Setiap orang memiliki kondisi kulit wajah yang berbeda. Inilah mengapa sebabnya ada skincare yang cocok di satu orang, namun tidak untuk orang yang lain. Keadaan kulit wajah memberikan reaksi yang berbeda terhadap bahan kandungan skincare atau kosmetik tertentu sehingga hasil yang didapatkan juga berbeda. Untuk mendapatkan hasil perawatan yang tepat, sebaiknya kenali dulu jenis kulit wajah kamu. Mungkin sebagian dari kamu pernah mengalami kulit berminyak sedangkan sebelumnya kulitmu normal. Atau kulitmu menjadi lebih sensitif setelah memakai produk tertentu. Perubahan dan perbedaan tipe kulit wajah setiap orang dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain: hormon, sifat genetik, merokok, perawatan pengobatan, diet, skincare, stres, paparan sinar matahari, polusi, serta iklim.
Untuk itu, agar hasil perawatan yang kamu lakukan maksimal dan sesuai dengan kulitmu, terlebih dahulu kenali dengan baik tipe kulitmu. Berikut karakteristiknya:

1. Kulit Normal

Ini adalah kulit dambaan setiap orang. Tidak perlu perawatan khusus untuk menjaga kesehatan dan kecantikannya. Tipe kulit ini adalah tipe yang paling mudah penanganannya. Tidak berminyak dan juga tidak kering, namun kenyal dan bersinar. Pada tipe kulit ini, kamu akan melihat hampir tidak ada pori-pori yang melebar, kelembabannya pun terjaga dengan baik dan warna kulit wajah yang merata. Jika kamu memiliki tipe kulit seperti ini, kamu harus tetap menjaganya dari sinar matahari dan radikal bebas dengan tabir surya dan makanan antioksidan. Namun, tipe kulit ini dapat berubah menjadi tipe berminyak atau sensitif jika mendapatkan perawatan yang salah.
source: http://www.zubaidabeauty.com/beauty-tips-in-urdu/skin-care-tips-in-urdu/normal-skin-care-tips.html

2. Kulit Kering

Tipe kulit ini sangat kurang kelembabannya sehingga terlihat kering dan kusam. Orang yang memiliki kulit kering akan merasa kulit wajahnya tertarik (misalnya ketika berbicara atau senyum) dan kurang elastis. Pada beberapa orang, kondisi yang kering bisa menimbulkan rasa gatal sehingga rawan terkena penyakit kulit eksim. Jenis kulit ini mudah terluka dan terkena iritasi. Untuk menjaganya agar tetap lembab dan ternutrisi, kamu harus rajin menggunakan moisturizer yang dapat berupa krim. Tipe kulit kering rentan terhadap munculnya kerutan dan garis halus.
source: http://luxedayspasoho.com/dry-skin-vs-dehydrated-skin/

3. Kulit Berminyak

Tipe kulit ini lumayan susah perawatannya, karena jika salah langkah akan memperburuk keadaan wajah. Kulit wajah berminyak terlihat mengkilap dan memiliki pori-pori yang lebih lebar. Pori-pori yang lebar ini rawan tersumbat oleh bahan skincare dan kuman sehingga sangat rentan sekali muncul jerawat. Untuk kamu yang memiliki jenis kulit ini, hindari pemakaian krim yang berat dan produk oil-based, sebaiknya gunakan produk berupa gel atau liquid yang water-based. Hindari juga konsumsi makanan yang dapat memicu produksi lemak berlebih, misalnya makanan pedas.
source: http://tergila.com/5-manfaat-memiliki-kulit-berminyak/

4. Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi maksudnya, dalam satu wajah ada bagian yang kering atau normal dan ada bagian yang berminyak. Misal bagian T-zone kelihatan berminyak sedangkan daerah pipi dan sekitar mata baik-baik saja (normal). Jika kulit wajahmu seperti ini, kamu memerlukan perawatan yang berbeda untuk setiap bagiannya.
source: http://lovecraftbeauty.com/2013/06/26/combination-skin-guide-2/

5. Kulit sensitif

Jenis kulit sensitif lebih parah daripada kulit kering biasa. Pada wajah orang yang memiliki kulit sensitif, akan ada warna kemerahan pada area tertentu. Mudah sekali mengalami iritasi dan inflamasi. Tipe kulit ini adalah yang paling rentan dan sangat susah penangananya. Untuk melakukan perawatan yang sesuai diperlukan kejelian dalam memilih produk atau sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit.
source: http://gladeyecarecenter.com/sensitive-skin-what-can-you-do/