1. Makan Tomat Secara Rutin

Tomat mengandung likopen yang dapat mencegah jerawat membandel. Masukkan tomat ke dalam menu makananmu 3-5 kali selama seminggu untuk kulit cerah dari dalam. Kandungan phytochemical dalam likopen juga melindungi kulit dari radiasi UV dan mengandung antioksidan.
source: http://www.zliving.com/beauty/skincare/gallery/detox-diet-post-holiday-season-skincare-blues-31306/

2. Sering Minum Teh Hijau

Selain tinggi antioksidan, teh hijau juga bekerja melawan jerawat dengan menurunkan kadar hormon pemicu jerawat dalam tubuh. Minumlah teh hijau 5-7 gelas sehari untuk mendapatkan kulit cantik bebas jerawat.

3. Scrub Wajah 2 Kali dalam Seminggu

Terkadang kulit yang cerah bisa tertutup oleh sel-sel kulit mati yang tidak terangkat. Lakukan scrub wajah 2 kali dalam seminggu untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk dan menyebabkan wajahmu terlihat kusam. Gunakan gentle exfoliator jika kamu memiliki kulit sensitif agar tidak terjadi iritasi pada wajah.

4. Gunakan Face Mask Secara Rutin

Masker khusus wajah dapat memberikan kelembapan secara ekstra dengan kandungan serum di dalamnya. Kamu juga bisa menggunakan masker berupa sheet mask atau wash-off mask yang sesuai dengan jenis kulitmu. Lakukan 2-3 kali seminggu untuk hasil yang sempurna.
source: https://intothegloss.com/2015/02/sheet-mask-jawline/

5. Basuh Wajah Dengan Air Kelapa Muda

Membilas wajah dengan air kelapa muda setelah beraktivitas di luar ruangan dapat mencegah kulit terbakar dan membuat wajahmu terasa lebih segar. Air kelapa muda juga bisa menghilangkan komedo dan mempercantik kulitmu, lho.

6. Gunakan Soothing Aloe Vera Gel

Aloe vera memiliki kandungan anthraquinone yang juga dapat mencerahkan kulit dengan mengangkat lapisan teratas pada sel-sel kulit. Usapkan aloe vera pada seluruh tubuhmu setelah pulang kerja dan biarkan hingga 20 menit, kemudian bilas. Kamu akan merasa lebih tenang dan kulit terasa lebih segar setelahnya.

7. Perhatikan Kandungan Pada Sunblock

Memakai sunblock penting untuk mencegah agar kulit tidak terbakar dan menjadi lebih gelap. Tapi perhatikan kandungan pada sunblock yang kamu pakai. Pastikan sunblock tersebut mengandung zinc oxide dan titanium oxide untuk perlindungan kulit secara maksimal.
source: http://selfbeautytips.com/get-rid-suntan/

8. Sering Minum Air Putih dan Jus Jeruk

Jagalah kelembapan kulit dari luar dengan minum air putih secara teratur. Sesekali minum pula jus jeruk atau jus jeruk nipis tanpa gula. Kandungan vitamin C di dalamnya baik untuk mencerahkan kulitmu dari dalam.

9. Jangan Takut Minum Susu

Banyak wanita takut minum susu karena tidak ingin bertambah gemuk. Tapi untuk mendapatkan kulit yang cerah, Beautynesian jangan takut minum susu karena susu mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan oleh kulit. Cobalah minum susu rendah lemak untuk opsi yang lebih sehat.

10. Manfaatkan Bahan-Bahan Alami

Kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di kulkas untuk membuat masker alami sendiri. Misalnya yogurt, madu, ketimun, pisang, pepaya, dan buah-buahan lain yang kamu sukai. Mengonsumsi sekaligus memakai bahan-bahan tersebut sebagai masker bisa membuat kulitmu cerah dengan lebih cepat.
source: http://www.greenlivingbees.com/natural-beauty-treatment-fruits-for-facial-mask/#sthash.VEcTsQlm.dpbs
Jangan hanya merawat kulit dari luar, tapi konsumsi juga buah-buahan dan sayuran secara teratur untuk kulit yang cerah. Imbangi pula dengan olahraga teratur agar peredaran darah di dalam tubuh lancar dan kulit terlihat bercahaya dari dalam. Semoga tips ini berhasil!