1. Posisi Tidur

Tahukah kamu bahwa tidur dengan posisi kepala datar akan membuat matamu terlihat bengkak di pagi hari? Ini karena cairan di dalam tubuhmu berkumpul di daerah sekitar mata sehingga kantung matamu terlihat membesar.
source: http://www.theblaze.com/stories/2012/10/18/what-could-your-favorite-sleep-position-reveal-about-you/
Kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan 2 buah bantal saat tidur agar posisi kepalamu lebih tinggi daripada badan. Kamu juga bisa memijat lembut daerah sekitar matamu sebelum tidur. Gunakan pula eyecream dengan aplikator berbentuk rollerball agar peredaran darah lebih lancar.

2. Pola Makan

Konsumsi alkohol dan makanan tinggi garam ternyata juga dapat membuat mata terlihat bengkak sepanjang hari. Hal ini dikarenakan cairan yang dikonsumsi tubuh akan berkumpul di sekitar daerah matamu.
source: http://www.popsugar.com/fitness/What-Do-After-Eating-Too-Much-Salt-25799840
Selain membatasi konsumsi alkohol dan makanan tinggi garam, perbanyak konsumsi makanan yang dapat mencegah pembengkakan seperti buah-buahan, sayur, ikan salmon, dan minum banyak air putih. Dengan memperhatikan pola makan, kamu akan membuat perubahan yang cukup berarti pada mata bengkakmu, lho.

3. Lensa Kontak

Lensa kontak dengan kualitas terbaik sekalipun memiliki kemungkinan untuk menyebabkan mata menjadi iritasi, bengkak, bahkan resiko terjadinya infeksi pada mata. Apalagi jika kamu memakai lensa kontak dalam waktu lama dan menghabiskan waktu di dalam ruangan ber-AC yang dapat membuat matamu semakin kering.
source: http://www.telegraph.co.uk/news/health/news/9841445/Woman-claims-she-lost-eye-to-contact-lens-fungus-infection.html
Pastikan kamu memilih lensa kontak yang paling nyaman dan mengandung kadar air yang cukup. Bersihkan dan simpan secara teratur. Bawa selalu tetes mata untuk mencegah terjadinya iritasi dan mata kering saat menggunakan lensa kontak.

4. Alergi

Rasa gatal saat alergi dapat menyebabkan tanganmu menggaruk atau mengucek mata yang tanpa disadari bisa membuat matamu bengkak. Hindari menyentuh daerah sekitar mata karena mengucek tak hanya menarik kulit di sekitar mata, tapi juga bisa menyebabkan radang yang menjadikan mata bertambah bengkak.
source: http://www.dettol.co.id/illness-prevention/illnesses/allergies/
Jika kamu memiliki alergi, konsultasikan dengan dokter mengenai obat terbaik untuk mencegah gejala alergi seperti mata berair dan gatal. Kamu juga bisa menggunakan kompres dingin pada matamu untuk mengurangi gejalanya.

5. Kulit Kering

Ternyata kulit yang kurang terjaga kelembabannya juga dapat membuat daerah di sekitar mata terlihat bengkak, keriput, dan lelah. Berhati-hatilah saat terpapar matahari karena kulit yang terbakar juga dapat membuat daerah sekitar matamu menjadi kering.
source: http://lionesse.us/tag/makeup/
Selain menggunakan eye cream atau eye gel khusus untuk melembabkan kulit di sekitar mata, kamu juga bisa menggunakan pelembab untuk wajah yang diratakan hingga ke daerah sekitar mata untuk menjaga kelembabannya. Pastikan kamu juga mengoleskan sunscreen dengan SPF 25 atau lebih setiap pagi untuk melindungi kulit di sekitar mata dari paparan sinar matahari. Namun berhati-hati saat memilih produk. Beberapa produk pelembab tidak dianjurkan untuk digunakan di daerah sekitar mata. Baca petunjung penggunaan sebelum diaplikasikan ya, Beautynesian.

6. Reaksi Makeup

Makeup yang menempel terlalu lama pada wajah bahkan hingga semalaman dapat menyebabkan iritasi dan menjadi penyebab mata bengkak. Pastikan kamu tidak tidur sebelum membersihkan seluruh makeup dengan tuntas yang menempel pada wajah hingga daerah matamu.
source: http://www.everydayhealth.com/vision-center/the-healthy-eye/tips/cosmetic-safety.aspx
Gunakan cleanser bebas pewangi untuk mencegah iritasi pada kulit dan gentle cleanser untuk membersihkan makeup pada daerah mata, termasuk mascara. Pastikan kamu memilih cleanser dengan warna bening dan jangan menggosok atau mengucek mata terlalu keras saat membersihkan makeup.

7. Menangis

Saat air mata keluar, mata bengkak akan timbul setelahnya. Karena, menangis dapat menyebabkan pembengkakan di sekitar mata. Belum lagi kebiasaan seseorang mengucek mata di saat menangis, hal ini bisa memperparah bengkak dan menyebabkan iritasi.
source: http://feminspire.com/how-to-mend-a-broken-heart/

8. Iritasi

Coba perhatikan bahan yang terkandung pada produk skincare milikmu. Apakah di antaranya mengandung alkohol, menthol, camphor, essential oil, pewangi, bahkan pewarna buatan? Bahan-bahan ini dapat menyebabkan iritasi pada daerah matamu dan menjadikannya bengkak.
source: https://plus.google.com/+OnlyhealthMy
Pastikan kamu jeli dalam memilih produk skincare maupun makeup. Cobalah semua produk yang akan kamu beli pada tanganmu sebelum memakainya pada wajah untuk mengetes reaksi iritasi yang terjadi.

9. Faktor Genetik

Bagi sebagian orang, bisa jadi mata bengkakmu adalah bawaan dari lahir yang merupakan faktor genetik. Hal ini disebabkan karena timbunan lemak yang besar pada daerah sekitar mata dan otot-otot pada wajah membentuk kantong di bawah mata yang disebut undereye bag.
source: http://newschoolkaidan.com/disgusting-bikinis/
Kamu bisa mengakalinya dengan teknik makeup yang tidak mengekspos bagian bawah matamu untuk menyamarkannya. Namun jangan berkecil hati, karena justru undereye bag dianggap imut di Jepang dan Korea, lho.

10. Efek Buruk Sinar Matahari

Pernah mendengar efek buruk sinar matahari seperti keriput, elastisitas berkurang, dan warna kulit menjadi gelap? Ya, ini pula yang akan terjadi pada kulit sekitar matamu jika kamu malas menggunakan sunscreen. Efek buruk sinar matahari akan menghilangkan elastisitas kulit di sekitar matamu sehingga mengakibatkannya menjadi lebih kendur. Tumpukan kulit kendur ini akan membuat matamu terlihat lebih bengkak.
source: http://www.sheknows.com/beauty-and-style/articles/1034977/guide-to-skin-care-in-the-sun
Memakai sunscreen setiap hari wajib hukumnya. Jika kamu lebih suka menggunakan eye cream pada daerah sekitar matamu, pastikan eye cream tersebut mengandung SPF untuk melindungi matamu dari bahaya sinar matahari.