Hormon merupakan sistem pengontrol keseimbangan tubuh. Seiring dengan bertambahnya umur, makanan yang mengandung bahan kimia, sampo, bahkan wewangian yang kita gunakan sehari-hari bisa mengganggu keseimbangan hormon di dalam tubuh. Selain mood swin dan ketidaksuburan, kadar hormon yang tidak sehat di dalam tubuh juga bisa meningkatkan resiko terkena kanker serta penyakit serius lainnya.
source: http://www.sheknows.com/health-and-wellness/articles/829819/causes-of-hormonal-imbalance-in-women
Memakan makanan yang mengandung protein murni, lemak sehat, sayur-sayuran tinggi antioksidan, dan rempah-rempah dapat mengembalikan kondisi hormon pada tubuh seperti semula. Berikut daftar makanannya.

Protein Murni

Protein murni adalah jenis protein yang terdapat pada daging yang tidak terkontaminasi oleh pestisida maupun zat berbahaya lainnya. Protein murni tidak bisa didapatkan dari daging ayam, ikan, sapi, telur, dan susu yang dihasilkan dari peternakan karena kebanyakan binatang ternak tersebut diberi pakan yang mengandung suntikan hormon. Protein murni terdapat pada makanan seperti:

1. Kacang-kacangan
Hampir semua jenis kacang-kacangan kaya akan beta-sitosterol, yaitu zat alami yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Almond merupakan jenis kacang yang sangat direkomendasikan untuk diet sehat karena mengandung protein, serat, beta-sitosterol, dan nutrisi lainnya yang baik bagi tubuh.
source: http://blog.qoola.com/?p=252
2. Kedelai Organik
Mengonsumsi kedelai organik secara teratur dapat menjaga kepadatan tulang, menjaga keseimbangan tubuh, menurunkan kolesterol, meningkatkan kesehatan jantung, melindungi prostat, dan meringankan gejala menopause.
3. Quinoa
Tak seperti sumber karbohirdat lainnya, quinoa merupakan sumber karbohidrat kompleks dengan indeks glikemik rendah sehingga tidak akan menaikkan kadar gula darah dalam tubuh secara cepat. Seperti yang diketahui, saat kadar gula dalam darah naik maka kadar insulin pun ikut naik sehingga keseimbangan hormon dalam tubuh pun ikut berubah.
4. Daging Organik
Agak sulit mencari daging dari binatang ternak yang diberi pakan rumput tanpa suntikan hormon di Indonesia. Namun sekarang mulai banyak produsen daging organik yang menjajakan produknya walaupun dengan harga yang lebih mahal dibandingkan daging biasa.
source: https://www.pinterest.com/pin/101119954104006992/

Lemak Sehat

Siapa bilang semua lemak jahat? Banyak orang menghindari makanan yang mengandung lemak karena menganggap semua lemak jahat. Padahal, ada lemak sehat yang juga bekerja menyeimbangkan hormon pada tubuh seperti yang terkandung pada makanan-makanan ini:
5. Coconut Oil
Minyak yang satu ini mengandung asam laurat yang berguna untuk proses penyembuhan kulit dan berperan baik dalam produksi hormon. Coconut oil juga bisa membunuh virus di dalam tubuh, mudah dicerna, dan mempercepat metabolisme tubuh.
6. Alpukat
Alpukat kaya akan lemak sehat yang dapat membantu tubuh menyerap gizi lebih baik. Selain itu, alpukat juga kaya akan serat, potassium, magnesium, vitamin E, vitamin B dan asam folat. Semua zat ini berguna untuk menjaga keseimbangan hormon di dalam tubuh.
source: http://www.vegkitchen.com/tips/avocado-recipes-nutritional-and-beneficial/
7. Kuning Telur
Kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, D, E, B2, B6, B9, zat besi, kalsium, fosfor, dan potassium. Semua zat ini berkontribusi dalam menjaga kesehatan sistem reproduksi, keseimbangan hormon, dan kulit yang sehat.
8. Asam Lemak Omega-3
Beberapa jenis minyak sepeti flax seed oil, hemp seed oil, dan fish oil yang mengandung asam lemak omega-3 terbukti memiliki efek positif bagi wanita khususnya yang sedang mengalami gejala menopause. Kandungan asam lemaknya baik untuk kesehatan jantung, payudara, tulang, dan membuat mood lebih stabil.

