Saat kamu berbelanja makeup maupun produk perawatan kulit, tentu kamu akan banyak melihat bahan khusus dengan kandungan anti-aging. Vitamin C adalah salah satu bahan yang sering digunakan pada produk kecantikan untuk menjaga kesehatan sekaligus kecantikan kulit. Bagaimana cara kerjanya dan apa saja manfaatnya?
source: https://deluxspa.com/blog/skincare-products-that-these-beauty-bloggers-swear-by/

1. Melindungi Kesehatan Kulit

Segala jenis vitamin C mengandung antioksidan yang dapat memberikan perlindungan bagi kulitmu dari radikal bebas. Ya, zat-zat berbahaya inilah yang dapat menimbulkan tanda-tanda penuaan pada kulitmu. Radikal bebas sendiri banyak ditemukan pada efek buruk sinar matahari, polusi, hingga udara yang kita hirup. Dengan memberikan perlindungan terhadap radikal bebas, vitamin C berperan penting menjaga kesehatan kulitmu dengan menjaga sel-sel kulit dari kerusakan.
source: http://www.examiner.com/article/bad-skin-day-what-s-messing-up-your-face

2. Merangsang Produksi Kolagen

Penelitian membuktikan bahwa vitamin C dapat merangsang kulit untuk memproduksi kolagen lebih banyak. Tentu kamu tahu apa manfaat kolagen untuk kecantikan kulitmu, kan? Ya, kolagen dapat menambah elastisitas kulitmu sehingga membuat kulitmu lebih kencang. Kolagen juga dapat membantu proses penyembuhan saat terjadi luka pada kulit.
source: https://goobeauty.wordpress.com/2006/12/

3. Mengurangi Peradangan dan Iritasi

Saat terjadi luka pada kulitmu, luka tersebut bisa meradang bahkan mengalami iritasi. Dosis vitamin C yang cukup dapat mengurangi radang yang disebabkan oleh alergi makanan seperti alergi gluten pada organ pencernaan, maupun iritasi yang terjadi pada bagian tubuh. Rasa sakit akan lebih berkurang dan proses penyembuhan luka tersebut akan menjadi lebih cepat. Vitamin C juga efektif untuk mengurangi rasa sakit pada jerawat meradang.
source: http://www.popsugar.com/beauty/How-Treat-Pimples-Under-Skin-37369212

4. Menyamarkan Bekas Jerawat

Punya bekas jerawat membandel yang tak kunjung hilang? Coba gunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C. Bekas jerawatmu akan terlihat lebih samar karena vitamin C dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat yang sudah mengering serta memutihkan bekasnya.
source: http://www.feminiya.com/13-most-popular-skincare-myths-to-keep-in-mind/

5. Meningkatkan Performa Sunscreen dan Melindungi dari Matahari

Selain melindungi kulit dari bahaya radikal bebas, vitamin C juga dapat meningkatkan performa sunscreen agar bekerja lebih efektif dan tahan lama, serta melindungi dari efek buruk sinar matahari. Tak hanya memutihkan, ini berarti vitamin C juga dapat melindungi kulit agar tidak semakin bertambah gelap akibat terkena paparan sinar matahari.
source: http://imbbpullzone.laedukreationpvt.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/2014/12/Basic-Skin-Care-For-Beach-Babes-5-6.jpg

6. Membuat Wajah Terlihat Lebih Segar

Vitamin C berperan penting dalam penyerapan zat besi dalam dietmu. Saat kebutuhan vitamin C dalam tubuhmu tercukupi, zat besi juga akan diserap dengan baik oleh tubuh yang dapat berkontribusi pada kecantikan serta kesehatan tubuhmu. Saat tubuh tak dapat menyerap zat besi dengan baik, tentu kamu akan terlihat lesu, kusam, dan kulitmu tidak bercahaya.
source: http://youqueen.com/life/11-ways-to-feel-better-instantly/

7. Mencerahkan Warna Kulit

Vitamin C dapat mencerahkan warna kulit. Kamu bisa mencerahkan warna kulit dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C maupun menggunakan masker dari buah-buahan seperti pepaya, jeruk, dan lemon. Mencerahkan kulit dengan vitamin C dari dalam dan luar tentu akan memberikan hasil yang lebih efektif.
source: http://www.asaadiplasticsurgery.com/blog/skin-brightening-complex-lytera-treating-uneven-skin-tone-dark-spots.aspx
Nah, sekarang kamu sudah mengerti cara kerja vitamin C dalam merawat kulit cantikmu, kan? Yuk, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan pilih produk kecantikan yang mengandung vitamin C.