Apakah kamu pernah merasa tidak puas saat keluar dari salon? Baik itu karena potongan rambut yang terlalu pendek, kulit kepala terasa panas karena hairdryer yang terlalu dekat, atau hasil yang tidak sesuai dengan yang kamu bayangkan. Mungkin kamu tak perlu mengalami hal-hal tersebut jika kamu rutin berkomunikasi dengan hairstylist secara lancar.

1. Katakan Apa yang Kamu Inginkan

Kalau kamu merasa ada yang kurang memuaskan, jangan diam saja dan katakan apa maumu. Beritahu hairstylist yang menanganimu hal sekecil apapun yang membuatmu kurang nyaman saat proses memotong rambut. Apapun itu permasalahannya, yang penting adalah katakan secara sopan padanya. Mereka tak akan bisa mengerti apa yang kamu inginkan tanpa komunikasi, jadi usahakan agar komunikasimu selalu lancar selama proses memotong rambut di salon.
source: http://www.lifestyle.com.au/style/5-things-you-should-never-say-to-your-hairdresser.aspx

2. Bawa Gambar Contoh

Walaupun kamu sudah menjelaskan panjang lebar mengenai potongan rambut yang kamu inginkan, belum tentu hairstylist bisa memahaminya. Akan lebih mudah jika kamu membawa contoh gambar potongan rambut artis terkenal yang ingin kamu tiru. Dengan begini, hairstylist bisa mengerti maksudmu dan menyesuaikan potongan yang dimaksud dengan bentuk wajahmu.
source: http://rose-galaxy.com/hairstyles-fashion-for-girls/taylor-swift-hairstyles-3155/

3. Gunakan Kata-Kata yang Tepat

Katakan keinginanmu secara spesifik dan sejelas mungkin untuk menghindari kesalahpahaman. Hindari kata-kata yang ambigu seperti "Saya ingin ganti suasana" atau "Saya ingin potong rambut pendek". Bisa jadi apa yang ada di bayanganmu tidak sama dengan apa yang dibayangkan oleh hairstylist. Perjelas kata-katamu secara lebih spesifik misalnya seperti "Saya ingin potong rambut sependek bahu dengan poni samping". Kamu juga bisa menjelaskan lebih detil mengenai bentuk poni yang diinginkan, seberapa panjangnya, dan informasi lainnya yang sekiranya berguna.
source: http://health.usnews.com/health-news/health-wellness/articles/2013/05/20/the-dos-and-donts-of-ditching-your-hairdresser

4. Tetap Bersikap Sopan

Mungkin ada kalanya kamu kurang beruntung mendapatkan hairstylist yang tidak bisa memotong rambut sesuai dengan keinginanmu. Tapi jika hal ini terjadi, kamu masih bisa merubah keadaan dengan menyampaikan keingnanmu pada hairstylist. Sampaikan keluhanmu dengan sopan dan tidak mencela hasil kerjanya. Jangan sampai kamu mengeluarkan kata-kata seperti "Aduh, hasilnya jelek sekali!" atau "Kok, begini hasilnya?". Pastikan kamu tetap tenang dan pikirkan bagaimana solusinya agar rambutmu bisa terlihat lebih baik lagi. Misalnya seperti, "Bisa dipotong lebih tipis lagi?" atau "Bagaimana kalau bagian bawahnya dibuat lebih pendek?"
source: https://www.groupon.com/articles/hair-salon-breakups-how-to-part-with-your-stylist-amicably-sb

5. Berhati-Hati Saat Mengucapkan Kata "Pendek"

Bisa saja kata "pendek" versimu berbeda dengan versi hairstylist. Sebelum kamu kaget melihat potongan pendek versi hairstylist, pastikan lebih dulu seberapa pendek rambut yang akan mereka potong. Kalau kamu hanya ingin 1-2 cm lebih pendek, katakan dengan jelas. Bisa saja mereka memotong sebanyak 5 cm karena itulah definisi pendek yang mereka pahami selama ini. Usahakan agar kamu memperhatikan setiap proses pemotongan rambut agar kamu tidak kaget dengan perubahan signifikan yang terjadi pada rambutmu.
source: http://www.theglow.com.au/hair-and-nails/worst-things-customers-do-to-hairdressers/

6. Informasikan Kebiasaanmu Memperlakukan Rambut

Pastikan kamu memberitahu hairstylist mengenai keadaan rambutmu agar lebih memahami solusi potongan rambut yang sesuai. Katakan juga padanya kebiasaanmu dalam merawat rambut. Jangan sampai dia merubah gaya rambutmu yang membutuhkan waktu lama saat menata rambut padahal itu tidak sesuai dengan kebiasaanmu. Jika kamu lebih suka rambut yang praktis dan tidak membutuhkan banyak waktu untuk menatanya, katakan hal ini padanya. Tapi jika kamu tak keberatan menghabiskan waktu di depan kaca untuk menata rambut di pagi hari, katakan juga hal ini padanya.
source: http://www.stylist.co.uk/beauty/the-golden-rules-of-good-hair-care-simple-steps-to-get-beautiful-happy-healthy-hair-celebrity-hairdresser-tips-advice

7. Keluarlah Dengan Perasaan Bahagia

Sebelum kamu keluar salon, pastikan kamu merasa 100% puas dengan rambut barumu. Jika kamu merasa masih ada yang mengganjal di hatimu, jangan takut untuk mengatakannya pada hairstylist. Mereka akan mendengarkanmu dan melakukan berbagai macam cara untuk membuatmu merasa puas dengan potongan rambutmu.
source: http://www.goodhousekeeping.com/beauty/hair/tips/g99/hair-salon-mistakes/