1. Vitamin A untuk Kecantikan Kulit

Retinol adalah nama lain dari vitamin A dan merupakan bahan paling efektif yang dapat menyerap ke dalam kulit. Bahan ini dapat berhubungan langsung dengan sel kulit bagian manapun dan membuat kulit terlihat sehat sekaligus lebih muda. Retinol juga merupakan bahan yang efektif karena saat diserap kulit, komponennya dipecah dan berubah menjadi asam retinoat yang dapat mengontrol sel-sel kulit secara langsung.
source: http://www.thedailyscrub.com/5-power-player-ingredients-in-skincare/
Mungkin kamu sering menjumpai nama-nama lain dari retinol seperti vitamin A dan retinoid. Walaupun ada perbedaan istilah, masing-masing memiliki perbedaan dan aturan tersendiri dalam penggunaannya. Misalnya retinol yang sering digunakan dengan bebas dalam produk kosmetik, sedangkan retinoid hanya bisa didapatkan melalui resep karena kandungannya yang lebih keras.

2. Kulit Terlihat Lebih Muda

Retinol sendiri merupakan antioksidan sehingga dapat melindungi kulit dari bahaya radikal bebas yang membuat kulit terlihat lebih tua. Termasuk mencegah keriput dan menambah produksi kolagen dalam kulit.
source: http://www.beautyheaven.com.au/skin-care/DIY-skin-treatments/facial-massage-for-younger-looking-skin-13798
Retinol memiliki struktur molekul yang sangat kecil, oleh karena itu retinol bisa diserap hingga pada lapisan kulit yang paling dalam untuk mengatasi kerutan dan memperbaiki tekstur kulit. Selain itu, retinol juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan elastisitas kulit, menyamarkan garis-garis halus dan menambah kelembaban kulit.

3. Mengontrol Jerawat

Retinol juga sering digunakan pada produk-produk skincare yang berhubungan dengan jerawat. Karena retinol tak hanya mampu membuat kulit terlihat lebih muda, tapi juga membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori sekaligus membersihkan jerawat.
source: http://emergencyacne.com/control-acne-hormonal-naturally.html
Menggunakan retinol pada jerawat juga dapat membuat jerawat lebih cepat mengering sehingga mempercepat penyembuhan. Selain itu juga dapat memudarkan sekaligus mencerahkan bekas jerawat yang sudah mengering.

Perhatikan Beberapa Hal Ini Sebelum Memakai Retinol

Walaupun retinol terdengar seperti bahan yang wajib ada pada kandungan produk skincare, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memakainya:

1. Tak Semua Orang Cocok Memakai Retinol
Perlu diperhatikan bahwa tak semua orang cocok menggunakan produk yang mengandung retinol karena dapat menyebabkan iritasi. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, konsultasikan dengan dokter kecantikan terlebih dulu sebelum membeli produk yang mengandung retinol. Lihat juga kandungan bahan lainnya dan pastikan tidak mengandung bahan-bahan yang memperparah iritasi.

2. Mulailah dari Retinol
Retinol bisa digunakan secara bebas pada produk-produk kecantikan, sedangkan retinoid memerlukan resep khusus dari dokter. Hal ini dikarenakan retinoid bekerja lebih keras dibandingkan retinol. Mulailah dengan produk-produk yang mengandung retinol terlebih dulu untuk membiasakan kulitmu. Jika kulitmu telah terbiasa, kamu bisa naik ke level selanjutnya menggunakan produk yang mengandung retinoid dengan resep dari dokter.
source: http://www.skincare-news.com/a-7015-Top_5_Ways_Retinol_Can_Improve_Your_Skin.aspx
3. Gunakan Sunscreen
Karena retinol dan retinoid bekerja dengan mengelupas sel-sel kulit mati, otomatis perlindungan kulit terhadap paparan sinar UV ikut berkurang. Pastikan kamu memakai sunblock minimal SPF 15 setiap pagi pada seluruh wajahmu. Hal inilah yang menyebabkan wajahmu menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari saat menggunakan produk retinol maupun retinoid.
4. Efek yang Tidak Instan
Walaupun retinol dapat diserap langsung oleh lapisan kulit yang paling dalam sekalipun, peningkatan pada tekstur kulit tak bisa dirasakan secara instan. Para wanita yang telah menggunakan produk retinol maupun retinoid mengaku mengalami peningkatan pada tekstur kulitnya setelah 6 bulan hingga 1 tahun. Pastikan kamu terus memakainya secara rutin untuk hasil yang memuaskan.
source: http://www.allure.com/skin-care/anti-aging-skin/2013/biggest-retinol-cream-myths#slide=11
Banyak wanita berhenti menggunakan retinol saat melihat kulitnya mengelupas, namun itu merupakan salah satu proses yang menandai retinol bekerja pada kulit. Setelah beberapa saat, kulitmu akan mulai mengalami perubahan menuju tekstur yang lebih baik. Tapi jika iritasi terus berlanjut, jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter kecantikan. Selamat mencoba!