Mengapa Kulit Kering Bisa Timbul Jerawat?

Pemilik kulit wajah kering terkadang memakai lotion atau krim pelembab wajah untuk membuat kulti tetap terhidrasi dengan baik. Kebanyakan pelembab bersifat comedogenic dan pore-clogging. Namun terkadang, pemilik kulit wajah kering lupa untuk membersihkan wajah setiap kali memakai produk tersebut. Krim pelembab yang biasanya memakai oil-based ini lama-kelamaan menumpuk di permukaan kulit. Kotoran dan sel-sel kulit mati yang menumpuk tersebut mampu menyumbat pori-pori dan ketika bertemu dengan sebum, akan timbul jerawat.
source: http://www.quebellabeauty.com/what-time-of-day-should-you-use-face-masks/

Perawatan yang Sesuai

1. Memilih produk yang sesuai
Jika wajah sudah berjerawat, kamu perlu penanganan yang lebih serius. Kamu harus pandai-pandai memilih pelembab tanpa menyebabkan jerawat baru, karena pada umumnya bahan kimia anti jerawat justru akan membuat kulitmu kering. Hindari pelembab yang menggunakan kandungan pore-clogging (dapat menyumbat pori-pori). Pilihlah pelembab yang oil-free dan anti commedogenic agar jerawatmu tidak semakin parah. Gunakan pelembab yang bertekstur ringan, berbentuk gel, toner, atau serum yang diperkaya dengan antioksidan dan zat yang dapat mendukung perbaikan kulit.
source: http://webshop.hillvital.hu/kozmetikai_csomag_325
2. Eksfoliasi secara teratur
Jangan lupa untuk melakukan eksfoliasi sekali hingga dua kali dalam seminggu untuk membersihkan kulitmu dari sisa-sisa kotoran dan sel kulit mati. Hindari memakai scrub yang terlalu kasar karena dapat melukai lapisan kulit keringmu. Sebaiknya tidak melakukan eksfoliasi ketika jerawat sedang meradang karena akan memperburuk inflamasi pada kulitmu.
3. Menjaga asupan nutrisi
Makanlah makanan yang mampu menutrisi dengan baik serta minum cukup air untuk menjaga kulitmu tetap terhidrasi. Kulit memerlukan nutrisi yang berfungsi sebagai antioksidan, bahan untuk perbaikan kulit, serta bahan anti inflamasi. Jika ini semua kurang tercukupi, maka waktu yang diperlukan kulitmu untuk sembuh dari jerawat akan semakin lama. Makanan yang mengandung vitamin E baik untuk hal ini.
source: http://www.spamagazine.pl/Rola_odzywiania_w_pielegnacji_skory,68,1117

Konsistensi Menggunakan 1 Jenis Produk

Tidak konsisten dalam menggunakan produk skincare juga akan memperburuk kondisi kulit kering berjerawatmu. Misalnya kamu mencoba produk A untuk menghilangkan jerawat, namun tidak berhasil selama 2 minggu pemakaian. Lalu mencoba produk yang baru lagi namun kulitmu masih saja berjerawat. Jika hal ini berlangsung selama terus menerus, berganti-ganti produk skincare dalam waktu dekat dapat membuat kulitmu tersiksa sehingga jerawat yang akan muncul akan lebih banyak. Gunakan produk minimal 6-8 minggu untuk mengetahui hasilnya.