Sayuran

Berbagai sayuran yang tinggi akan kandungan antioksidan juga berfungsi untuk mencegah timbulnya resiko penyakit kanker kronis di dalam tubuh. Berikut sayur-sayuran yang wajib kamu konsumsi:

9. Brokoli
Brokoli dan sayuran hijau lainnya seperti kembang kol, bayam, kale, kubis, dan asparagus dapat membantu memecah metabolit estrogen. Hal ini bisa menjadi pemicu tumor, khususnya pada sel-sel payudara yang sensitif terhadap estrogen.
source: http://kumpulantentangkesehatan.blogspot.co.id/2013/10/sayur-brokoli-yang-menyehatkan.html
10. Wortel
Sayuran berwarna cerah seperti wortel juga berperan penting dalam membantu proses detox hormon estrogen yang berlebih. Pastikan kamu mengonsumsi wortel mentah untuk efek terbaik.

11. Umbi-umbian
Ubi manis, lobak, dan buah bit juga baik untuk dikonsumsi. Sesekali gantilah nasi putih dengan ubi manis untuk sumber karbohidrat yang lebih baik untuk keseimbangan hormon.

Buah-buahan Tinggi Antioksidan

Makan buah-buahan segar seperti di bawah ini dipercaya dapat menjaga mood agar lebih stabil dan memperlambat menopause pada wanita:

12. Anggur
Angur kaya akan kandungan flavonoid yang bagus untuk kesehatan kulit sekaligus hormon. Selain anggur, buah-buahan seperti buah citrus dan jenis buah berry juga kaya akan kandungan flavonoid.

13. Delima
Delima memiliki senyawa alami untuk menghambat enzim di dalam tubuh wanita yang mengubah estrogen lemah menjadi estrone dan estradiol. Hormon-hormon ini berperan dalam menjaga kesuburan organ reproduksi pada wanita.
source: http://www.karmenmcnamara.ca/triathlete-food/pomegranate/
14. Apel Organik
Seperti pepatah mengatakan, "An apple a day keeps the doctor away." Rutin mengonsumsi apel yang kaya akan antioksidan flavonoid dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit kronis yang berhubungan dengan penuaan, osteoporosis, penyakit jantung, kanker, stroke, dan diabetes.

Rempah-Rempah

Tambahkan rempah-rempah ke dalam menu masakanmu sehari-hari. Selain rasanya lebih enak, rempah-rempah ini dapat mempercepat proses penyembuhan sekaligus baik untuk keseimbangan hormon:

15. Kayu Manis
Rempah yang satu ini membantu otot-otot tubuh dan liver agar merespon lebih baik terhadap kenaikan insulin di dalam darah. Dengan menjaga kadar insulin tetap stabil, kadar gula darah di dalam tubuh pun akan lebih seimbang.
source: http://www.livescience.com/39513-cinnamon-diabetes-blood-sugar.html
16. Kunyit
Mengonsumsi rempah-rempah dengan rasa yang tajam dapat mengurangi radang, pembengkakan, dan rasa sakit di dalam tubuh secara alami. Tambahkan rempah-rempah seperti kunyit, bawang putih, rosemary, dan black pepper.

17. Jahe
Jahe terbukti dapat mengatasi rasa mual akibat kehamilan dan efek kemoterapi. Kandungan antioksidan di dalamnya dapat melawan efek mual yang disebabkan oleh serotonin di dalam usus.

Lainnya

Beberapa jenis makanan berikut dapat dikonsumsi di sela waktu makan untuk membantu menjaga keseimbangan hormon di dalam tubuh secara keseluruhan.

18. Dark Chocolate
Seseorang yang makan cokelat secara rutin terbukti lebih sering tersenyum dan lebih aktif. Hal ini dikarenakan cokelat meningkatkan endorfin dan mengandung tryptophan (pembentuk serotonin) yang dapat mengirim sinyal ke otak untuk menghasilkan perasaan bahagia dan cinta. Makanlah cokelat di saat kamu sedang stres untuk mood booster.
source: http://www.popsugar.com/fitness/Dark-Chocolate-Benefits-Workouts-Study-Finds-18594800
19. Green Tea
Meminum green tea juga dapat memberi efek menenangkan karena mengandung theanine. Selain itu, green tea juga dapat meningkatkan metabolisme tubuhmu dan membakar lemak.

20. Air Putih
Dehidrasi juga dapat membuat tubuh memproduksi hormon yang membuat perutmu terasa lapar. Kebutuhan air sehari-hari perlu dipenuhi untuk mencegah kekakuan sendi, berat badan naik, sakit kepala, dsb.