Bahu merupakan bagian vital yang harus dilatih saat membentuk tubuh bagian atas. Melatih bahu agar lebih kencang juga bisa menjadi tips agar kamu terlihat lebih seksi saat mengenakan gaun dengan bahu terekspos. Gerakan-gerakan di bawah ini berfokus untuk membentuk serta mengencangkan otot-otot di sekitar bahumu.
Cukup ambil barbel seberat 1.5 - 2.5 kg untuk menemanimu berolahraga dan ulangi gerakan-gerakan ini sebanyak 2-8 set sehari utuk hasil yang efektif. 1 set gerakan terdiri dari 12 kali.

Plank Walk

Mulailah dengan posisi push-up dan rentangkan tangan lurus selebar bahu. Usahakan agar posisi tubuh lurus dari kepala hingga kaki. Geser tangan kiri ke depan 1 langkah, kemudian diikuti dengan tangan kanan. Kembali ke posisi semula dimulai dengan tangan kiri, kemudian ikuti dengan tangan kanan. Gerakan ini dihitung 1 kali saat kedua tanganmu sudah kembali ke posisi semula.
source: http://gethealthyu.com/perfect-your-plank-and-get-stronger/

Split Side Raise

Pegang kedua barbel di tangan kanan dan kiri, kaki kiri selangkah lebih maju dan tekuk kaki kiri sedikit. Bungkukkan badan sedikit dan biarkan tangan kiri menggantung menghadap bawah. Angkat tangan kanan ke samping hingga sejajar dengan bahu, arahkan barbel ke arah bawah. Tahan sebentar, kemudian letakkan tangan kanan dan ulangi beberapa set baru kemudian ganti dengan sisi satunya.
source: http://www.active.com/fitness/articles/3-exercises-for-strong-sexy-shoulders?page=2

Diagonal Front Lift

Mulailah dengan posisi berdiri dan buka kaki selebar bahu. Pegang barbel pada kedua tanganmu dengan posisi telapak tangan menghadap ke depan. Angkat tangan kiri ke depan perlahan-lahan hingga pergelangan tanganmu berada persis di tengah pandanganmu. Tahan sebentar dan ulangi gerakan yang sama dengan tangan satunya.
source: http://www.prevention.com/fitness/strength-training/get-shapelier-shoulders

Rotator Toner

Berdiri dengan posisi kaki rapat. Pegang barbel pada kedua tangan dan lipat tanganmu ke atas dengan siku menempel pada pinggang. Tanganmu akan membentuk huruf L dengan pergelangan tangan menghadap ke atas. Rentangkan tangan ke samping sambil diangkat perlahan-lahan ke atas hingga setinggi bahu dengan siku ditekuk sedikit. Tahan posisi ini, kemudian kembalikan tangan ke posisi semula dan ulangi lagi.
source: http://www.prevention.com/fitness/3-moves-sexy-toned-shoulders

Swimmer

Berdiri dan rapatkan kedua kaki. Pegang barbel pada kedua tangan, tekuk lutut dan bungkukkan badan sedikit ke depan, usahakan agar punggung lurus. Rentangkan tangan kanan ke depan setinggi telinga dan tangan kiri lurus ke belakang. Usahakan agar kedua tangan membentuk garis lurus. Gerakkan tangan kanan ke belakang dan tangan kiri ke depan secara bergantian.
source: http://www.prevention.com/fitness/3-moves-sexy-toned-shoulders
Lakukan gerakan-gerakan di atas selama beberapa set secara teratur selama 2-3 kali seminggu. Bahumu akan terasa lebih kencang, tubuh lebih fit, dan terlihat lebih seksi saat memakai tank top.