Menggunakan Air yang Terlalu Panas Saat Keramas

source: http://www.naturallycurly.com/curlreading/wavy-hair-type-2/how-to-wash-your-hair-hot-or-cold/
Air yang terlalu panas dapat membuat kulit kepala serta rambut mengering lebih cepat. Oleh karena itu, lebih disarankan untuk menggunakan air hangat atau suam-suam kuku. Air hangat dapat membuka kutikula rambut agar sampo dan conditioner dapat bekerja dengan baik, sementara air dingin membantu menutup kutikula rambut dan menyegel kelembaban yang didapat dari kondisioner. Hal inilah yang kemudian dapat membuat rambut terlihat sehat berkilau. Jadi, boleh menggunakan air hangat saat keramas, namun sedapat mungkin gunakan air dingin pada saat membilas.

Penggunaan Air yang Kurang

Mungkin masih banyak wanita yang melakukan kesalahan dengan tidak memberikan waktu yang cukup untuk membasahi rambut sebelum menggunakan sampo. Berhemat dalam menggunakan air memang hal yang baik, tetapi kurang membasahi rambut sebelum mencuci rambut merupakan hal yang tidak disarankan dalam cara mencuci rambut yang benar. Biarkan rambut berada di bawah pancuran air selama kurang lebih 1 menit hingga 2 menit. Hal ini dapat memaksimalkan kerja sampo dan juga kondisioner pada rambut.

Terlalu Sering Mengganti Produk Sampo

source: http://weheartit.com/entry/43006959/tag/shampoos?context_user=Tendrement&page=2
Beberapa orang mungkin mengira dengan mengganti produk sampo yang digunakan dapat membuat rambut tampak lebih sehat. Namun sebenarnya para ahli mengatakan yang sebaliknya. Disarankan untuk tetap bertahan menggunakan satu produk sampo saja jika memang sudah cocok. Beberapa wanita merasakan bahwa sampo yang digunakan menjadi kurang efektif setelah beberapa bulan. Namun hal ini bukan disebabkan oleh produk tersebut. Biasanya produk perawatan rambut bekerja dengan baik di saat atau cuaca tertentu karena tekstur rambut yang juga berubah seiring dengan pergantian cuaca.

Asal Menggosok Rambut

Jangan hanya menggosok rambut dengan sampo secara asal. Gunakan ujung jari untuk memijat kulit kepala dengan gerakan memutar, dimulai dari atas kepala hingga ke bagian tengkuk. Memijat tidak akan membuat busa lebih banyak tapi justru dapat membuat kegiatan mencuci rambut lebih efektif. Hal ini juga dapat membantu menstimulasi kulit kepala sehingga rambut tumbuh lebih sehat dalam jangka waktu yang cukup lama.

Terlalu Banyak Menggunakan Sampo

source: http://coucoujolie.com/index.php/2015/09/24/how-much-product-should-i-be-using/
Semakin banyak busa, semakin bersih rambut? Nope! Semakin banyak busa yang keluar bukan berarti bahwa sampo bekerja dengan baik dalam membersihkan rambut. Sebaliknya, terlalu banyak busa dapat menghalangi sampo untuk melakukan pembersihan secara mendalam. Oleh karena itu, gunakan sampo secukupnya pada saat keramas.

Penggunaan Sampo dan Konditioner yang Kurang Tepat

Sebenarnya sampo dan conditioner memiliki masing-masing area yang perlu ditangani. Sebaiknya konsentrasikan sampo pada akar rambut, yaitu sekitar kulit kepala, tidak harus diratakan ke seluruh area rambut. Sedangkan kondisioner sebaiknya diaplikasikan pada pertengahan hingga ujung rambut. Ujung rambut biasanya merupakan bagian rambut yang paling tua dan paling kering sehingga membutuhkan kelembaban lebih tinggi. Menerapkan kondisioner pada bagian akar akan membuat rambut berminyak. Oleh karena itu, hal yang perlu diingat adalah sampo pada akar, kondisioner untuk ujung rambut.

Keramas Setiap Hari

source: http://youqueen.com/beauty/hair/hair-breakage-5-causes-5-solutions/
Beberapa pakar rambut menyarankan untuk melakukan keramas setidaknya 2 hingga 3 hari sekali. Hal ini merupakan saran yang baik, tetapi bukan berarti aturan yang harus benar-benar dijalani. Keramaslah jika memang dirasa perlu, karena yang paling mengetahui kondisi rambut seseorang hanyalah dirinya sendiri. Jika kulit kepala terasa berminyak, kamu bisa mencuci rambut tanpa keesokan harinya, atau dua hari setelahnya. Tetapi ingat, jangan menunggu waktu hingga seminggu untuk mencuci rambut. Terutama pada saat cuaca panas produksi keringat akan meningkat sehingga kotoran menumpuk pada kulit kepala dan dapat mengganggu kesehatan rambut.