Diabetes mellitus adalah penyakit yang terjadi karena kadar gula dalam darah meningkat akibat sistem metabolisme yang terganggu. Hal ini terjadi karena pankreas tidak mampu menghasilkan hormon insulin yang cukup untuk mengatur kadar gula dalam darah. Penyakit ini banyak disebabkan karena gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat. Oleh sebab itu, sebelum terjangkit penyakit ini, aturlah gaya hidup dan pola makanmu sesehat mungkin dan hindari hal-hal yang dapat memicu gejala penyakit diabetes mellitus mulai dari sekarang. Adapun beberapa bahan alami yang dapat kamu konsumsi untuk melakukan pencegahan yaitu sebagai berikut.

1. Kunyit

Bumbu dapur yang satu ini selain dipakai untuk penyedap masakan, dapat juga digunakan untuk mencegah diabetes. Kunyit mengandung zat anti peradangan, antioksidan, serta kurkumin (zat yang memberi warna orange pada kunyit) yang dapat menjadi agen anti infeksi. Kurkumin tak hanya dapat meningkatkan nafsu makan, namun juga dapat melawan sel-sel kanker. Studi menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi kunyit dalam dosis tertentu mampu mengalami penurunan risiko diabetes tipe 2.
source: http://makassar.tribunnews.com/2015/08/26/berkat-kunyit-wajah-cepat-cerah-rambut-tak-rontok-lagi-begini-caranya

2. Jahe

Umbi akar yang satu ini sudah dikenal luas sebagai obat herbal di Asia, terutama India selama berabad-abad yang lalu. Jahe memiliki sifat anti inflamasi, sehingga berpotensi mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Tak hanya itu, jahe merupakan obat herbal alami untuk melawan diabetes dan menurunkan lemak yang tinggi dalam darah serta berpotensi untuk menurunkan berat badan. Jahe mampu menurunkan gula darah dan kolesterol. Mengonsumsi jahe dapat menurunkan risiko terjangkit diabetes tipe 2, sama seperti kunyit.
source: http://www.herbalremediesadvice.org/health-benefits-of-ginger.html
Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Plant Foods for Human Nutrition menyebutkan bahwa pasien penderita diabetes yang mengonsumsi 3 gram jahe bubuk perhari selama 30 hari mengalami penurunan signifikan terhadap gula darah dan kolesterol.
In a separate study, published in Plant Foods for Human Nutrition, diabetic patients who consumed 3 grams of dry ginger powder in divided doses for 30 days experienced a significant reduction in blood glucose (17%), triglyceride (9%), total cholesterol (8%), LDL (12%), and VLDL cholesterol (9%).
source: http://www.prevention.com/health/herbs-and-spices-natural-diabetes-remedies

3. Bawang Putih

Di Indonesia, bawang putih sendiri sudah banyak dikonsumsi sebagai bumbu masakan, walaupun beberapa kurang suka karena baunya yang sangat menyengat. Namun, dibalik itu, ternyata bumbu masak yang satu ini memiliki khasiat yang tak terduga. Bawang putih memiliki sifat anti inflamasi yang sangat kuat dan menekan pertumbuhan sitokin yang memicu adanya diabetes karena sitokin ini mampu mengganggu kinerja pankreas untuk menghasilkan hormon insulin. Selain itu, bawang putih juga mampu menurunkan kadar gula dan lemak dalam darah. Gunakan bawang yang segar daripada yang berupa bubuk, untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik.
source: http://www.poconogarlic.com/food-vendors.html

4. Adas Sowa

Adas Sowa digunakan untuk bumbu dapur. Tanaman ini dapat kita jumpai di Pulau Jawa. Kamu bisa mengonsumsinya dicampur dengan ikan, telur, dan jamur. Rempah yang satu ini sebenarnya berasal dari Timur Tengah dan Rusia. Pada awalnya, bumbu dapur yang satu ini dimanfatakan untuk menstimulasi produksi susu pada wanita. Adas sowa mengandung 70 zat yang dapat melawan diabetes.
source: http://www.5adayfruits.co.uk/produce.php?gid=3

5. Jintan Putih

Rempah-rempah yang satu ini sudah lumayan dikenal umum untuk masakan Indonesia. Jintan putih tak hanya digunakan untuk menambahkan aroma tertentu pada masakan, namun juga mampu menurunkan gula darah dan juga kolesterol. Jintan putih juga memiliki manfaat yang baik dalam menghambat pertumbuhan AGEs (advanced glycation end products), yaitu substansi yang sangat merugikan karena berpotensi memperburuk diabetes.
source: http://www.tablespoon.com/posts/spicy-sunday-what-is-cumin/d052e975-5fdf-440f-8318-1eaede2ab519

6. Chamomile

Apakah kamu salah satu yang suka meminum teh chamomile? Kabar gembira untuk kamu yang biasa mengonsumsinya. Chamomile tak hanya dapat mengatasi jerawat, namun juga mampu menurunkan kadar gula dalam darah dan mencegah komplikasi diabetes dengan cara menarik konsentrasi gula dari darah dan menyimpannya sebagai cadangan di hati.
source: http://www.herbalteasonline.com/chamomile-tea.php

7. Daun Sage

Sage kaya akan berbagai macam antioksidan yang mampu melawan diabetes. Sage juga memiliki aroma yang bersifat menenangkan sehingga digunakan sebagai bahan campuran untuk menyeduh teh.
source: http://gallerygogopix.net/sage+leaves
Banyak sekali bahan herbal dan rempah-rempah yang dapat kamu manfaatkan untuk mencegah penyakit diabetes, ya. Namun, kamu juga harus memperhatikan asupan nutrisimu, dengan menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat.