Mungkin kamu atau orang di sekitarmu pernah mengalami gejala penyakit tertentu, dan ketika telah melalui gejala tes medis dan sebagainya, ternyata telah mengidap penyakit serius. Sebenarnya, penyakit ini tentu saja tidak datang tiba-tiba. Beberapa waktu sebelumnya pasti telah memperlihatkan tanda-tanda tertentu , tentu saja sebelum mengeluarkan tanda-tanda yang serius. Biasanya tanda ini bersifat sepele sehingga sering kali kurang diperhatikan. Berikut tanda-tanda ketika tubuhmu mengalami gangguan kesehatan.

1. Gigi Bermasalah

Adanya masalah pada mulut misalnya bau mulut yang disebabkan karena gigi berlubang atau gigi yang membusuk memang harus segera diatasi. Namun, tahukah kamu bahwa pembusukan pada gigi dapat juga diakibatkan adanya gangguan pada lambungmu? Asam lambung yang naik ke atas rongga perut dapat menembus ke esofagus. Dari sini gas asam akan diteruskan ke rongga mulut yang mengakibatkan kerusakan lapisan enamel gigi sehingga gigi akan mulai keropos.
source: http://www.cintamela.com/inilah-penyebab-sakit-pada-dada-secara-tiba-tiba/
Namun karena dianggap masalah gigi yang biasa, orang sering mengabaikannya. Biasanya ini terjadi pada gigi bagian dalam yang dekat dengan tenggorokan. Masalah asam lambung berlebih jika tidak ditangani selain menimbulkan pembusukan gigi, juga dapat memicu kanker esofagus.

2. Indera Penciuman Kurang Berfungsi Dengan baik

Seorang dewasa yang tidak dapat membedakan aroma pisang, kayu manis, lemon, perlu waspada karena ini bisa menjadi tanda awal munculnya penyakit parkinson, yaitu terjadinya kerusakan sel pada bagian otak yang memproduksi dopamin. Senyawa ini bertugas mengkoordinasikan gerakan tubuh, sehingga jika mengalami defisiensi, tubuh bisa mengalami gemetar dan masalah keseimbangan.
source: http://www.playbuzz.com/thelaststraw10/which-color-fairy-are-you
Penelitian pada Annals of Neurology pada tahun 2008 menyebutkan bahwa salah satu area otak yang bisa mendapat dampak dari Parkinson ini adalah area otak yang mengontrol indera penciuman.

3. Marah Tanpa Sebab

Jika seorang wanita sering marah tanpa sebab yang jelas, bisa jadi diakibatkan dia sedang mengalami sindrom prahaid. Namun hal itu tidak selamanya benar karena bisa jadi sseseorang mudah marah karena mengalami masalah yang lebih serius, yaitu depresi.
source: http://blog.instanoapp.com/2015/07/03/for-your-convenience/
Depresi tak hanya dialami oleh wanita namun juga pria. Oleh sebab itu, jika orang terdekatmu akhir-akhir ini mudah marah sedangkan itu bukan karakter yang sesungguhnya, kamu perlu waspada. Depresi memang bukan penyakit fisik namun dampak yang ditimbulkan dapat berupa fisik misalnya gangguan kesehatan seperti ketidakseimbangan hormon dan sebagainya.

4. Tidur Mendengkur

Apakah kamu salah satunya? Mendengkur tak hanya merupakan gejala dari sleep apnea, namun bisa jadi itu menandakan adanya penyakit yang lebih serius seperti penyakit jantung dan kardiovaskuler. Mendengkur dapat menyebabkan terjadinya penebalan arteri karotis pada leher, sehingga menganggu suplai darah ke otak. Hal ini dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Pembuluh darah bereaksi terhadap adanya getaran dari aktivitas mendengkur itu tadi, karena pembuluh darah tersebut lokasinya dekat dengan tenggorokan.
source: http://www.dailymail.co.uk/health/article-1205636/Nice-girls-DO-snore--cure.html

5. Mudah Lupa Akan Hal Sepele

Jangan sepelekan gejala penyakit ini. Mungkin jika kamu melupakan sesuatu misalnya nama orang dan hal kecil lainnya, kamu akan berpikir itu adalah hal wajar karena kelelahan. Jika memang ini penyebabnya, tentu tidak masalah.
source: http://thequietconcert.blogspot.co.id/2013/10/thoughts-for-thursday-3-whats-your-name.html
Lupa akan hal kecil bisa menjadi indikasi gejala hipotiroidisme, yaitu menurunnya kemampuan kelenjar tiroid untuk memproduksi hormon tiroid. Hipotiroidisme dapat menimbulkan gejala depresi, kram otot, dan kepucatan.

6. Sudut Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Sudut bibir kering tak hanya menimbulkan rasa perih dan sensasi terbakar pada mulut. Jika tidak segera ditangani, gejala ini akan menyebabkan infeksi sehingga akan menyusahkanmu makan, minum, dan bahkan berbicara. Ini menandakan tubuhmu sedang kekurangan vitamin B dan zat besi.
source: http://www.tipsciamik.com/2015/07/5-cara-mengobati-luka-pada-sudut-bibir.html

7. Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Ini adalah masalah yang sering dialami wanita karena dapat mengganggu penampilan mereka. Biasanya hal ini dianggap sebagai gejala stres dan kurang tidur, namun bisa juga karena alergi dan sering menggosok mata karena gatal. Oleh sebab itu, hindari kebiasaan ini, ya.

8. Penipisan Rambut

Sebaiknya jangan menyepelekan gejala rambut rontok karena jika dibiarkan akan mengacu pada kebotakan. Rambut rontok dapat menjadi sinyal bahwa tubuhmu kekurangan zat besi. Oleh sebab itu, sebelum terlambat, lebih baik penuhi asupan zat besi untuk tubuhmu.

9. Susah tidur

Susah tidur dapat menjadi gejala awal munculnya penyakit yang sangat serius seperti depresi dan stres berat. Stres mampu mempengaruhi kinerja otak sehingga dapat mengganggu keseimbangan metabolisme dalam tubuh. Tidurlah yang cukup dan jangan terlalu khawatir atau memikirkan terlalu dalam akan suatu hal tertentu.