yaitu krim yang bekerja dengan cara mengoreksi warna kulit. CC cream bertujuan untuk mengurangi tone warna kemerahan pada wajah dengan formula yang lebih ringan dan lebih inovatif dibandingkan BB cream. Walaupun begitu, CC cream juga dilengkapi dengan kandungan bahan untuk perawatan kulit seperti BB cream. Bedanya, CC cream memberikan finishing yang lebih ringan dan tipis dibandingkan BB cream.

Mana yang Lebih Cocok?

Memilih BB cream atau CC cream bisa menjadi permasalahan yang sulit. Keduanya sama-sama berfungsi melembapkan kulit dan menutupi kekurangan pada wajah. Keduanya juga memiliki kandungan sunscreen hingga anti-aging yang dapat merawat kulit sambil menggunakan makeup. Bahkan, keduanya pun dapat bertahan lama hingga 12 jam. Jadi tak ada yang lebih baik maupun lebih buruk. Tapi, bisa jadi salah satunya lebih cocok untuk menjawab kebutuhan kulitmu.
source: http://blog.myfatpocket.com/beauty-affair/2013/06/etude-house-precious-mineral-bb-cream-cc-cream/
Oleh karena itu, ketahui lebih dulu kebutuhan kulitmu. Jika kamu memiliki kulit putih cenderung pucat, CC cream lebih cocok untuk hasil yang terlihat natural dan tidak membutuhkan banyak coverage. Formula dalam CC cream cocok untuk menyamarkan rona merah pada wajah dan membuat wajahmu tampak lebih cerah.

Bagi kamu yang memiliki kulit dengan warna lebih gelap dan berjerawat, BB cream lebih cocok untukmu yang ingin coverage lebih tebal. Selain itu, varian shade BB cream yang cukup banyak akan lebih cocok terhadap warna kulitmu.

Tips Memilih BB Cream

Hampir semua BB cream dapat berfungsi sebagai base makeup karena dapat membuat kulit terlihat lebih halus dan membuat warna kulit lebih merata. Namun pastikan BB cream yang kamu pakai juga dapat meminimalisir tampilan bekas jerawat, pori-pori wajah, garis-garis halus, dan kerutan pada wajahmu. BB cream juga dinilai lebih cocok untuk orang dengan kulit berjerawat dibandingkan CC cream, asalkan kamu memilih produk dengan oil-control yang bagus.
source: http://erikajjang.tumblr.com/post/85719510952/etude-house-precious-mineral-bb-cream-cotton-fit
Pastikan untuk mencoba lebih dulu BB cream yang akan kamu beli. Jangan sampai BB cream yang kamu beli hanya berfungsi tak dapat menunjukkan perbedaan yang signifikan pada wajahmu. Pastikan juga kamu membaca kandungan bahan-bahan dan seberapa besar SPF di dalamnya.

Kebanyakan wanita cenderung menggunakan BB cream secara tipis-tipis dan tidak menggunakan sunscreen sebelumnya. Walaupun BB cream yang kamu pakai mengandung SPF 50, tentu hasilnya kurang maksimal saat melindungi wajahmu dari paparan sinar matahari jika dioleskan tipis-tipis. Pastikan kamu memakai lapisan BB cream yang cukup untuk melindungi wajahmu.

Tips Memilih CC Cream

Memiliki kelebihan yang hampir sama dengan BB cream, CC cream dapat menyamarkan kemerahan dan noda-noda hitam pada wajahmu. Pilihlah CC cream yang cocok menjadi base makeup, melembapkan wajah, mengandung antioksidan, dan membuat kulitmu terlihat lebih sehat bercahaya.
source: http://www.askmewhats.com/2015/01/amw-reviews-bobbi-brown-skin-weightless.html
Pastikan kamu memilih tone warna yang sesuai dengan jenis kulitmu untuk hasil yang natural. Kebanyakan CC cream memiliki finishing yang cenderung putih, jadi kamu harus berhati-hati saat memilih warna yang sesuai. JIka CC cream yang kamu pakai terlihat cakey dan menggumpal, berarti CC cream yang kamu pilih tidak cocok dengan kondisi kulit maupun warna kulitmu.

Kesimpulan

Baik BB cream maupun CC cream tak dapat membuatmu terlihat seperti remaja berumur belasan tahun. Kedua krim ini memang bertujuan untuk menyamarkan ketidaksempurnaan pada kulit wajahmu, namun tak bisa memberi coverage secara sempurna. Jika kamu mencari krim yang bisa memberikan coverage secara penuh, campurkan BB cream maupun CC cream yang kamu gunakan dengan concealer dan tumpuk dengan foundation di atasnya.
Jadi, apakah kamu sudah tahu mana yang lebih cocok untuk kulitmu?